Cara Efektif Menahan Nafsu Makan dan Ngemil Untuk Badan Ideal

shares |

Cara Efektif Menahan Nafsu Makan dan Ngemil Untuk Badan Ideal. Kebiasaan buruk yang sering dilupakan adalah banyak ngemil saat bersantai ria. Kalau ngemilnya buah dan sayur yang kaya vitamin sih boleh-boleh saja tapi yang salah adalah jika cemilannya berupa snak yang banyak mengandung bahan kimia berbahaya seperti pengawet dan pewarna. Kebiasaan buruk ini bisa membuat tubuh rentan terhadap datangnya penyakit, selain itu berat badan pun akan meningkat lebih gemuk. Pasti kamu gak mau kan kalau berat badanmu tida-tiba gemuk.

Selain kebiasaan ngemil, nafsu makan yang lebih pun bisa memicu kegemukan pada tubuh. Sehari makan 5 kali dan satu kalinya 2 piring itu sungguh terlalu kata bang haji juga. Kamu harus hindari kebiasaan ini karena bisa-bisa badanmu besar seperti 6 orang tergemuk di dunia.
cara menahan nafsu makan tinggi dan ngemil
Namanya juga kebiasaan pasti sulit untuk dihindari dan dihentikan, namun dengan cara yang efektif kebiasaan buruk ini bisa kamu atasi. Di sini tempatnya tips. Di sini saya akan berbagi cara efektif menahan nafsu makan dan ngemil supaya berat badanmu tetap ideal. Menahan nafsu makan dan ngemil bukan berarti tidak makan dan tidak ngemil ya, tapi kamu harus menguranginya. Caranya seperti apa? Yuk simak tipsnya berikut ini.

1. Menahan Nafsu Makan
  • Untuk menahan nafsu makanmu kamu harus bisa mengalihkan fikiran dari makanan. Biasanya nafsu makan timbul karena aktivitasmu yang hanya diam di rumah tanpa ada kegiatan apa-apa. Kamu harus punya kegiatan rutin seperti berolahraga saat pagi atau siangnya kamu main dengan teman di taman. Hindarilah tempat-tempat yang terdapat makanan.
  • Jika kamu suka sekali dengan makan dan merasa perut belum kenyang juga sebaiknya ganti makananmu dengan makanan yang mengandung kalori lebih banyak dan bisa membuat kenyang lebih lama, seperti menggantinya dengan kentang. Kentang memiliki kalori yang tinggi tetapi kandungan karbohidratnya sederhana sehingga tidak akan menyebabkan gemuk dan bisa membuat kenyang lebih lama.
  • Setelah makan jangan diam saja, pergilah ke luar rumah dan tinggalkan makanan tersebut.
  • Aturlah pola makanmu dengan pola makan teratur, yaitu pagi, siang, dan malam.
  • Di pagi hari makanlah sebelum jam 9 supaya saat siang nanti tidak ada penumpukan makanan dalam perut dan makanan sudah diproses di pagi hari oleh lambung dan siangnya bisa makan lagi. Di pagi hari ini juga makanan yang sebaiknya dimakan adalah makanan yang cukup kalori seperti roti.
  • Di siang hari kamu bisa makan nasi dengan apa saja yang kamu mau, asal dalam takaran tertentu. Karena satu piring nasi saja sudah memiliki kalori hampir 300 kalori.
  • Di malam hari boleh kamu makan nasi asal tidak terlalu banyak. Selain nasi kamu bisa menggantinya dengan makanan untuk diet seperti buah-buahan atau sayuran. Setelah makan jangan langsung tidur ya biarkan makanan dicerna terlebih dahulu sekitar 3 jam sebelum tidur.
2. Menahan Ngemil
  • Ngemil boleh tapi jangan setiap hari dan setiap waktu, seperti 1 minggu sekali saja.
  • Ganti cemilanmu dengan cemilan yang dibuat sendiri di rumah supaya terhindar dari bahan pengawet dan pewarna.
  • Ganti cemilanmu dengan makanan sehat seperti buah-buahan atau sayuran mentah yang bisa dimakan langsung.
  • Jika kamu termasuk orang yang suka dengan cemilan manis, sebaiknya ganti dengan buah-buahan yang rasanya manis juga seperti buah kurma. Selain rasanya yang manis buah kurma ini memiliki manfaat lain yang baik untuk tubuhmu.
  • Gak usah bawa uang jajan saat keluar rumah, karena itu dapat mendorong kamu untuk jajan mencari cemilan. Uang yang ada di dompetmu cukupkan untuk kebutuhan penting saja seperti untuk sedekah dan ongkos.
  • Yang terpenting adalah jangan dibiasakan karena jika dibiasakan akan terbiasa.
Selain itu kamu harus bisa menahan diri karena sesungguhnya kebiasaan tergantung dari kamu yang melakukannya. Latihlah setiap hari supaya nafsu makan yang besar dan sering ngemil bisa kamu atasi. Lakukanlah banyak kegiatan dan jangan berada di rumah terus supaya kamu tidak ingat dengan makan banyak dan ngemil. Semoga bermanfaat ya cara efektif menahan nafsu makan dan ngemil untuk badan ideal ini. Kalau badanmu sudah gemuk sebaiknya kamu lakukan diet sehat supaya badanmu ideal kembali. Terima kasih.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar