7 Pilihan Acara Memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

shares |

Pilihan Acara Memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober. Hari sumpah pemuda merupakan salah satu hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena pada hari tersebut diikrarkannya kesatuan tanah air oleh para pemuda Indonesia. Bertepatan pada tanggal 28 Oktober 1928 di Gedung pondokan para pelajar dan mahasiswa di jalan Kramat Raya 106 ini para pemuda membacakan sumpah atau ikrarnya. Adapun teks sumpah pemuda yang dibacakan pada saat itu adalah :
SUMPAH PEMUDA 
Pertama : Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu tanah Indonesia 
Kedua : Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia 
Ketiga : Kami putra dan putri Indonesia menjungjung bahasa persatuan bahasa Indonesia
Teks tersebut diantara kita sudah ada yang hafal dan masih ada yang lupa-lupa ingat, tetapi pada saat peringatan hari sumpah pemuda teks sumpah tersebut dibacakan pada saat upacara maupun apel.
kumpulan acara peringatan hari sumpah pemuda 28 oktober
Kita sebagai pemuda dan pemudi mestilah menjalankan ikrar tersebut kerena kita sebagai generasi baru mestilah mempertahankan tanah air kita yang dulu diperjuangkan oleh para pahlawan dalam membela tanah air ini. Kita sebagai seorang pemuda tentu wajib sekali dilakukan kegiatan acara dalam memperingati hari sumpah pemuda ini, kegiatan ini bisa dilakukan di sekolah oleh para pelajar dan di lapangan desa atau kecamatan oleh pemuda masyarakat.

Adapun beberapa kegiatan acara yang bisa dilakukan dalam memperingati hari sumpah pemuda ini, yaitu beberapa diantaranya :

1. Upacara atau Apel

Kegiatan ini wajib sekali dilakukan oleh para pelaku di sekolah baik itu oleh pelajar dan guru. Upacara dan apel sebagai simbol bahwa kita sedang melakukan peringatan hari bersejarah ini dan mengingatkan betapa besarnya perjuangan para pemuda di waktu lampau dalam memperjuangkan bangsa ini. Kalau di sekolah tidak melakukan kegiatan acara lain, setidaknya upacara atau apel ini sudah menjadi acara utama untuk memperingati hari tersebut.

2. KBM Berubah

Pada saat peringatan hari sumpah pemuda berlangsung, kegiatan KBM bisa diubah dengan para guru mengajarkan tentang bagaimana memaknai hari sumpah pemuda tersebut. Misalnya satu jam KBM biasa dan satu jam lagi diisi dengan pengajaran hari sumpah pemuda tersebut. Ini dapat menjadikan para pelajar ingat dan benar-benar menjalankan ikrar yang telah dibacakan oleh para pemuda dulu.

3. Kegiatan di dalam aula dan di atas panggung

Kegiatan ini dibeberapa sekolah sering diadakan. Ada banyak sekali acara yang bisa dilakukan di dalam aula seperti acara lomba pembacaan puisi bertemakan pemuda, pidato, dan lain sebagainya. Selain di kalangan pelajar kegiatan peringatan sumpah pemuda juga bisa dilakukan di tempat terbuka, misalnya di atas panggung di sudut lapangan. Kegiatan yang bisa dilakukan bisa sama dengan yang dilakukan oleh pelajar di sekolah, apalagi jika kegiatan tersebut ada doorprizenya yang dikhususkan untuk masyarakat.

4. Memakai busana tempo dulu

Saat peringatan hari sumpah pemuda berlangsung memakai busana tempo dulu bisa menjadi kegiatan yang seru sekaligus memiliki makna yang dalam. Panitia mewajibkan para peserta memakai pakaian dan berdandan seperti jaman dulu. Perempuan memakai kebaya dan laki-laki memakai kaos sederhana. Ini akan mengingatkan kita kepada perjuangan masa lalu.

5. Drama Hari Sumpah Pemuda

Kegiatan acara yang akan lebih bermakna adalah dengan adanya drama hari sumpah pemuda. Penonton akan melihat bagaimana perjuangan dulu para pemuda dalam memperjuangkan Indonesia. Drama ini disetting sedemikian rupa sampai sama dengan kejadian waktu dulu, mulai dari dekorasi panggung, para pemain, dialog, dan peralatannya.

6. Menonton Film

Jika ada film dokumenter hari sumpah pemuda tidak ada salahnya diputar dilapangan terbuka atau aula untuk menjadi pengingat dalam peringatan hari sumpah pemuda ini. Seperti film dokumenter G30S PKI ternyata banyak sekali orang yang ingin menontonnya, apalagi generasi baru yang belum tahu bagaimana kejadian peristiwa tersebut. Sayangnya saat ini film tersebut tidak diputar lagi di layar kaca. Oleh karena itu karena sebentar lagi peringatan hari sumpah pemuda, putarlah film dokumenternya.

7. Berkunjung ke Museum

Dengan mengunjungi museum kita akan disuguhkan dengan peninggalan-peninggalan bersejarah dari para pemuda dulu. Museum yang bisa kita kunjungi adalah Museum Sumpah Pemuda yang waktu dulu dijadikan sebagai tempat pembacaan sumpah pemuda, yaitu berada di Gedung Sekretariat PPI Jln. Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat.

Bagaimana, sudah memilih acara apa yang akan dilakukan pada saat peringatan hari sumpah pemuda 28 Oktober nanti? Apapun jenis acaranya yang terpenting adalah kita bisa mengingat perjuangan para pemuda dulu dan menjalankan ikrar atau sumpah yang dulu pernah dibacakan.

Semoga bermanfaat informasi 7 pilihan acara peringatan hari sumpah pemuda tersebut ya. Selamat menjalankannya. Selain dari acara peringatan hari sumpah pemuda, kamu juga bisa memikirkan ide acara yang nanti akan kamu lakukan pas tahun baru. Acaranya apa saja ? Silahkan saja dibaca informasinya DISINI. Terima kasih.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar