Turunkan Berat Badan dan Hipertensi dengan Metode Dash Diet

shares |

Dash Diet Untuk Turunkan Berat Badan dan Hipertensi. Sekitar 85 % penyakit ditimbulkan oleh asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari, karena setiap hari makanan yang kita makan tak lepas dari berbagai jenis bahan kimia yang dicampur dengan bahan lainnya, seperti pengawet dan pewarna. Dengan jenis makanan yang dicampur dengan bahan kimia tentu berdampak buruk bagi kesehatan, apalagi jika diperhatikan zaman sekarang sangat berbeda jauh dengan zaman dulu. Zaman dulu orang tua dan nenek kakek kita memiliki kondisi tubuh yang selalu fit dan segar saat muda dan tuanya, karena makanan mereka tidak terkontaminasi dengan bahan kimia yang sering dipakai saat ini. Berbeda dengan kondisi zaman sekarang sedikit-sedikit sering sakit.

Penyakit yang sering dialami oleh orang modern seperti sekarang ini adalah obesitas atau kelebihan berat badan, ditambah dengan hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi dan bahkan diperparah dengan adanya penyakit jantung dan stroek. Tidak hanya berlaku di kalangan orang kaya saja, penyakit kelas atas ini dialami juga oleh orang kelas menengah dan bawah, karena salah satu penyebabnya adalah dari asupan makanan. Coba tanyakan pada diri sendiri, makanan seperti apa saja yang dikonsumsi setiap hari?
dash diet metode baru turunkan berat badan dan hipertensi
Semua makanan yang kita makan memiliki rasa yang lezat dan terdapat banyak gizi yang baik untuk tubuh, namun jika pola makannya yang salah maka akan berdampak buruk bagi kesehatan. Seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi. Untuk orang yang memiliki penyakit ini biasanya disebabkan karena pola makan yang tidak baik, seperti sering mengkonsumsi makanan yang bersantan. Walaupun santan memiliki kandungan gizi yang baik tapi jika dikonsumsi terlalu banyak maka berdampak buruk akibatnya. Selain dari itu hipertensi juga disebabkan karena berat badan berada di atas normal atau obesitas.

Tips baik bagi yang memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya ikuti Tips jitu berikut ini Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain itu, hipertensi juga bisa diturunkan dengan metode Dash Diet. Dash diet ini juga bisa menjadi metode baru bagi para obesiter untuk menurunkan berat badannya. Lalu apa dash diet itu dan bagaimana cara dash diet itu diterapkan? Kalau begitu yuk kenalan dulu dengan dash diet!

Dash Diet atau Dietary Approach to Stop Hypertension, merupakan diet khusus untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Jenis diet ini memang khusus untuk penderita hipertensi tetapi bisa digunakan juga oleh penderita obesitas. Karena kebanyakan yang memiliki penyakit hipertensi selalu dibarengi dengan obesitas.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari metode dash diet ini, beberapa diantaranya adalah :
1. Menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara yang baik
2. Dapat menurunkan berat badan dengan cepat
3. Dash diet dapat mengatur kadar gula di dalam darah
4. Tercegahnya dari penyakit jantung dan stroek
5. Teratur dalam memilih jenis makanan
6. Menjadikan hidup lebih sehat
7. Terhindar dari makanan yang mengandung bahan kimia karena makanan yang dikonsumsi adalah pilihan

Metode dash diet dilakukan dengan cara memperhatikan jenis dan banyaknya makanan yang dikonsumsi supaya semuanya bisa teratur. Walaupun bagi sebagian orang akan cukup sulit untuk melakukannya tetapi kalau untuk sehat kenapa tidak. Beberapa makanan yang dikonsumsi haruslah sesuai aturan supaya hasil yang diinginkan cepat terwujud. Dalam waktu 2 minggu saja tekanan darah akan turun dan berat badan akan ikut turun juga.

Makanan yang dikonsumsi harus sesuai dengan 4 sehat 5 sempurna yang di dalamnya termasuk karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lemak. Tetapi jenis makanan yang dipilih tidak boleh sembarangan. Pilih-pilihlah! Adapun saran jenis makanan yang bisa anda ambil untuk dash diet ini adalah :

a. Karbohidrat

Kandungan karbohidrat bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan berat seperti nasi. Tapi untuk dash diet ini nasi yang dipilih haruslah dari beras merah, karena beras merah memiliki kalori lebih rendah dibandingkan dengan beras putih. Selain itu alangkah lebih baiknya mengkonsumsi gandum, oatmeal, sereal, prestel, kentang rebus, atau yang lainnya. Menurut penelitian seperti 1 buah kentang rebus dapat membuat perut kenyang lebih lama dibandingkan dengan yang lainnya. Sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan bahwa perharinya kalori yang dibutuhkan untuk tubuh adalah 2000 kalori.

b. Vitamin

Vitamin bisa ditemukan pada sayuran dan buah-buahan. Adapun rekomendari sayuran dan buah yang bisa dikonsumsi adalah tomat, wortel, brokoli, jeruk, dan yang lainnya. Anda bisa konsultasikan juga ke dokter jenis sayur dan buah apa yang cocok untuk menurunkan hipertensi dan bisa menurunkan berat badan.

c. Hindari Garam dan Sodium

Inti dari dash diet ini adalah dengan menghindari makanan yang mengandung garam. Makanan yang diolah haruslah terhindar dari rasa gurih dan asin, karena garam ini dapat menaikkan tekanan darah tinggi. Jika membuat olahan sayur atau makanan lain alangkah lebih baiknya tidak menggunakan garam, anda harus mengkonsumsi rasa asli makanan tersebut, atau jika tidak kuat anda bisa menambahkannya hanya sedikit saja.

Selain garam yang perlu anda waspadai adalah menghindari makanan yang mengandung sodium. Biasanya sodium ini menjadi alternatif dari gula yang harganya lebih mahal. Sodium memiliki rasa yang lebih manis dari gula asli, sehingga sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya. Gula yang manisnya hanya segitu juga tidak boleh dikonsumsi berlebih apalagi sodium.

d. Hindari Makanan Kaleng dan Berpengawet

Makanan jenis ini sudah banyak diketahui akan dampak buruknya, yaitu dapat membuat obesitas dan tekanan darah tinggi naik. Oleh karena itu jangan konsumsi lagi makanan jenis ini jika anda benar-benar ingin sembuh dari obesitas dan hipertensi. Makanan yang diasinkan dan diasap pun tidak boleh, karena mengandung kadar garam yang tinggi.

e. Lakukan Aturan Makan Perkonsumsinya

Sangat dianjurkan sekali untuk yang menjalankan diet dash ini dengan aturan seperti berikut.
  • Konsumsi lemak perharinya 2-3 kali. Jika dikaitkan lemak ini akan berpengaruh terhadap kenaikan berat badan, tetapi jika tubuh tanpa lemak makan tidak akan terjadi metabolisme di dalam tubuh. Aturannya untuk dash diet ini adalah 1 kali konsumsinya dianjurkan hanya 1 sendok teh margarin saja. Jadi jika anda menggoreng makanan hanya diperbolehkan 1 sendok saja tidak boleh lebih. Lebih baik konsumsi makanan yang direbus saja.
  • Konsumsi Karbohidrat perharinya 6-8 kali. Karbohidrat bisa didapatkan dari nasi, gandum, dan sereal. Untuk satu kali konsumsi harus diatur pas, misalnya nasi yang digram. Untuk 1 kali konsumsi sebaiknya 70 gr nasi, atau bisa dengan 1 lembar roti gandum, atau dengan 100 gram sereal atau oatmeal.
  • Konsumsi sayuran dan buah-buahan perharinya 4-5 kali. Usahakan setiap hari kedua makanan ini harus ada dalam porsi piring anda. Untuk buah-buahan setiap 1 kali konsumsinya yaitu satu buah saja yang berukuran sedang atau satu genggam tangan, dan untuk sayuran adalah 1 mangkuk sayuran mentah ditambah dengan setengah sayuran yang sudah masak.
  • Konsumsi daging tanpa lemak perharinya 2-6 kali. Daging bisa didapatkan dari apa saja, seperti ayam, sapi, dan ikan. Daging memiliki protein yang baik bagi tubuh, namun sebaiknya pilihlah daging yang tidak ada lemaknya. Misalnya daging ayam yang sudah dihilangkan lemaknya. Satu kali konsumsinya daging ini harus ada sekitar 1 ons saja, jangan lebih.
  • Konsumsi mineral dari susu perharinya 2-3 kali. Mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh, oleh karena itu mineral harus selalu ada dalam hidangan makanan kita. Untuk anjuran yang ditetapkan sebaiknya konsumsi 1 cangkir saja 1 kali konsumsinya. Selain susu mineral juga bisa didapatkan dari yoghurt dan keju.
  • Konsumsi kacang-kacangan perminggunya 4-5 kali. Dari pada konsumsi snack yang dijual di warung mending ganti saja dengan kacang-kacangan yang lebih bergizi. Kacang yang bisa dikonsumsi adalah kacang merah dan almond. Kacang ini memiliki kandungan gizi baik seperti magnesium dan potasium. Satu kali konsumsi kacang adlah sekitar 1 setengah ons. Kacang-kacangan tidak boleh dikonsumsi setiap hari karena mengandung lemak yang cukup tinggi. Dan lemak ini sudah bisa kita dapatkan dari minyak.
  • Konsumsi gula perminggunya 2-5 kali. Bagi orang yang memiliki berat badan tinggi dan hipertensi harus sebisa mungkin mengatur kadar gula di dalam tubuh. Gula merupakan jenis karbohidrat dan sudah bisa kita dapatkan dari nasi dan sebagainya. Namun kita juga bisa menambahkan gula untuk cemilan sehat seperti agar-agar atau jus. Konsumsi gula snagat dibatasi sekali dan dikonsumsi paling banyak 5 kali dalam seminggu. Untuk satu kali konsumsi perminggunya hanya boleh 1 sendok saja.
Nah itulah dash diet, metode baru untuk turunkan berat badan dan hipertensi. Walaupun banyak aturannya yang penting dilakuakan dengan senang. Untuk hidup sehat itu mudah asal jangan salahi aturan. Selalu konsumsi makanan yang sehat dan jauhi makanan yang menimbulkan dampak buruk. Selain Dash Diet, cara hidup sehat lainnya bisa anda lakukan juga yaitu dengan Infused Water. Nah apa Infused Water itu? Baca Selengkapnya di Infused Water, Gaya Hidup Baru Sehat Ideal Semoga bermanfaat.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar