Cara Mengatasi Kram Pada Kaki dan Anggota Tubuh Lainnya

shares |

Cara Mengatasi Kram Pada Kaki dan Anggota Tubuh Lainnya. Setiap hari yang anda rasakan otot terasa melilit seperti tali yang diikat simpul. Itulah yang namanya kram. Kram ini tidak boleh dibiarkan karena dapat membahayakan penderitanya.

Kram terjadi karena ada beberapa faktor penyebabnya, yaitu antara lain :
  • Kurang bergerak atau berolahraga
  • Terlalu banyak melakukan aktivitas sehingga otot menjadi lelah
  • Adanya penumpukan asam laktat pada otot yang dihasilkan dari metabolisme tubuh karena tidak dikeluarkan dengan bergerak
  • Kurangnya asupan nutrisi berupa Kalsium dan Kalium
  • Adanya gangguan pada otot
Kram ini bisa terjadi pada siapa saja, baik itu anak kecil sampai orang dewasa. Kram tidak melihat kapan dia mau datang, siang, malam pun ia pasti akan datang pada orang yang memiliki gangguan pada ototnya. Tetapi yang paling sering dirasakan oleh kebanyakan orang keram terjadi pada malam hari saat tidur pulas. Kenapa terjadi keram pada malam hari? Hal ini dikarenakan pada saat tidur kaki melipat dan tidak bergerak sehingga otot menjadi kaku dan urat menjadi terlilit dan pada saat kaki diluruskan maka akan terasa sakit dan sulit untuk meluruskannya.
cara mengatasi kram pada kaki dan bagian tubuh lainnya
Keram Pada Kaki
Jika hal ini sering terjadi pada anda maka sebaiknya harus diwaspadai dan diobati, karena lama-kelamaan akan terjadi masalah yang lebih besar, seperti datangnya penyakit otot yang lain dan urat akan menonjol ke permukaan kulit sehingga akan terlihat jelek seperti orang yang sudah tua.

Ada beberapa tips atau cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi dan menghilangkan kram pada kaki dan bagian tubuh lainnya, yaitu :

1. Berolahraga

Salah satu penyebab datangnya kram adalah karena anda kurang bergerak atau berolahraga. Jika tanda-tanda keram sudah ada maka anda luangkan waktu dalam seminggu 3x untuk berolahraga. Ini akan membantu mengatasi kram yang melilit otot anda. Dengan berolahraga maka asam laktat pun akan terurai tidak akan menumpuk lagi pada otot.

2. Peregangan

Sebelum melakukan olahraga atau kegiatan lainnya yang membuat tubuh anda bergerak adalah dengan melakukan peregangan terlebih dahulu. Peregangan dilakukan supaya otot anda menjadi rileks dan nyaman ada saat anda melakukan gerakan lain. Walaupun pada pagi hari anda tidak melakukan olahraga, tapi sebaiknya setiap hari anda harus lakukan peregangan ini, supaya otot anda selalu rileks dan terhindar dari keram otot terutama pada kaki.

3. Memberikan asupan nutrisi yang sehat

Asupan yang paling baik untuk otot adalah vitamin dan mineral. Setiap hari dua asupan ini harus ada bagi siapa saja terutama orang yang memiliki penyakit keram. Vitamin dan mineral ini mudah didapatkan karena terdapat pada buah-buahan, sayuran, dan susu.

4. Banyak Minum

Penyebab lainnya terjadi keram adalah kurangnya dalam mengkonsumsi air. Air dibutuhkan otot untuk bermetabolisme. Jika metabolisme terganggu karena kurangnya air maka keram lah yang akan terjadi. Oleh katena itu perbanyak minum air putih minimal 8 gelas perhari. Selain air putih anda bisa mengkonsumsi air berelektrolit. Ini akan mencegah datangnya kembali keram pada otot.

5. Menempelkan air hangat pada daerah otot yang keram

Jika suatu waktu kram anda datang hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menempelkan air hangat pada otot yang mengalami kram, seperti pada kaki atau tangan. Air hangat anda masukan pada botol minuman atau anda bisa menggunakan handuk kecil yang dibasahi dengan air panas. Panas akan meredakan rasa nyeri dan otot tidak akan menjadi kejang. Lakukan cara ini sampai rasa sakit anda benar-benar hilang. Setelah itu buatlah otot anda rileks dan tidak melipat kembali kaki atau tangan yang terkena kram.

6. Memijat

Anda bisa melakukan pijatan pada daerah otot yang kram. Saat keram terjadi tarik otot ke arah yang berlawanan dari kram, tahan sedikit, dan rilekskan. Lakukan pemijatan sampai keram anda hilang.

7. Gunakan Parasetamol

Jika kram anda tidak juga reda, maka sebaiknya anda minum obat parasetamol. Parasetamol ini sebagai anti nyeri saat sakit. Anda bisa membelinya di apotek terdekat atau membeli obat yang mengandung parasetamol. Tetapi obat ini jangan anda konsumsi setiap hari, karena obat memiliki zat ketergantungan. Sebaiknya anda cari obat herbal yang dapat membuat nyeri keram anda reda atau hilang.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan saat keram anda datang. Yang terpenting untuk menghindari keram adalah dengan melakukan pola hidup yang sehat dan berolahraga yang rutin serta istirahat yang cukup. Semoga bermanfaat cara mengatasi kram pada kaki dan bagian tubuh lainnya ini. Ikuti terus update tips dan informasi menarik lainnya hanya di sini. Salam.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar