8 Cara Menurunkan Kolestrol Tinggi dan Perut Buncit Secara Alami

shares |

Cara Menurunkan Kolestrol Tinggi dan Perut Buncit Secara Alami. Seperti yang saya alami saat ini, setelah menikah dan punya anak badan saya menjadi berubah drastis, perut yang tadinya slim sekarang menjadi buncit, lengan dan paha yang tadinya kecil berubah menjadi besar, dan yang paling parah pipi wajah menjadi tembem akibat pengaruh dari berat badan yang melunjak naik. Bayangkan saja tinggi badan saya yang hanya 155 cm dan berat badan 48 Kg berubah menjadi 75 Kg. Dan itu membuat saya terpuruk. Di dalam tubuh ini ada berapa banyak kah kolestrol yang diam? Saya tidak tahu.

Itulah pengalaman yang dialami oleh salah satu pengidap obesitas, namanya Ibu Lisda. Dia terheran-heran kenapa berat badannya bisa berubah drastis seperti itu seolah-olah karena faktor setelah menikah dan punya anak lah menjadi penyebab perubahan tersebut. Padahal menikah dan punya anak bukan penyebab menjadikan kolestrol dan lemak di badan tetapi karena pola hiduplah yang salah.

Pola hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan terjadinya obesitas pada seseorang apalagi jika dia itu seorang wanita. Karena wanita memiliki hormon pertumbuhan yang pesat, sehingga untuk terjadinya perubahan bentuk badan akan cepat dan melonjak secara drastis. Tidak sedikit juga pria yang memiliki badan gendut ditambah perut buncit akibat pola hidup yang salah.
cara menurunkan kolestrol dan perut buncit secara alami
Seperti yang terjadi di negara luar sana, sebut saja AS. Kebanyakan warga yang bertempat tinggal di sana memiliki badan yang besar dan tidak sedikit di antara mereka terjangkit obesitas dan kolestrol tinggi. Dari survey yang didapat lebih dari 100 juta penduduk di sana memiliki berat badan yang tinggi di sertai kolestrol di atas 200 mg/dL. Tentu saja ini dikarenakan pola hidup mereka yang cepat saji. Mulai dari makanan kaleng yang mereka konsumsi sampai buah dan sayur yang di rekayasa genetika. Akan tetapi tidak sedikit pula terjadi di Indonesia obesitas dan kolestrol tinggi ini, sehingga kita bisa menemukan berbagai produk penurun kolestrol yang diiklankan di televisi.

Kembali lagi ke Ibu Lisda tadi. Setelah memiliki anak kedua ternyata berat badannya kembali ideal. Bukan karena faktor punya anak kedua tetapi karena Ibu Lisda sudah menjalankan diet sehat yang saya berikan dan beberapa cara menurunkan kolestrol tinggi dan perut buncit secara alami. Dan alhamdulillah dalam waktu yang cukup singkat badannya kembali langsing dan perut buncitnya hilang.

Lalu bagaimana cara menurunkan kolestrol tinggi dan perut buncit yang dilakukan Ibu Lisda tadi? Nah kalau penasaran mari simak tips dan cara berikut ini!

1. Olahraga Rutin

Sebanyak apapun kolestrol dalam tubuh jika digerakkan maka akan terbakar. Ibu Lisda juga mungkin setelah menikah kurang menggerakkan badannya sehingga lemak dan kolestrol menumpuk di badan dan di perut, sehingga perut menjadi buncit. Olahraga yang paling baik untuk menghilangkan perut buncit ini adalah senam dan jalan kaki atau jogging. Orang yang memiliki berat badan di atas normal cenderung lebih banyak mengeluarka keringat saat berolahraga, oleh sebab itu berolahragalah dalam waktu yang cukup lama yaitu sekitar 30 menit sampai satu jam. Jika dilakukan secara teratur 3x dalam seminggu maka kolestrol tinggi dan perut buncit akan cepat hilang. Olahraga yang dilakukan Ibu Lisda adalah lari, karena lebih cepat membuang lemak di perut.

2. Ganti Gorengan dengan Sayur, Buah, atau Kacang-kacangan

Bagi anda yang benar-benar ingin merubah badan menjadi ideal saat ini juga kurangilah makan gorengan sebagai cemilan anda biasanya. Untuk menurunkan kolestrol dan menghilangkan perut buncit dibutuhkan modal yang cukup. tapi itu jangan dijadikan alasan. Kalau untuk sehat kenapa tidak? Ganti cemilan gorengan anda dengan sayur atau buah yang anda beli setiap hari supaya selalu segar. Untuk mendapatkan lemak dan kolestrol baik bagi tubuh anda konsumsi juga jenis kacang-kacangan, karena dalam kacang-kacangan ini mengandung lemak baik dan tidak berdampak buruk bagi kesehatan. Walaupun lemak dan kolestrol ini sering mengganggu tapi sebetulnya lemak dan kolestrol juga berperan penting dalam tubuh asal lemak dan kolestrol baik. Sesungguhnya kolestrol dalam tubuh ini ada dua, yaitu kolestrol LDL (Low Density Lipoprotein) yang dapat mengganggu kesehatan sehingga akan terjangkitnya penyakit jantung dan stroek. Dan kolestrol HDL (High Density Lipoprotein) yang dapat membantu dalam menghambat endapan dan mencegah plak menempel pada pembuluh darah arteri.

3. Lakukan senam seperti Sit Up dan Push Up

Sit up dan push up dapat membantu menghilangkan perut buncit dan lengan menjadi kecil, karena pada saat digerakan otot akan berkontraksi dan lemak yang menumpuk di lapisan kulit akan terbakar. Senam jenis ini menjadi andalan setiap orang untuk melangsingkan badan. Anda bisa mencobanya di rumah. Tapi bagi anda yang memiliki obesitas, dalam melakukan sit up dan push up dibutuhkan bantuan orang lain untuk melakukannya, karena sit up dan push up tidak semudah yang kita duga.

4. Hilangkan Kolestrol dengan Perasan Jeruk hangat di pagi hari

Seperti yang telah dilakukan oleh Ibu Lisda, setiap pagi bangun tidur yang dia minum adalah air putih diikuti dengan perasan jeruk dengan air hangat. Jeruk dapat membantu membuang racun dalam tubuh dan kolestrol dapat terbakar menjadi energi nantinya. Caranya mudah sekali kok, cukup dengan memeras 3 buah jeruk silahkan jenis jeruk apa saja bebas, lalu tambahkan air hangat sampai menjadi satu gelas, lalu minum. Lakukan ini setiap hari.

5. Hindari Makanan dan Minuman yang mengandung Gula

Gula memiliki kadar kalori yang tinggi, seperti nasi yang kita makan sehari-hari untuk energi saat kita beraktivitas. Tetapi nasi tidak memiliki gula yang berlebihan, cukup untuk energi saja. Jadi jangan hindari itu. Nasi yang paling baik untuk menurunkan obesitas adalah nasi merah tapi alangkah baiknya mengkonsumsi gandum.

Makanan yang harus anda hindari adalah makanan yang mengandung kadar kalori yang besar seperti pada martabak, karena pada satu potong martabak saja terdapat 350 lebih kalori, sedangkan pada nasi hanya 250 saja. Dan minuman yang mengandung gula tinggi adalah seperti pada kopi yang mengandung gula apalagi jika kopi tersebut ditambah susu. Hindarilaha makanan dan minuman tersebut jika anda benar-benar niat untuk menjalankan program ini.

6. Lakukan Cara ini !
a. Nasi + sayur - daging
Maksudnya adalah jika kita mengkonsumsi nasi sebaiknya teman nasinya hanya sayur saja tanpa daging. Karena jika ditambah daging maka kalori akan bertambah.
b. Daging - nasi - sayur + buah + sayur
Jika anda mengkonsumsi daging maka jangan tambahkan nasi. Untuk menemani makan supaya enak anda bisa tambahkan sayur atau tidak tetapi setelah selesai makan konsumsilah buah.
makanan penurun kolestrol
7. Minum Air Putih Sebelum Makan

Supaya porsi makan anda menjadi sedikit minum air puti dulu 10 menit sebelum makan, karena jika mengkonsumsi air dulu perut akan terasa kenyang dan makan hanya untuk mendapatkan energi saja.

8. Pakai Aturan Pepatah

Pepatah mengatakan "Makanlah saat lapar dan berhentilah sebelum kenyang" Pepatah ini bukan hanya sebagai pepatah karena ini memiliki dampak yang positif bagi tubub kita. Tubuh akan tetap ideal dengan makan saat kita lapar dan berhenti sebelum merasa kenyang, jangan sampai makanan di depan kita masih banyak kita makan makanan tersebut sampai habis. Bisa jadi makanan yang sudah masuk ke perut keluar lagi.

Seperti hadis Nabi Saw. tentang adab makan bahwa dalam makan itu ada adabnya, yaitu sepertiga untuk makan, sepertiga untuk minum, dan sepertiganya lagi untuk bernafas. Dan yang paling buruk dari manusia adalah jika adabnya tidak baik. Sehingga berbagai penyakit bisa datang termasuk kolestrol tinggi dan perut buncit.

Beberapa cara di atas bisa anda coba di rumah untuk menurunkan kolestrol tinggi dan menghilangkan perut buncit anda. Selain dari cara dan tips di atas anda bisa mencarinya lagi karena di dunia internet ini begitu luas sehingga berbagai cara unik dan menarik bisa anda temukan. Tapi 8 cara di atas juga ada dampaknya, seperti yang telah Ibu Lisda lakukan. Dan hasilnya maksimal.

Sekian informasi yang saya bagikan untuk anda, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa anda bagikan lagi ke teman-teman yang memiliki kolestrol tinggi dan perut buncit supaya semuanya menjadi sehat. Keep Healty! Salam.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar