Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar

shares |

Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan BenarYang baru lulus sekolah atau perguruan tinggi pasti saat ini sedang bingung-bingungnya mencari pekerjaan. Untuk melamar ke suatu perusahaan haruslah ada yang namanya berbagai jenis surat dan persyaratan yang harus dilampirkan, seperti surat lamaran pekerjaan, surat kuning sebagai identitas bahwa kita sedang mencari pekerjaan, CV atau daftar riwayat hidup, ijazah terakhir sekolah, foto, dan lain sebagainya.

Untuk mengumpulkan berbagai persyaratan tersebut ada beberapa persyaratan yang harus dibuat dengan tangan sendiri, seperti CV atau daftar riwayat hidup dan surat lamaran pekerjaan. Berbeda dengan ijazah, foto, dan surat kuning yang bisa didapatkan langsung tanpa kita harus menulis terlebih dahulu.
contoh dan cara membuat surat lamaran pekerjaan
Cara dan Contoh Membuat Surat Lamaran Pekerjaan
Dalam membuat atau menulis surat lamaran pekerjaan haruslah dilakukan dengan baik dan benar, karena tidak sembarangan kita menulis. Ada beberapa hal atau cara yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran pekerjaan, antara lain yaitu :

1. Biasanya dulu untuk membuat surat lamaran haruslah ditulis tangan dengan serapi mungkin di atas kertas polio atau kertas HVS. Namun saat ini sebagian banyak perusahaan sudah memberlakukan dengan sistem tik di komputer atau dengan membeli surat lamaran yang sudah ada dan kita hanya melengkapinya saja seperti perusahaan apa yang akan kita lamar, tempat, dan dari mana informasi tersebut berasal.

2. Jika perusahaan yang kamu lamar masih memberlakukan sistem tulis tangan, maka saat menulis surat lamaran pekerjaan jangan pernah kamu menyuruh orang lain untuk menulisnya, karena nanti akan ketahuan saat kamu disuruh oleh calon bos kamu untuk menulis. Kalau berbeda ya kamu tidak diterima saat itu juga.

3. Saat menulis surat lamaran pekerjaan gunakanlah bolpoin atau pulpen berwarna hitam dan jenisnya yang tidak gel. Lalu tulisannya harus lurus dari atas yang sesuai dengan penulisan EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan.

4. Isi surat yang disampaikan terdiri dari :
a. Tujuan kepada siapa kamu mengirim surat lamaran pekerjaan, misalnya Yth. Direktur PT. Gumilat di Jln. Marga Siwa No. 30
b. Tuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi lowongan pekerjaan tersebut, misalnya ... saya mendapatkan informasi tersebut dari iklan Diaraparna ...
c. Lampirkan identitas diri walaupun disamping itu ada CV (Curiculum Vitae). ... Nama : Yeni Irawan Lulusan : S1 di ...
d. Tuliskan harapan kamu dari melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. ... dengan harapan untuk bisa menjadi bagian dari perusahaan bapak.
e. Tuliskan juga syarat apa saja yang harus ada untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut, seperti menuliskan pas foto berapa kali berapa, CV atau daftar riwayat hidup, foto copy KTP, Ijazah, dan lain sebagainya. 
5. Jangan ada coretan sedikit pun atau tip-x jika kamu menulis dengan tangan. Oleh karena itu disarankan untuk punya beberapa lembar kertas polio atau HVS untuk menulis ulang jika ada kesalahan.

Setelah kamu memperhatikan hal tersebut barulah kamu bisa menulis surat lamaran pekerjaan. Ada contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa kamu ketik atau tulis kembali, kamu tinggal merubah kepada siapa surat tersebut ditujukan dan lain sebagainya. Mudah bukan ? Berikut contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.
contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar
Demikian contoh dan cara membuat surat lamaran pekerjaan yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat ya. Contoh surat lamaran pekerjaan di atas memang sedikit berbeda dengan apa yang harusnya menjadi syarat atau hal yang harus diperhatikan, akan tetapi akan lebih baik jika disesuaikan dengan aturan di atas, karena aturan tersebut sudah umum dilakukan dan dipelajari di sekolah. Selamat mencari pekerjaan. Salam.

Related Posts

1 komentar