6 Cara Mengobati Borok Bernanah Secara Alami

shares |

Cara Mengobati Borok Bernanah Secara Alami. Beberapa orang mungkin pernah mengalami jenis penyakit yang satu ini yaitu borok atau borokan. Borok merupakan salah satu penyakit kulit yang cukup membuat penderita merasakan kesakitan pada area kulit yang borok. Borok ini terlihat seperti jerawat namun memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih sering terdapat pada kaki, tangan, badan, dan p*n**t.

Memang borok ini tidak diketahui kenapa tiba-tiba bisa menyerang, namun segala sesuatu yang terjadi pasti ada sebabnya. Penyebab borok ditimbulkan karena tidak terjaganya kebersihan kulit dan lingkungan, akan tetapi banyak orang yang bersih dalam lingkungannya masih bisa terkena borok hal ini karena adanya kelebihan asam pada lambungnya sehingga menyebabkan infeksi. Selain sebab tersebut penyebab borok lainnya adalah karena sering mengkonsumsi obat anti-peradangan seperti aspirin, dan merokok juga bisa menyebabkan terjadinya borok.
cara alami mengobati borok
Cara Mengobati Borok
Pada umumnya gejala borok adalah ketika borok akan menyerang kita akan merasakan demam dan nyeri pada bagian tubuh yang terjangkit borok, lama-kelamaan pada area yang sakit akan tumbuh bintil kecil lalu membesar dan berwarna kemerahan. Selain dari itu borok ini juga dapat mengeluarkan nanah karena sel darah putih yang melawan penyakit pecah.

Untuk mengatasi borok mudah saja cukup dengan membiasakan pola hidup sehat dan hindari makanan atau lingkungan yang kotor karena pada lingkungan kotor ini terdapat bakteri dan virus penyebab borok. Namun untuk menyembuhkan dan mengobati borok ini memerlukan obat yang bisa menyembuhkan secara total sehingga penderita tidak merasakan kesakitan lagi akibat borok.

Untuk mengobati dan menyembuhkan penyakit borok anda bisa menggunakan bahan alami yang terdapat di sekitar anda tanpa perlu jauh-jauh mencarinya. Tetapi jika anda ingin cepat sembuh anda bisa membeli obatnya di apotek terdekat.

Kami akan memberikan informasi tips bagi anda cara mengobati borok yang bernanah secara alami. Apa saja cara dan tipsnya? Berikut pemaparannya untuk anda.

1. Kulit jeruk bali untuk menyembuhkan borok

Hampir semua penyakit kulit bisa disembuhkan oleh berbagai jenis jeruk, seperti jeruk nipis dan lemon yang berkhasiat untuk menyembuhkan jerawat. Coba baca artikel Cara Menyembuhkan Jerawat. Selain untuk menyembuhkan jerawat jeruk juga bisa menyembuhkan borok, yaitu dengan menggunakan kulit jeruk bali. Mungkin ini sedikit aneh, tapi kulit jeruk bali ini sudah terbukti khasiatnya dalam penyembuhan borok.

Cara pemakaian kulit jeruk bali dalam menyembuhkan borok cukup mudah, anda tinggal menjemurnya sampai kering lalu bakar tapi jangan sampai pembakarannya disatukan dengan bahan bakar lain. Setelah menjadi arang tumbuk arang kulit jeruk sampai halus, lalu oleskan dan taburkan pada sisi borok. Lakukan cara ini dalam beberapa hari setiap pagi dan sore, dalam beberapa hari kemudian borok akan sembuh.

2. Gunakan Bawang Merah dan Minyak Zaitun

Dari beberapa pengalaman orang-orang yang pernah kena borok, mereka menggunakan bawang merah yang dicampur dengan minyak zaitun. Penggunaan bawang merah dan mnyak zaitun ini dapat menyembuhkan bengkak borok yang bernanah. Caranya sangat mudah yaitu anda cukup memotong satu siung bawang merah yang telah dikupas atau anda bisa menggunakan bawang merah yang diiris-iris, lalu campurkan dengan minyak zaitun dan hangatkan tapi jangan sampai bawang menjadi tergoreng. Setelah hangat, tempelkan pada area borok dan tutup dengan kain kassa. Ini dapat membuat anda sedikit panas dari bawang merahnya. Setelah 6 jam ganti kembali kain kassanya. Dalam waktu 2-3 hari borok akan mengempes.

3. Daun Senggugu

Untuk menyembuhkan borok anda bisa menggunakan daun senggugu sebagai obat herbal alami. Daun senggugu atau nama ilmiahnya Clerodendron serratum dapat mengobati borok yang berair, ini dapat mengurangi kadar air yang terdapat pada borok. Caranya cukup mudah, anda cukup merebus daun senggugu yang segar sampai air rebusannya menjadi hijau. Lalu setelah menyusut sekitar 3/4 atau 1/2 nya dari semula angkat dan tiriskan airnya. Setelah dingin cuci borok anda menggunakan air rebusan daun senggugu ini. Dalam waktu 1-2 hari borok anda akan berkurang kadar airnya dan cepat mengering.
bahan alami mengobati borok
Daun Senggugu
4. Daun Pulai yang kering

Anda bisa menggunakan daun pulai untuk menyembuhkan borok yang bernanah. Daun pulai yang telah anda petik keringkan sampai benar-benar kering. Jika ingin cepat, anda bisa menggunakannya yang masih basah atau kalau kering bisa mengopennya. Setelah itu tumbuk sampai halus dan tambahkan air jika daun pulainya kering. Tempelkan pada area luka borok ramuan tersebut dan balut dengan kain biasa atau kain kassa. Diamkan sampai borok tidak terasa sakitnya dan kering. Gantilah kain yang digunakan untuk menutup ramuan tadi minimal 6 jam sekali, hal ini bertujuan supaya tetap terjaga kebersihannya.

5. Lengkuas

Selain untuk menyembuhkan penyakit kulit lainnya seperti jeruk, lengkuas ini memiliki manfaat yang luar biasa. Lengkuas dapat menyembuhkan dan mengeringkan borok dengan cepat. Caranya cukup dengan menumbuk lengkuas sampai halus dan menambahkan sedikit bawang putih yang ditumbuk halus juga. Lalu tempelkan pada area borok tersebut. Tunggu sampai 3 hari, borok anda pun akan kering. Selain borok manfaat lainnya yang bisa dilakukan oleh lengkuas adalah bisa mengobati panu. Baca selengkapnya DISINI.

6. Bahan Alami Lainnya

Selain dari kelima bahan alami tersebut, ada juga bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk menyembuhkan borok, seperti jahe, madu, dan minyak atsiri. Ketiga bahan ini bisa anda gunakan dan tempelkan pada borok. Seperti madu yang bisa membersihkan nanah dan air yang terdapat pada borok, lalu jahe parut yang ditempelkan bisa cepat mengeringkan luka borok, dan minyak atsiri pun bisa membuat borok cepat kering.

Demikian tips dan cara mengobati borok bernanah secara alami. Semoga bermanfaat informasi yang telah disampaikan, dan borok anda cepat sembuh dan kering. Terima kasih telah berkunjung dan ikuti terus informasi dan tips lainnya hanya di sini. Salam.

Related Posts

2 komentar:

  1. Terima kasih atas infonya...

    BalasHapus
  2. Waktu Saya Borokan, Terus diobati dgn. Obat dari Apotik, Hasilnya makin Parah lol...

    Mungkin ArtikelMu bisa saya Coba yaa,S'moga Borok bisa t'bunuh...

    BalasHapus