Hati-hati Barang Original Asli atau KW di Medsos? Simak Tips Membedakannya Berikut ini

shares |

Tips Membedakan Barang Original Asli atau KW di Situs Online. Buat para ladies kaum sosialita tentu ingin semua barang yang dibeli dan dipakai memiliki keaslian dari si pembuatnya atau original. Kalau misalnya barang yang dipakai bermerk KW tentu akan membuat kerugian baik untuk pembeli maupun si penjual barang asli. Bagi pembeli tentu barang palsu yang dipakai tidak akan bertahan lama dan bagi si pembuat asli hak ciptanya akan jatuh.

Berbagai merek barang sudah dijajakan di berbagai lokasi pasar atau toko ternama, tapi belum tentu barang yang dijual adalah barang asli atau original, seperti smartphone, tas, gucci, baju atau pakaian, sepatu, dan sejumlah barang lainnya. Selain dijual di toko atau pasar barang-barang ini juga ada yang dijual di beberapa situs penjualan barang yang belum tentu keasliannya. Sebagai seorang pecinta shopping tentu harus berhati-hati dalam membeli jenis barang, karena barang yang dibeli bisa jadi palsu tidak sesuai dengan gambarnya.
cara membedakan barang asli ori dengan kw atau palsu
Seperti yang pernah saya alami, ketika itu saya memesan baju atasan ke salah satu situs penjualan barang yang namanya belum begitu terkenal. Di gambar saya melihat barangnya bagus dan dicantumkan dengan logo original asli. Setelah saya transfer uang dan tidak lama barang itu datang ke rumah ternyata sangat berbeda sekali dengan apa yang ada di gambar. Dari rincian bahan yang dipakai pada baju ternyata sangat berbeda jauh dengan aslinya. Ini benar-benar membuat saya sangat muak karena barang yang dipesan tidak sesuai dengan kenyataan. Tapi memang pada awalnya saya ragu dengan barang tersebut sebelum saya memesannya, karena pada saat itu harga yang ditawarkan sangat miring. Padahal biasanya barang yang original punya harga yang cukup tinggi. Dan itulah kesalahan saya.

Nah buat kalian yang senang juga akan belanja dan tidak ingin barang yang dibeli oplos alias palsu, simak tips berikut untuk membedakan mana barang original asli atau palsu.

Situs Online Jual Barang yang dipercaya

Buat kamu yang sering belanja lewat situs online sebaiknya berhati-hatilah, karena tidak semua situs jual barang itu menjualkan barang yang asli. Walaupun kalian berharap produk KW bisa sebagus barang asli tapi belum tentu ketahanannya sama dengan barang asli. Contoh saja adalah sepatu, jika sepatu yang dipesan adalah sepatu kulit dan ternyata barang yang dipesan datangnya sepatu kulit KW, maka hanya dalam beberapa waktu saja sepatu kulit tersebut akan cepat rusak. Sayang sekali kita sudah mengeluarkan uang tapi produknya gagal. Carilah situs online jual barang yang terpercaya.

Barang Tidak Up To Date

Biasanya barang yang asli atau ori dijual secara up to date dan dalam jangka waktu yang singkat barangnya sudah habis dibeli. Jika ada situs yang menjual barang no up to date maka kamu harus berhati-hati apalagi jika harga yang ditawarkan di bawah standar.

Lihat Nama Situs

Searching situs belanja sebaiknya cari yang sudah ada dan sudah terpercaya. Jika ada situs baru yang menjual barang lihatlah terlebih dahulu nama situsnya. Jika nama situsnya biasa saja dan tidak ada daya tariknya maka patut diwaspadai. Dan ceklah nama domain yang tertera di atas, apakah nama domainnya masih menggunakan sub domain atau tidak. Biasanya jika ada penjual yang ingin menjual barangnya pasti akan mengubah nama domainnya tanpa sub domain. Seperti (blabla.com) dan tidak (blabla.blogspot.com). Untuk mengubah nama domain ini diperlukan biaya. Masa sang penjual yang benar-benar niat menjualkan barang asli tidak mau mengeluarkan modalnya untuk nama doamin saja?

Tampilan Web yang Asal-asalan

Perhatikanlah tampilan web situs belanja tersebut, apakah tampilannya bagus atau tidak. Jika tampilan webnya asal-asalan perlu anda waspadai, karena penjual asli akan membuat tampilan webnya baik dan menarik supaya bisa dipercaya oleh para konsumen.

Lihat Barang Satu dengan Barang Lainnya

Masih di penjualan situs online. Carilah gambar barang yang ingin dibeli di google, apakah barang tersebut hanya ada di satu situs atau beberapa situs. Jika hanya ada satu situs berarti itulah situs asli yang tidak bisa dicopy oleh situs lain. Jika barang tersebut ada pula di situs yang lainnya maka lihatlah dari gambarnya. Perhatikan gambar yang ori dengan yang kw. Gambar barang ori biasanya akan muncul dengan gambar yang jelas tanpa ada crop dan dicantumkan nama pembuatnya dengan rincian detail dari kualitas dan bahan yang dipakai. Jika barang yang palsu dari gambarnya saja sudah runyem dan ada sebagian yang di rubah bahkan tidak dicantumkan rinciannya.

Bandingkan Harga

Harga yang ditawarkan untuk barang asli biasanya sesuai dengan bahan yang dipakai pada barang tersebut dan rata-rata memiliki harga yang relatif tinggi. Berbeda dengan barang kw atau palsu, harga yang ditawarkanpun sangat miring sekali. Hanya dengan uang puluhan ribu saja bisa mendapatkan barang tersebut. Walaupun demikian, barang yang asli dengan yang palsu sangat jauh berbeda dengan kualitasnya. Barng yang palsu akan cepat rusak dan tidak akan terpakai lama.

Masa PO yang Lama

Barang palsu biasanya si penjual akan memberitahukan bahwa pengiriman dilakukan dalam jangka waktu yang lama, misalnya seminggu. Karena penjual palsu ini mengumpulkan barangnya terlebih dahulu dan mencari-cari barang yang hampir sama dengan yang asli. Tentu ini menjadi ciri khas yang sangat jelas sekali antara barang yang asli dengan yang palsu. Jangan langsung deal jika ada yang menerapkan sistem Free Order.

Beli Secara Langsung

Untuk menghindari penipuan sebaiknya belanja langsung untuk melihat apakah barang yang dibeli original atau kw. Karena jika hanya dilihat dari gambar belum tentu barangnya akan sama dengan yang ada di gambar. Atau jika tetap membelinya di media sosial, sebaiknya pembayaran dilakukan dengan cara COD (Cash on Delivery). Nantinya jika barang tidak sama dengan yang ingin dibeli anda bisa langsung komplain.

Selalu berhati-hatilah dengan peniupuan berupa bentuk apapun, karena saat ini penipuan banyak juga dilakukan di media sosial. Sebelum membeli bertanya banyak terlebih dahulu lah kepada si penjual mengenai barang yang akan dibeli, ini untuk memastikan apakah barang tersebut ori atau palsu alias kw. Semoga bermanfaat tips membedakan barang original dengan kw ini. Salam.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar