7 Cara Mengatasi Stres dengan Self Therapy

shares |

Cara Mengatasi Stres dengan Self Therapy. Saat ini mungkin anda sedang mengalami hal buruk yang membuat kepala anda menjadi berat. Masalah yang bertubi-tubi datang pada anda tak terhenti. Tapi begitulah yang namanya hidup. Hidup ini tak selamanya berada di atas, tapi kita juga akan berada di bawah seperti pepatah mengatakan "Hidup itu seperti roda yang berputar, kadang berada di atas dan kadang juga berada di bawah".

Anda tak perlu menyalahkan diri anda sendiri atau orang lain yang membuat anda seperti itu. Tapi itu adalah ujian yang Tuhan berikan untuk anda supaya anda bisa lebih mensyukuri setiap apa yang anda lakukan kemarin, hari ini, dan esok. Tuhan juga memberikan ujian ini supaya ada perbaikan untuk diri anda untuk berusaha menjadi lebih baik.

Kondisi seperti ini biasa kita sebut dengan stres. Stres merupakan suatu keadaan dimana keadaan di sekitar tidak mendukung dengan yang diharapkan. Stres ini tidak hanya dirasakan oleh anda sendiri, tapi semua orang juga mengalaminya tetapi tingkat kondisinya berbeda-beda.
cara mengatasi stres dengan self therapy
Ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan terjadinya stres, salah satunya adalah yang anda rasakan. Ada juga penyebab stres yang lain seperti stres karena patah hati, stres karena masalah dalam keluarga, masalah dengan teman, stres karena bisnis, stres karena tidak seperti orang lain yang cantik atau tampan, karena tidak langsing, dan penyebab-penyebab lainnya.

Untuk menghindari dan mengatasi stres dibutukan sebuah cara yang bisa membuat fikiran anda menjadi tenang kembali, mungkin sebagian orang sudah tahu bagaimana caranya. Tetapi di sini saya akan berikan cara atau tips tersebut bagi anda yang belum tahu. Ini dia cara menghindari dan mengatasi stres dengan self therafy atau terafi sendiri. Berikut pemafarannya.

1. Bersantai di tempat sejuk dan tenang

Setelah anda memikirkan banyak hal dan masalah yang melanda anda, cobalah anda duduk di sebuah tempat yang anda sukai misalnya di bawah pohon rindang dan sejuk. Lalu sandarkan tubuh anda di pohon tersebut dan rebahkan seluruh tubuh anda. Tutup mata secara perlahan dan bayangkan anda sedang berada di tempat yang sangat indah dan di sana anda hanya sendiri saja tidak ada yang mengganggu. Tarik nafas secara perlahan lalu hembuskan, ulangi hal tersebut sampai anda benar-benar rileks.

Untuk meperdalam cara ini anda harus lakukan dengan cara menghipnosis diri anda supaya anda benar-benar tidak stres lagi dengan masalah yang anda alami. Menghipnosis diri sendiri disebut juga dengan self hipnosis. Self hypnosis ini bisa anda baca di artikel Terafi Self Hypnosis.

2. Menonton film lucu atau funny movies

Untuk mengfatasi stres anda bisa melakulannya dengan menonton film-film yang membuat anda tertawa, yaitu funny movies. Dengan tertawa tingkat stres anda bisa mereda. Walaupun tidak bisa langsung hilang secara total tetapi ini bisa dijadikan sebagai artelnatif yang sangat mudah dilakukan.

Anda tak perlu menontonnya di televisi saja karena acara televisi tidak setiap waktu menayangkan acara lawak. Anda bisa gunakan gadget anda untuk menonton film pendek di Youtube. Mudah kan?

3. Curhat kepada sahabat

Unek-unek yang ada dalam hati jika di diamkan dan dipendam saja ini akan membuat fikiran anda menjadi ruwet. Anda bisa mengungkapkan semuanya kepada orang terdekat anda yaitu sahabat untuk dimintai solusi dari masalah yang anda hadapi atau hanya sekedar bercerita saja. Dengan cara seperti ini fikiran anda anda akan menjadi tenang karena semuanya sudah dikeluarkan dengan bercerita.

4. Tidur

Tidur membuat seseorang menjadi tenang dan rileks sama seperti melakukan self hypnosis, tetapi tidur ini membuat orang menjadi benar-benar tenang karena tidak sadar dan tidak mengingat apa-apa. Setelah anda menangis cobalah anda tidur dengan kualitas yang baik. Setelah bangun dari tidur anda tak usah memikirkan hal yang pernah mengalami anda, biasa saja seperti anda melakukan kegiatan sehari-hari anda tanpa ada beban.

5. Bermain atau Bertemu dengan teman-teman

Ketika anda bingung dan pusing memikirkan masalah anda, cobalah anda ajak teman anda untuk main, misalnya main ke taman dan foto selfy bareng. Buatlah bermain anda dengan teman menjadi hal sangat menyenangkan dengan tertawa bersama dan bercerita yang lucu. Dengan cara seperti ini stres anda akan hilang.

6. Olahraga

Jika setiap harinya anda memang punya banyak masalah cobalah anda berolahraga, seperti lari kecil atau jogging atau jalan kaki di sekeliling rumah, dengan cara ini tingkat stres anda sedikit demi sedikit akan berkurang. Selain sebagai penghilang stres jalan kaki atau berlari ini memiliki manfaat lain yang sangat banyak, seperti untuk meningkatkan daya tahan tubuh, untuk meningkatkan kesehatan jantung, dan masih banyak lagi. Anda bisa membacanya DISINI.

7. Alihkan pada kegiatan sehari-hari

Jika anda benar-benar sangat stres, anda harus alihkan stres anda pada hal atau kegiatan yang setiap hari anda lakukan, misalnya mengerjakan pekerjaan rumah, membaca novel, membuat karya-karya terbaik, dan lain sebagainya. Yang harus anda terapkan adalah jangan terlalu memikirkan masalah itu karena setiap masalah pasti akan ada solusinya. Sambil melakukan kegiatan-kegiatan positif anda akan mendapatkan ide untuk mengatasi masalah yang anda alami.

Stres tidak bisa dihilangkan dan diatasi dengan obat seperti obat sakit kepala, karena stres ini terdapat pada unsur psikologis bukan unsur fisik. Inilah yang membuat stres ini sulit bagia sebgaian orang untuk mengatasinya, tetapi dengan cara-cara yang dipaparkan di atas, stres ini akan hilang, dan yang paling penting hindari stres yang berlebih dengan selalu melakukan self hypnosis minimal 3x dalam seminggu, tingkat stres anda akan berkurang.

Semoga bermanfaat 7 cara mengatsi stres dengan terafi sendiri ini, semoga stres anda hilang dan anda bisa mendapatkan solusi terbaik dari setiap masalah. Terima kasih sudah berkunjung. Sampai bertemu kembali di informasi penting lainnya. Sampai jumpa.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar