Tips Cepat Menghilangkan Panu Secara Alami

shares |

Tips Cepat Menghilangkan Panu Secara Alami. Kulit bagian punggung atau leher sering terasa gatal? Mungkin anda sedang terkena penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Coba anda cek dengan menggunakan cermin, apakah di permukaan kulit anda ada yang berbeda dari segi warna dan teksturnya? Jika tanda-tanda ini ada pada kulit anda, berarti anda terkena yang namanya panu.

Panu atau disebut juga dengan panau merupakan salah satu penyakit kulit yang sering dialami oleh hampir semua orang yang disebabkan oleh jamur yang menempel pada kulit.Jamur yang menempel ini merupakan jenis jamur Candida albicans.

Panu tidak melihat siapa orang yang bisa dikenainya, mulai dari usia anak-anak, remaja, sampai dewasa pun panu ini sering menjadi masalah kulit yang cukup serius. Walaupun panu tidak seperti penyakit kulit lainnya yang menonjol ke permukaan tapi jika orang lain tahu kulit kita terkena panu maka itu akan sangat memalukan.
cara menghilangkan panu secara alami
Panu
Penyakit jenis ini biasanya terdapat pada bagian punggung, leher, kaki, dan perut, karena pada bagian ini merupakan bagian tubuh kita yang sering terkena keringat sehingga jamur pun banyak berkembang di sana.

Panu atau Tenia versicolor disebabkan oleh beberapa faktor yang terjadi akibat aktivitas yang biasa kita lakukan tanpa kita sadari, yaitu :
  • Jarang mandi atau jarang membersihkan badan. Hal ini yang dapat memicu tumbuhnya jamur pada kulit. Jamur sangat senang sekali dengan keadaan kulit kita yang kotor.
  • Gonta-ganti handuk. Jika anda sering gonta-ganti handuk baik dengan keluarga anda atau teman anda maka perlu anda waspadai, bisa saja handuk yang anda pinjam ini merupakan sarang jamur dan pemiliknya memiliki penyakit panu.
  • Pengaruh suhu udara di lingkungan, seperti udara yang terlalu lembab atau udara yang terlalu panas, ini akan membuat jamur tumbuh lebih banyak.
  • Bersalaman atau ada interaksi kulit dengan orang yang jamuran, ini pun dapat membuat anda terkena penyakit kulit ini.
  • Produksi keringat yang berlebih dan tidak langsung membersihkannya atau mengeringkannya, sehingga jamur akan berkembangbiak di sana.
Itulah beberapa faktor penyebab timbulnya panu atau jamuran. Selain penyebab timbulnya panu ada juga tanda-tanda yang biasa dialami oleh orang yang panuan atau orang yang terkena penyakit panu, diantaranya :

1. Sering merasa gatal jika terkena keringat. Setelah berolahraga atau melakukan aktivitas yang menguras banyak keringat, kulit sering merasa gatal, apalagi jika gatalnya di daerah yang banyak kelenjar minyak atau lipatan-lipatan kulit seperti lipatan paha, ketiak, dan bagian belakang dengkul.
tanda-tanda penyebab panu pada kulit
2. Terdapat bercak berwarna. Bercak warna tanda adanya jamur ini biasanya berwarna putih, coklat kehitam-hitaman, dan adapun yang berwarna merah. Warna ini tergantung dari jenis kulit si penderita. Tapi orang yang memiliki kulit putih pun bisa terkena juga jamur warna lain.

3. Jika jamur ini digaruk maka kulit anda akan mengelupas berwarna putih seperti kulit mati.

4. Jamur ini tidak diam di satu titik saja. Misalnya pada punggung atas anda ada satu bercak warna putih dan di bagian tangan atau kaki anda ada juga bercak seperti itu, maka itulah yang namanya jamur.

Itulah beberapa tanda jamur kulit yang bisa saja menyerang anda. Jika hal itu sudah ada pada anda maka segera obati.

Untuk mengobati jamur ini diperlukan waktu yang cukup lama, bahkan ada yang menyebutkan jika ada orang yang sudah terkena jamur maka diamkan saja, nanti juga bakal hilang sendiri. Tetapi jika jamur didiamkan begitu saja maka akan menyebar juga ke seluruh kulit, sampai wajah pun akan terkena. Tentu saja hal ini akan menyebabkan penderitanya tidak percaya diri dan akan selalu merasa gatal.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan panu ini, salah satunya adalah dengan menggunakan bahan alami. Bahan yang digunakan sangat mudah sekali didapatkan karena bahan tersebut sering kita jumpai di rumah. Cara ini akan cepat menghilangkan panu tanpa perlu menggunakan bahan kimia yang dijual di toko obat. Berikut cara atau tips cepat menghilangkan panu secara alami dengan bahan alami.

1. Menggunakan Lengkuas dan Garam

Biasanya di daerah pedesaan banyak orang yang menggunakan lengkuas atau laja untuk menghilangkan panu pada kulit. Lengkuas ini sudah terbukti khasiatnya dan sering digunakan oleh banyak orang, karena kandungan kuersetin, amilum, dan flavonoid pada lengkuas dapat membuat jamur dan bakteri mati.

Cara untuk menghilangkan panu dengan menggunakan lengkuas ini cukup mudah, anda cukup memarud lengkuas supaya airnya keluar, lalu ditambahkan garam secukupnya tergantung dari luasnya panu yang anda alami. Setelah itu gosokkan pada kulit yang terkena panu. Akan lebih baik lagi jika digosok atau dibalurkan ke seluruh tubuh supaya jamur tidak menyebar dan jamur yang kecil tak terlihat pun ikut mati.
bahan alami lengkuas penghilang panu
Lengkuas
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan jamur atau panu cepat hilang maka sebelum proses ini yang harus anda lakukan adalah mengerik dulu panu ini dengan menggunakan silet supaya jamurnya terkelupas. Akan tetapi hal itu dapat membuat kulit anda terasa perih.

Lakukan cara ini sampai jamur atau panu anda benar-benar hilang. Biasanya cara ini dilakukan pagi, siang, dan malam. Memang cukup ribet tetapi ini demi kulit anda. Tenang saja, lengkuas ini tidak akan menyebabkan kulit anda menjadi rusak.

2. Belerang

Belerang ini sudah banyak diketahui oleh orang banyak, karena kandungan sulfur di dalamnya yang dapat mengobati berbagai macam penyakit kulit, salah satunya panu ini. Belerang atau sulfur ini saat ini sudah dijadikan sebagai bahan tambahan obat untuk mengobati penyakit kulit. Seperti sabun sulfur untuk jerawat dan lainnya.

Jika anda adalah orang yang bertempat tinggal di daerah gunung berapi, tentu di tempat tinggal anda ada belerangnya. Anda bisa gunakan belerang tersebut untuk mengobati panu anda. Caranya sangat mudah, anda tinggal tumbuk belerang tersebut secukupnya sampai halus, lalu tambahkan air perasan jeruk nipis dan minyak kelapa. Lalu oleskan pada kulit yang terkena panu tersebut sampai benar-benar panu anda tertutupi dengan belerang. Lakukan cara ini 2x sehari, maka panu anda akan cepat hilang.

3. Bawang Putih Pengobat Panu

Setelah dilakukan penelitian ternyata bawang putih ini bisa mengobati berbagai macam penyakit kulit, seperti jerawat dan panu. Bawang putih mengandung anti bakteri dan jamur yang dapat membunuh bakteri dan jamur. Dengan menggunakan bawang putih panu anda akan cepat hilang tetapi beresiko kulit anda terbakar.

Cara mengobati panu dengan bawang putih ini sangatlah mudah, anda cukup memotong satu siung bawang putih lalu menggosokkannya ke area kulit yang terkena panu. Saat bawang putih ini menempel pada kulit anda maka kulit akan meras perih, ini tandanya bawang putih sedang bereaksi di kulit.

Jangan terlalu sering menggunakan bawang putih ini, karena selain anti bakteri yang terkandung di dalamnya, bawang putih ini juga mengandung senyawa yang dapat membuat kulit menjadi rusak.

4. Gunakan Getah Daun Jarak

Daun jarak ini mungkin sudah sangat minim sekali ditemukan di daerah kita. Tetapi ternyata tumbuhan ini memiliki khasiat luar biasa dalam mengobati penyakit kulit yang terdapat pada getahnya. Dulu getah daun jarak ini sering kita jadikan alat untuk bermain gelembung. Dan jika di daerah anda masih ada tumbuhan ini, anda bisa gunakannya sebagai obat alami penghilang panu.

Cara menggunakannya yaitu mengoleskan getah daun jarak ke sekitar area kulit yang terkena panu. Kulit anda akan terasa sejuk menggunakan tanaman ini. Lakukan secara teratur, dan dengan cepat panu pada kulit anda akan hilang.

5. Belimbing Wuluh

Siapa sangka belimbing wuluh ini hanya bisa dijadikan sebagai bahan untuk makanan saja? Belimbing wuluh memiliki khasiat yang luar biasa juga yang dapat mengibati penyakit kulit khususnya penyakit panu.

Untuk menggunakannya anda bisa mengkombinasikannya dengan kapur sirih yang ditumbuk sampai halus. Setelah itu anda oleskan pada kulit yang panuan. Karena sifat kapur yang dapat mengering, maka anda tunggu sampai kering olesan belimbing wuluh dan kapur sirih tersebut. Setelah kering bilas dengan air sampai bersih.

Selain bahan alami tersebut yang perlu anda lakukan untuk mengobati dan menghindari panuan adalah dengan mandi secara teratur, tidak menggunakan handuk bergantian, dan tidak membiarkan keringat menempel lama di kulit anda setelah beraktivitas. Jauhi hal-hal yang dapat menyebabkan atau pemicu timbulnya panu ini. Sangat mudah bukan?

Nah demikian informasi cara dan tips cepat menghilangkan panu secara alami. Kalau tanda-tanda panu pada kulit anda sudah ada, maka cepat-cepat untuk mengobatinya, karena panu ini cepat menyebar ke area kulit lain dan bisa menular juga. Semoga bermanfaat informasi yang disampaikan. Terima kasih.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar