Tips Mengatasi dan Memutihkan Ketiak Hitam Secara Alami

shares |

Tips Mengatasi dan Memutihkan Ketiak Hitam Secara Alami. Mungkin diantara kalian saat ini sedang mengalami masalah kulit terutama pada kulit ketiak. Pakaian yang anda pakai sehari-hari adalah pakaian yang berlengan pendek atau tidak berlengan sehingga ketiak anda terlihat saat anda mengangkat tangan. Tentu saja anda akan mengalami masalah yang sangat besar jika ketiak anda terlihat hitam karena dapat menurunkan percaya diri saat keluar rumah menggunakan baju pendek.

Tahukah anda, bahwa ketiak hitam ini terjadi karena beberapa faktor penyebab, yaitu antara lain :
  1. Cara mencukur rambut atau bulu ketiak yang salah. Dalam mencukur rambut ketiak diperlukan trik khusus supaya nantiya kulit ketiak tidak menjadi hitam. Ini juga berlaku pada bagian tubuh yang lain seperti pada area bawah.
  2. Gelap atau hitamnya kulit ketiak disebabkan karena adanya faktor genetik, karena faktor inilah yang berperan sangat banyak dalam menentukan keturunan berikutnya. Jika anda termasuk orang yang memiliki kulit ketiak hitam kemungkinan besar orangtua anda pun memiliki kulit yang sama.
  3. Pemakaian atribut badan yaitu baju yang terlalu kerat sehingga membuat kulit menjadi tergesek-gesek oleh kain dan kulit pun menadi hitam
  4. Pemakaian bahan kimia pada daerah ketiak, seperti bedak atau deodoran yang mengandung bahan berbahaya dan tidak cocok dengan jenis kulit.
  5. Kurangnya dalam menjaga kebersihan kulit sehingga banyak kuman dan bakteri yang berkembang di sana.
  6. Adanya pengaruh hormon, seperti yang dialami wanita pada saat menginjak remaja.
Itulah beberapa penyebab terjadinya kulit ketiak menjadi hitam atau gelap. Diantara faktor penyebab tersebut mungkin ada beberapa yang anda sering lakukan sehingga kulit ketiak anda menjadi hitam, seperti mengenakan pakaian yang terlalu ketat atau misalnya pada bagian bawah anda sering menggunakan celana ketat sehingga kulit sulit untuk bernafas.
Untuk mengatasi masalah kulit hitam tersebut ada beberapa cara yang bisa anda lakukan tentunya dengan cara sederhana dan bahan yang digunakan adalah bahan tradisional atau alami yang bisa anda dapatkan di sekeliling rumah. Apa saja cara atau tips mengatasi kulit ketiak hitam supaya menjadi putih itu? Mari kita simak beberapa cara sederhana mengatasi dan memutihkan kulit ketiak hitam secara alami.

1. Sarerang Kawung

Mungkin di beberapa daerah terutama di perkotaan banyak orang yang tidak mengenal apa itu sarerang kawung. Sarerang kawung merupakan batang pohon aren yang dibakar sehingga berubah menjadi bara berwarna putih. Sarerang kawung ini sudah sejak dulu digubakan sebagai alat kecantikan, karena dulu nenek moyang memakainya sebagai bedak.
bahan alami sarerang kawung untuk mengatasi ketiak hitam
Sarerang Kawung atau Bedak Aren
Anda bisa menggunakan sarerang kawung ini untuk memutihkan ketiak, karena pada dasarnya sarerang kawung digunakan untuk memutihkan wajah. Anda cukup menumbuk sarerang kawung sampai halus, lalu oleskan pada ketiak secara teratur. Lama-kelamaan ketiak anda menjadi putih. Sarerang kawung ini bisa menjadi pengganti deodoran anda.

2. Mentimun

Mentimun sudah terbukti khasiatnya dalam mengatasi masalah pada kulit karena pada mentimun ini memiliki antioksidan yang cukup tinggi. Mentimun bisa anda gunakan untuk ketiak supaya ketiak menjadi putih dan cerah. Caranya mudah sekali kok, anda cukup mengoleskan mentimun yang sudah diiris dan melakukannya dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore hari. Selain kulit ketiak menjadi putih, ketiak pun akan terasa segar. Mentimun ini juga bisa mengatasi keringat berlebih pada ketiak. Coba baca juga bagaimana cara mengatasi keringat berlebih pada ketiak DISINI.

3. Kunyit

Kunyit memang berwarna kuning, tapi ini tak berlaku bagi ketiak anda. Walaupun pada saat pemakain kunyit kulit anda menjadi kuning tapi beberapa hari setelah itu kulit anda tidak akan gelap lagi. Kunyit memiliki zat yang dapat membunuh bakteri, karena salah satu penyebab kulit ketiak menjadi hitam adalah disebabkan karena adanya bakteri, sehingga kunyit sangat baik sekali digunakan untuk mengatasi kulit ketiak yang hitam.

Untuk menggunakan kunyit sebagai bahan pengatasi ketiak hitam  anda cukup memarudnya lalu mengoleskannya pada seluruh permukaan ketiak. Biarkan sampai kering, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini setiap dua hari sekali atau setiap hari. Tapi dalam penggunaannya anda harus orang yang belum banyak melakukan kegiatan ke luar, karena bisa saja pakaian anda menjadi kuning. Anda bisa menggunakan kunyit beberapa jam sebelum beraktivitas ke luar.

4. Beras Putih

Kita menemukan lagi beras putih. Memang untuk permasalah kulit beras putih ini bisa dijadika solusi untuk memutihkan dan menghaluskan kulit, terutama pada area ketiak yang gelap supaya bisa menjadi putih kembali. Mungkin diantara kalian sudah ada yang tahu bagaimana cara menggunakan beras untuk memutihkan kulit ketiak, yaitu cukup dengan menumbuknya sampai halus dan dikasih sedikit air, lalu oleskan dan diamkan sampai kering. Mudah bukan? Bahan ini sangat mudah didapatkan karena ada di rumah kita sendiri.

5. Susu atau Yogurt

Beberapa klinik kecantikan banyak yang menggunakan susu atau yogurt untuk dijadikan sebagai bahan kecantikan alami, seperti untuk spa dan memudarkan kulit yang gelap. Anda juga bisa menggunakannya di rumah. Hanya saja susu dan yogurt yang digunakan bukan yang biasa anda beli di toko, karena susu atau yogurt ini harus masih asli tanpa ada campuran lain.

Susu yang digunakan ada baiknya adalah susu yang berasal dari sapi langsung, dan yogurt yang digunakan adalah yogurt tanpa pengawet dan pemanis. Tetapi anda tak perlu khawatir, karena di beberapa toko besar ada yang menjualnya khusus untuk kecantikan bukan sebagai konsumsi perut. Caranya hanya dengan mengoleskan susu atau yogurt tersebut ke kulit ketiak anda, atau anda juga bisa sekaligus menggunakan pada seluruh tubuh. Susu mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kulit dan yougurt dapat membuat kulit menjadi lembut.

6. Bahan alami lainnya

Ada bahan alami lain yang bisa anda gunakan untuk perawatan ketiak lain, seperti jeruk nipis untuk menghilangkan bau, baking soda yang biasa anda gunakan untuk membuat kue, minyak kelapa, kapur sirih supaya bulu atau rambut ketiak tidak tumbuh, dan bahan lainnya. Bahan lain ini bisa anda coba di rumah untuk mengatasi kulit hitam di ketiak, tapi supaya kulit ketiak anda cerah dan putih gunakanlah bahan alami di atas. Dalam beberapa waktu kulit ketiak anda akan menjadi putih dan cerah kembali sehingga anda leluasa menggunakan baju pendek.

Selain penggunaan bahan alami tersebut yang paling penting adalah anda harus selalu merawat dan menjaga supaya kulit ketiak anda tetap cerah, putih, halus, dan tidak bau. Caranya adalah dengan menghindari penyebab timbulnya kulit ketiak gelap atau hitam, seperti :

  • Menghindari pemakaian pakaian yang terlalu ketat
  • Menjaga kebersihan kulit dengan mandi secara teratur dan menjangkau bagian lipatan seperti pada ketiak
  • Memilih bahan deodoran yang cocok dengan kulit
  • Tidak membiarkan keringat setelah beraktivitas menempel lama di ketiak
  • Menggunakan alat cukur yang baik dan cara mencukurnya yang baik
  • Dan lain-lain

Selalu jaga kesehatan kulit anda dengan cara-cara yang alami dan hindari bahan kimia berbahaya. Semoga bermanfaat informasi yang disampaikan. Selain informasi tersebut baca juga Tips Menghilangkan Bau Badan. Terus kunjungi blog ini untuk mendapatkan berbagai tips dan info menarik lainnya seperti cara mengatasi ketiak hitam secara alami ini. Terima kasih.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar