Waspadai Ciri-ciri Kosmetik Yang Mengandung Merkuri dan Kenali Bahayanya Bagi Kulit

shares |

Ciri-ciri dan Bahaya Merkuri pada Kosmetik. Keseharian wanita tak lepas dari make-up atau kosmetik untuk mempercantik dirinya. Saya sebagai seorang wanita pun tidak mau saat berjalan keluar dengan memasang wajah berminyak dan kusam tanpa make-up, minimalnya saya menggunakan pelembab dan bedak. Tapi mungkin di antara kalian ladies ada yang menggunakannya lebih dari dari itu. Berbagai jenis dan merek kosmetik banyak dijual dipasaran, ada yang merknya sampai dipasang iklan jadi terkenal dan ada juga merk kosmetik yang hanya terkenal di daerah tertentu saja.

Saat ini kosmetik seolah-olah menjadi bahan premier bagi semua orang termasuk kaum adam atau laki-laki. Tidak sedikit juga laki-laki yang menggunakan kosmetik supaya kulitnya tetap lembab dan sehat.
ciri dan bahaya kosmetik yang mengandung merkuri
Kosmetik bukan hanya berada di ruang lingkup untuk memoles wajah saja, tetapi kosmetik juga berkembang untuk anggota badan lainnya seperti untuk tangan dan kaki yang sering kita gunakan yaitu handbody, dan kosmetik lainnya seperti scrub untuk memutihkan badan.

Kosmetik memiliki kandungan aktif yang dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan terlihat lebih cantik bahkan ada yang bisa meregenerasi sel pada kulit dan menanamkan vitamin dari kosmetik tersebut. Walaupun demikian tidak sedikit kosmetik yang membahayakan bagi kesehatan kulit, contohnya adalah bahan mercury yang dicampurkan pada bahan kosmetik oleh penjual licik demi merauk keuntungan lebih. Tentu sudah kita ketahui bahwa mercury ini sangat berbahaya sekali bagi tubuh apalagi jika dioleskan pada kulit. Bahan mercuri hanya digunakan untuk keperluan bahan bangunan dan perabotan lainnya.

Merkuri merupakan logam berat yang apabila masuk ke dalam tubuh maka akan menjadi racun. Ini dikutip dari BPOM menurut Husniah Rubiana Thamrin Akib. Baru saja di televisi diberitakan penggerebekan pabrik ilegal yang membuat kosmetik mengandung merkuri. Pabrik pun akhirnya di tutup. Namun bukan hanya satu pabrik itu saja pembuat kosmetik bahan berbahaya ini, mungkin saja di daerahmu ada juga pabrik yang membuat kosmetik yang mengandung racun.

Kosmetik yang mengandung merkuri umumnya terdapat pada krim pemutih wajah. Di daerah saya pun ada yang menjual krim pemutih tersebut dengan berlabelkan krim dari dokter. Bebebara teman saya pun banyak yang memakainya sampai wajahnya menjadi kinclong putih dan lemek, tapi sebelum jadi putih seperti itu awalnya kulit menjadi kemerahan, bintik-bintik merah, dan kulit epidermisnya selalu mengelupas. Ini menjadi ciri bahwa krim tersebut mengandung merkuri di dalamnya. Selain dari itu, untuk mengetahui ciri-ciri kosmetik yang mengandung merkuri kamu bisa simak ciri-ciri kosmetik yang mengandung merkuri berikut ini.
  1. Kosmetik yang mengandung merkuri biasanya bertekstur lengket pada saat kamu mengolesnya.
  2. Minyak dan bahan kosmetik berpisah. Lihat saja saat kalian tidak memakainya akan terlihat ada minyak dan endapan kosmetik
  3. Biasanya kosmetik yang mengandung bahan merkuri akan tercium bau yang menyengat dari merkurinya. Tapi ada sebagian kosmetik berbahan merkuri yang mencampurnya dengan pewangi buatan sehingga tersamarkan. Tapi tetap saja merkuri akan sedikit tercium baunya.
  4. Warna kosmetik biasanya berwarna sangat pekat seperti berwarna orange.
  5. Jika dipakai kulit akan terasa panas dan ketika terkena sinar matahari kosmetik akan luntur seperti ada minyaknya.
  6. Dalam waktu 2 hari ke depan wajah akan terlihat berbeda, seperti lebih putih. Tapi lama kelamaan kulit akan menjadi rusak.
  7. Mengelupasnya lapisan kulit luar atau epidermis selama satu minggu pemakaian
  8. Jika tidak memakai kosmetik tersebut dalam satu waktu saja kulit akan tiba-tiba berubah menjadi gelap dan menghitam
  9. Pori-pori yang menyempit akan terlihat setelah seminggu pemakaian
  10. Kemasan kosmetik yang kurang baik dan nama kosmetik yang kurang terkenal
  11. Harganya di bawah standar, padahal kosmetik asli memiliki harga yang relatif tinggi
  12. Banyak di jual di warung kecil atau pasar yang tidak terjamin kebersihannya
Jika kamu menemukan ciri-ciri kosmetik seperti itu saat ini juga hentikan pemakaiannya. Walaupun kamu menginginkan wajah yang putih sebaiknya gunakan bahan alami supaya putihnya kulitmu berubah secara alami. Artikel terkait : Cara Memutihkan Wajah dengan Bengkoang

Selain kulit menjadi rusak ada bahaya lain juga yang disebabkan oleh kosmetik berbahan merkuri ini, yaitu diantaranya :
bahaya dan akibat merkuri pada kosmetik
Perubahan Kulit Akibat Merkuri Kosmetik
  • Akan menyebabkan kanker kulit akibat dari bahan berbahaya merkuri. Selain merkuri bahan kimia berbahaya lainnya banyak dicampurkan oleh penjual licik seperti pewarna tekstil dan pengawet
  • Menumpuknya racun di dalam tubuh
  • Dapat menyebabkan kerusakan pada organ dalam, seperti ginjal, syaraf, otak, dan bagi ibu hamil dapat menyebabkan kerusakan janin dan menjadi cacat permanen
  • Dalam jangka panjang kosmetik dengan bahan merkuri dapat menyebabkan kanker selain kulit, karena merkuri dapat langsung masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori kulit.
  • Jika pemakaian dilakukan secara terus-menerus kandungan protein dan melanin pada kulit dapat rusak sehingga tidak dapat melindungi kulit dari radiasi matahari
  • Di hari tua kulit akan muncul bulatan hitam yang sulit sekali untuk dihilangkan
  • Jika pemakaian berhenti dan memakai lagi kulit akan menghitam dan akan terlihat lebih tua, bahkan kulit pun akan mengkeriput
Saat ini juga hentikanlah pemakaian kosmetik dengan ciri-ciri tersebut dan jika sudah ada dampaknya seperti di atas buanglah kosmetik tersebut dan gantilah dengan kosmetik berbahan sehat dan halal. Alangkah lebih baik jika kamu menggunakan bahan alami untuk mempercantik kulitmu. Semoga bermanfaat ciri-ciri dan bahaya kosmetik yang mengandung merkuri ini, share juga ke teman kamu ya supaya mereka terhindar dari bahaya merkuri. Rawatlah wajahmu dengan alami dan sehat. Cek artikelnya di sini Tips Merawat Wajah Secara Alami. Thank you.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar