Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Online via Email

shares |

Mengirim Surat Lamaran Kerja via Email. Saat ini mencari pekerjaan tidaklah sulit tapi yang sulit adalah mendapatkan pekerajaan, bener gak? Seiring perkembangan teknologi, mencari pekeraan cukup dilakukan didepan komputer yang terhubung dengan internet. Yupz, ada puluhan bahkan ratusan situs online lowongan pekerjaan yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan terbaru. bahkan kita bisa berlangganan email tentang informasi lowongan paling baru sehingga kita gak akan ketinggalan informasi.

Berbeda seperti ditahun-tahun terdahulu saat koran masih menjadi media utama mencari lowongan pekerjaan. Kita harus lebih dulu membeli koran keluaran hari sabtu karena koran edisi sabtu penuh dengan info lowongan pekerjaan, dan ada banyak juga orang yang membeli koran hari sabtu. Nah, saat ini bukan hanya mencari lowongan pekerjaan secara online malinkan mengirim surat lamaran beserta berkas-berkaspun bisa dilakukan secara online sehingga sobat gak perlu ribet-ribet membawa MAP berisi berkas lamaran dan berkeliling ke setiap perusahaan.
cara kirim surat lamaran via email terbaru
Kirim surat Lamaran dengan Email Saja!
Ada beberapa situs yang menyediakan "Apply" surat lamaran secara langsung kita tinggal mengupload surat lamaran, CV, Foto dan lain sebagainya di database situs tersebut, kemudian saat ada lowongan pekerjaan yang sesuai tinggal mengklik tombol "Apply", lamaranpun otomatis terkirim. Namun ada juga perusahaan yang mewajibkan bagi kita mengirim surat lamaran secara online melalui email. Caranya memang cukup gampang hanya saja akses internet harus cukup kecneng agar saat mengupload surat lamaran ke email bisa dilakukan dengan cepat.

1. Hal yang harus Disiapkan

Tentu saja ada beberapa hal yang harus disiapkan, jangan mendadak pergi kewarnet kemudian membuat surat lamaran dadakan. Sobat siapkan dulu surat lamarannya dirumah beserta CV. Jika belum punya silahkan cek diartikel sebelumnya tentang : Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja.  Berikut rincian yang harus disiapkan.
  • Surat Lamaran dan CV dalam File MS Word
  • Scan KTM/SIM
  • File Foto berbentuk JPEG atau PNG
  • Scan SKCK dan berkas yang diperlukan
  • Selain Surat Lamaran, lainnya Simpan dalam satu file dengan nama "Berkas Lamaran"
2. Persiapan Teknis

Yang pasti mengirim surat lamaran kerja online via Email yang wajib punya adalah alamat email pribadi, jangan menggunakan email orang lain karena nanti saat ada balasan dari perusahaan akan masuk ke email tersebut. Jangan buat alamat email yang lebay seperti "Chintacyahyangkamoe@gmail.com", buatlah email sesuai dengan nama kamu atau alamat email yang dikenal seperti claudiacintya@gmail.com.

3. Langkah Mengirim Surat Lamaran kerja Online

Gunakan akun gmail, setelah itu sobat masuk ke alamat http://gmail.com, login menggunakan alamat email yang sudah dibuat.
Kirim surat lamaran kerja dengan email
Seteah itu, Klik "TULIS" dibagian kiri atas yang berwarna merah. Maka akan muncul tab disamping kanan bawah. Maka yang harus diisi adalah:
  • Isi alamat email tujuan (perusahaan yang dilamar)
  • Isi Subjek dengan "Berkas Lamaran Kerja"
  • Pilih "Lampirkan File" dengan tanda seperti digambar, kemudian pilih File Surat lamaran dari komputer atau FlashDisk anda, setelah terupload, kemudian pilih file "Berkas Lamaran" atau File Poin 1 diatas. Upload hingga selesai 100 persen, setelah itu Klik tombol "KIRIM" yang berwarna Biru. Selesai.
Nah cukup mudah bukan??? Jika sobat ingin menngirim surat lamaran kerja online via email ke perusahaan lain tinggal gunakan cara diatas dengan memasukkan file yang sudah dibuat tadi dan yang perlu diganti hanyalah isi surat lamaran saja, tinggal ganti perusahaan yang dituu serta lowongan pekerjaan yang akan diisi. Semoga artikel ini bermanfaat ya teman.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar