13 Cara Ampuh Mengobati Jamur Kuku Pada Kaki

shares |

Cara Ampuh Mengobati Jamur Kuku Pada Kaki. Hallo sobat sehat, cuaca hari ini cukup membuat kita merinding karena berbagai penyakit mulai tumbuh pada tubuh kita ini. Seperti pada musim hujan penyakit flu pun mengancam kita. Untuk mengatasinya kita harus melakukan berbagai cara supaya tidak terjangkit penyakit ini. Coba baca Tips Sederhana Mengatasi Flu. Selain musim hujan musim kemarau pun ikut menjadi momen berbagai penyakit merasuki tabuh kita. Untuk itu lakukan Tips ini Saat Menghadapi Musim Kemarau.

Tetapi beda halnya dengan penyakit yang satu ini, ini adalah penyakit yang tidak mengenal cuaca, mau musim hujan atau musim dingin penyakit ini bisa saja muncul kapan saja, namanya adalah penyakit jamur pada kuku. Mungkin saat ini kamu memang terjangkit penyakit jamur kuku karena terlihat dari bentuk dan warna kuku yang berbeda dari biasanya. Jamur kuku memiliki warna kekuningan dan bentuknya tidak enak dilihat, kalau bahasa sundanya kekeongeun dan jika disentuh kuku ini keropos akibat dari jamur yang menempel pada kuku.
cara ampuh mengobati jamur kuku di kaki
Cara Mengobati Jamur Kuku
Jamur kuku sering kali menyerang pada kuku di kaki saja, jarang sekali ditemukan jamur kuku pada tangan tapi terkadang kuku pada tangan juga bisa terkena jika perawatannya tidak baik, seperti jarang menggunting kuku atau sering membiarkannya kotor.

Penyebab utama jamur kuku atau kekeongeun ini adalah karena adanya jamur jenis dermatofit dan jamur ragi atau Candida yang menempel pada kuku sehingga terjadi Onikomikosis, akibatnya kuku menjadi rapuh dan beraroma tidak sedap. Lalu kenapa jamur kuku sering terjadi pada kuku di kaki? Karena kaki ini sering berada di tempat yang lembab misalnya sepatu dan memakai kaos kaki, sehingga jamur ini pun akan mudah berkembang di sana, apalagi jika penggunaan sepatu yang kotor, basah, dan jarang dicuci.

Tidak hanya itu, seperti para petani yang sering bekerja di sawah kuku mereka rusak terkena jamur akibat sering menginjakkan kaki di lumpur sawah, dan itu dilakukan setiap hari, sehingga untuk membersihkan lumpur yang menempel pada sela-sela kuku pun susah dan menjadi sarang jamur kuku ini. Seperti orang tua saya yang bekerja sebagai seorang petani, kukunya menjadi berubah warna, terkadang bau busuk, dan saat digunting kukunya malah rapuh sampai ke dalam. Sungguh sangat kasihan.

Untuk menghindari dan mengatasi jamur kuku sangat mudah sekali bagi anda yang tidak terkena jamur ini, yaitu :

  1. Selalu jaga kebersihan kuku dari kotoran yang menempel di sela-sela kuku
  2. Gunting kuku minimal seminggu sekali supaya kuku tetap terjaga kebersihannya
  3. Jangan memakai sepatu lebih dari 6 jam karena dapat membuat kaki kepanasan dan menjadi lembab akibat keringat yang dikeluarkan, akibatnya jamur kuku bisa bersarang di sana. Selain itu bau busuk kaki pun dapat terjadi. Tapi untuk mengatasi bau kaki cukup dengan cara alami berikut ini. Tips Mengatasi Bau Kaki Tidak Sedap
  4. Lakukan perawatan kuku dengan merendamnya dengan garam
  5. Hindari alas kaki yang basah
  6. Jangan terlalu sering menggunakan aksesoris kuku seperti pemasangan kuku palsu
  7. Bersihkan kaki setelah beraktivitas
Nah jika cara tersebut sudah dilakukan maka untuk mengobati jamur kuku yang menempel tersebut kamu bisa gunakan dengan berbagai tips cara mengobati jamur kuku pada kaki ini, yaitu diantaranya :

1. Gunakan Garam dan Cuka

Seperti halnya untuk menghilangkan bau busuk pada kaki, garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan dan mengobati jamur kuku. Selain itu gunakan cuka untuk mengobatinya. Caranya mudah sekali, kamu cukup merendam kaki kurang lebih 30 menit setiap harinya dengan menggunakan air hangat, setelah itu angkat kaki dan keringkan sampai benar-benar kering. Lalu teteskan larutan cuku pada kuku yang terinfeksi jamur kuku sekitar 2-3 tetes saja, oles-oles sampai rata. Cara ini cukup manjur dan dalam beberapa hari kamu akan lihat perubahannya.

2. Gunakan Cream Antijamur

Saat ini sudah ada cream antijamur yang dijual di toko obat. Anda bisa membelinya di sana. Dengan menggunakan cream ini jamur kuku anda akan benar-benar terobati. Tapi ini juga jika infeksi yang terjadi ringan. Kalau infeksi jamur kukunya berat harus menggunakan cara lain lebih dari ini.

3. Memberi Cat Kuku yang mengandung antijamur

Cat kuku yang mengandung antijamur ini biasa disebut dengan Ciclopirox, ini akan membuat jamur lepas dari kuku. Biasanya penggunaan cat kuku ciclopirox ini dilakukan selama satu tahun dan dibiarkan selama satu minggu tanpa dihilangkan dengan pembersihnya. Hal ini dilakukan supaya jamur pada kuku benar-benar hilang dan terobati.

4. Obat

Selain dari pengobatan yang ditempelkan langsung pada kuku, ada obat lain yang bisa digunakan yaitu obat oral atau yang dimasukan ke dalam mulut. Obat ini khusus untuk mengobati jamur kuku dan bisa kamu dapatkan di dokter setelah kamu berkonsultasi dan berobat ke sana.

5. Bedah

Cara ini dilakukan jika infeksi jamur benar-benar berat dan sulit lagi untuk diobati. Cara ini adalah cara yang tepat supaya infeksi tidak menjalar pada bagian kaki yang lainnya.

6. Terapi Photodynamic

Selain dengan bedah, cara terapi ini menjadi andalan bagi penderita jamur kuku. Terapi photodynamic dilakukan dengan memberi cahaya khusus pada kuku untuk menghilangkan jamur.

Itulah beberapa cara ampuh mengobati jamur kuku pada kaki. Sebelum jamur menjadi parah sebaiknya obati dari sekarang, dan sebelum jamur kuku datang maka hindari hal-hal yang dapat menyebabkan infeksi jamur kuku tersebut. Mudah-mudahan bermanfaat informasi yang disampaikan dan kamu bisa mencobanya. Semoga sehat kembali. Aamiin.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar