6 Cara Membasmi Kutu pada Rambut dan Kulit Kepala

shares |

Cara Membasmi Kutu pada Rambut dan Kulit Kepala. Bagi sebagian orang selain masalah rambut rontok dan ketombe ada permasalah lain yang sangat menjengkelkan yaitu adanya kutu pada kulit kepala. Kutu rambut ini datang secara tiba-tiba tanpa kita sadari dari mana datangnya.

Tanda adanya kutu pada kepala ini ditandai dengan rasa gatal yang luar biasa tetapi bukan butiran putih atau ketombe, terkadang kulit kepala yang berkutu menjadi luka-luka kecl dan berdarah akibat gigitan kutu. Selain kulit kepala gatal, tanda lain yang bisa ditemui adalah adanya telur kutu berupa telur kecil yang lonjong yang menempel pada sela-sela rambut dan pada helaian rambut. Tentu saja ini akan sangat mengganggu aktivitas apalagi saat kita berada di bawah trik matahari, karena biasanya ketika kepala terkena sinar kulit akan semakin gatal.
cara membasmi kutu rambut pada kepala
Sebelum ada akibat pasti ada sebabya dulu. Bagi anda yang memiliki kutu pada kulit kepala sebelumnya mungkin anda pernah melakukan sebab-sebab munculnya kutu pada kulit kepala, seperti :
  • Menginap atau tidur dengan teman yang memiliki kutu pada rambutnya. Karena kutu ini bisa berpindah secara cepat lewat pendekatan, apalagi jika kepala kita berdekatan dengan kepala orang lain yang memiliki kutu.
  • Kurang merawat rambut dan kulit kepala. Karena kutu ini suka sekali dengan tempat yang kotor apalagi jika ada kepala yang kotor maka kutu pun akan bersarang di sana.
  • Sisir dan handuk atau baju yang telah dipakai oleh pemilik kutu. Kutu rambut memiliki kaki yang sangat kuat sehingga bisa menempel pada apa saja yang bisa dia pegang, seperti pada sisir, handuk, dan bahan kain lainnya. Jika anda meminjam atau memakai barang milik si pemilik kutu bisa jadi kutu menempel pada barang tersebut dan pindah ke anda, sehingga kutu tersebut berkembang biak di kepala anda.
Jika anda memiliki kutu di kepala mungkin salah satu penyebabnya ada di sebab-sebab tersebut. Kalau anda sudah tahu, hal tersebut jangan anda lakukan lagi.

Lalu sekarang bagaimana cara untuk membasmi kutu yang bersarang pada kepala anda sekarang? Caranya cukup mudah kok, anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk membasmi kutu pada rambut dan kepala anda sampai tuntas. Berikut tips dan caranya.

1. Jangan pernah lakukan kembali sebab-sebab timbulnya kutu, seperti tidur bersama dengan orang yang memiliki kutu di kepalanya. Hal ini biasa dilakukan oleh orang-orang asrama seperti yang sedang sekolah, mesantren, dan kerja. Untuk menghindari terkenanya kutu pada kepala sebaiknya gunakan penutup kepala saat tidur bersama, seperti menggunakan kerudung atau penutup kepala khusus. Ini akan menghambat kutu masuk ke kepala.

Selain itu jangan pula meminjam bahkan memakai barang pakai orang pemilik kutu seperti sisir dan kain yang baru dipakainya, karena kutu akan menempel di barang tersebut lalu jika anda menggunakannya maka kutu akan bertransmigrasi.

2. Gunakan shampo anti kutu. Bagi anda yang sudah tidak kuat lagi dengan adanya kutu anda harus membasminya dengan menggunakan shampo anti kutu. Shampo ini ada kok di apotik, anda tinggal membelinya saja. Tapi yang perlu anda perhatikan saat memakainya adalah dengan membaca dulu petunjuk yang ada pada cara penggunaan shampo, karena shampo ini bahan kimia jadi anda perlu hati-hati dalam memakainya.

3. Gunakan kapur ajaib untuk membasmi kutu rambut. Kapur ajaib ini berbeda dengan kapur untuk papan tulis karena di dalamnya terkandung bahan untuk membasmi serangga seperti kecoa, semut, dan serangga lainnya termasuk kutu. Walaupun penggunaan kapur ajaib ini ampuh bisa membunuh kutu sampai tuntas tapi kapur ajaib juga bisa membuat rambut menjadi rontok. Sebaiknya setelah penggunaan kapur ajaib dan kutunya mati, anda harus cepat=cepat berkeramas supaya rambut anda tetap terjaga.

4. Sisir Kerep. Bukan sembarang sisir biasa, sisir kerep ini adalah sisir yang dibuat khusus untuk menghilangkan kutu dari rambut kepala. Sisir ini dibuat sedemikian rupa sehingga antara gigi sisir yang satu dengan yang lainnya hampir berdempetan. Dengan menggunakan sisir kerep kutu anda akan mudah untuk disisir dan menempel pada sisir, anda tinggal mematikannya.

5. Cara yang sangat ekstrim adalah dengan mencukur rambut anda sampai habis sampai kepala anda menjadi botak. Ini biasa dilakukan oleh orang-orang yang sudah tidak kuat dengan kehadiran kutu di kepalanya. Anda juga bisa melakukan cara ini supaya kutu anda benar-benar hilang. Tapi kalau untuk wanita mungkin ini akan sulit karena wanita identik dengan adanya rambut pada kepalanya.

6. Gunakanlah bahan alami untuk membasmi kutu di kepala, seperti dengan menggunakan cuka, bawang merah, minyak kelapa, minyak kayu putih yang dicampur air jeruk nipis, kacang almond, daun sirsak, dan bahan alami lainnya. Ini sudah terbukti khasiatnya dan sudah diteliti oleh beberapa ahli. Anda tertarik mencobanya?

Coba baca cara penggunaan bahan alami untuk membasmi kutu rambut di bawah ini.

a. Cuka

Kandungan asam yang terdapat pada cuka dapat membuat kutu menjadi mabuk sampai sulit untuk berkembang biak bahkan bisa membuat kutu menjadi mati. Untuk menggunakan cuka sebagai bahan pembasmi kutu yaitu dengan mengoleskannya dari pangkal rambut sampai ujungnya sampai lantis. Lalu diamkan beberapa saat dan cucilah rambut sampai bersih.

b. Bawang Merah

Bawang merah memiliki bahan aktif yang bisa menghantarkan panas, selain itu bawang merah ini dipercaya dapat membunuh berbagai jenis serangga karena serangga sangat tidak suka dengan baunya. Oleh karena itu bawang merah bisa digunakan untuk membasmi kutu rambut. Caranya adalah dengan menggerus beberapa siung bawang merah sampai halus dan keluar airnya, lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala anda dengan memijatnya secara perlahan. Setelah didiamkan beberapa saat sisirkah rambut anda dengan menggunakan sisir kerep dan kutu pun akan murudul. Tetapi perlu diingat dalam penggunaan bawang merah ini anda akan merasakan sedikit panas di kepala anda.

c. Minyak Kelapa atau Minyak Zaitun

Gunakan minyak kelapa atau minyak zaitun untuk membasmi kutu di kepala, caranya sama seperti penggunaan bahan lain yaitu dengan mengoleskannya ke kulit kepala dan rambutnya. Selain membasmi kutu, rambut anda akan menjadi lembut.

d. Bahan Alami Lainnya

Penggunaan bahan alami lainnya seperti almond, dan daun sirsak sama seperti yang lainnya hanya dengan mengoleskannya pada rambut dan kulit kepala, namun untuk almond anda harus mengulek atau memblendernya sampai halus dan keluar minyak almondnya, dan untuk daun sirsak harus dilakukan penyeduhan dulu untuk diambil airnya. Mudah bukan?

Hanya dengan menggunakan bahan alami ini kutu yang bersarang di kepala anda akan hilang dengan mudah. Namun yang terpenting adalah kita harus membiasakan hidup sehat terutama untuk kepala supaya terhindar dari berbagai permasalahan yang bisa membuat kepala kita menjadi pusing.

Khusus buat yang memiliki rambut pendek tetapi menginginkan rambut panjang selain tips membasmi kutu rambut pada kepala coba baca juga Tips Memanjangkan Rambut Menurut Pakar pasti bermanfaat juga. Terima kasih ya. Semoga berhasil!

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar