7 Tips Menghilangkan Plak Gigi Secara Alami

shares |

7 Tips Menghilangkan Plak Gigi Secara Alami. Gigi merupakan bagian mulut yang berfungsi sebagai alat proses mekanik mulut untuk melumatkan makanan atau mengunyah makanan. Gigi ini terdapat di bagian rongga dalam mulut tetapi lebih sering terlihat saat tertawa. Salah satu bagian dari gigi yang memiliki fungsi luar biasa adalah email gigi. Email gigi ini berfungsi untuk mencegah gigi berlubang. Oleh karena itu banyak sekali pasta gigi yang mengandung email banyak.

Gigi memiliki masalah dalam kesehatan, masalah ini sering kita sebut sebagai masalah kesehatan mulut. Gigi yang bermasalah terdiri dari beberapa macam, ada gigi berlubang, gigi patah karena kecelakaan, gigi kuning, gigi yang ditempeli plak dari sisa makanan, bau mulut, gusi berdarah, gusi bengkak dan lain sebagainya.

Masalah-masalah yang ada pada gigi ini sangat banyak adanya, karena pada rongga mulut banyak sekali bakteri yang menempel apalagi pada gigi. Karena mulut ini merupakan tempat pertama kita saat memasukkan makanan sebelum masuk ke lambung. Ditambah dengan gigi sebagai pengunyahnya. Tentu saja di gigi inilah bakteri dari sisa makanan banyak menempel. Jika kita tidak cakap dalam menjaga dan membersihkan mulut dan gigi, maka kita akan terkena masalah kesehatan mulut tersebut, apalagi yng namanya plak atau karng gigi. Saat kita tertawa plak atau karang gigi ini akan terlihat karena sulit sekali untuk dihilangkan.

Kali ini saya akan bahas mengenai masalah kesehatan mulut plak pada gigi dan bagaimana cara untuk menghilangkannya. Kalian pasti sudah tahu apa yang namanya plak gigi dan bagaimana bentuknya flak gigi tersebut.
tips menghilangkan plak atau karang gigi
Plak atau Karang Gigi
Plak gigi atau karang gigi merupakan sisa makanan yang mengkarang dan menempel pada gigi sehingga sangat sulit sekali untuk dibersihkan. Ada beberapa faktor penyebab terbentuknya plak atau karang gigi ini, yaitu antara lain :

1. Jarang atau Tidak Berkumur Setelah Makan

Faktor utama penyebab timbulnya plak atau karang gigi adalah karena setelah makan kita jarang atau bahkan tidak sama sekali berkumur. Coba saja kamu rasakan bagaimana rasanya mulut dan gigi kamu setelah makan, pasti terasa ada sisa makanan yang menempel pada gigi. Jika sisa makanan yang menempel ini tidak dibersihkan maka lama-kelamaan sisa makanan tadi akan mengkerak menjadi karang dan berubah warna menjadi warna kuning sampai hijau.

2. Banyak Makan Cokelat dan Permen

Dalam mulut ada jutaan bakteri yang menempel terutama pada gigi. Bakteri ini akan berkembang biak dan berubah menjadi gemuk jika diberi asupan makanan yang mengandung banyak gula, seperti cokelat dan permen. Mereka seolah-olah mendapatkan pesta besar untuk makan besar.

3. Tidak Menggosok Gigi Secara Teratur

Nih buat kamu yang masih saja harus diingatkan untuk gosok gigi setelah makan dan sebelum tidur. Plak atau karang gigi akan cepat timbul jika kamu tidak teratur dalam menggosok gigi. Walaupun setelah gosok gigi masih ada sisa makanan yang menempel tetapi setidaknya akan meminimalisir akan timbulnya plak tersebut. Gosok gigi teratur saja masih ada yang giginya berplak apalagi yang tidak.

4. Jarang Makan Buah dan Sayur

Selain memiliki fungsi yang baik bagi tubuh, buah dan sayur ini memiliki manfaat yang luar biasa juga untuk gigi, salah satunya adalah untuk mencegah plak atau karang gigi. Buat kamu yang tidak suka atau jarang sekali mengkonsumsi buah dan sayur maka akan mudah sekali terkena yang namanya plak gigi.

5. Tidak Perawatan ke Dokter

Perawatan gigi atau pemeriksaan gigi sangat penting sekali untuk tetap menaga kesehatannya supaya terhindar dari berbagai masalah. Jika kamu tidak ada waktu atau sangat sedikit sekali budget di kantong kamu bisa merawatnya sendiri di rumah.

Itulah beberapa penyebab timbulnya plak atau karang gigi. Saya termasuk orang yang kurang sekali dalam memperhatikan kesehatan gigi sampai kejadian plak atau karang gigi muncul di gigi saya. Saya bingung harus apa, sedangkan untuk memeriksakan ke doter saya belum ada waktu (waktu mengeluarkan uang) he, dan karang gigi ini sangat mengganggu saya saat aya tertawa di depan banyak orang. Tapi setelah saya cari tahu bagaiamana cara menghilangkannya dengan cara alami, plak atau karang gigi saya perlahan hilang. Mau tahu bagaiamana cara menghilangkan plak atau karang gigi dengan cara alami itu ? Okelah, saya tidak akan main rahasia-rahasiaan. Ini dia tips atau cara menghilangkan plak atau karang gigi secara alami.

Tips Menghilangkan Plak Gigi

1. Gosok Gigi Secara Teratur

Sesuai dengan penyebab timbulnya plak atau karang gigi, maka kita harus tahu solusi untuk mencegah penyebab timbulnya karang gigi ini. Kita harus rajin gosok gigi minimal 2x dalam sehari. Sesuai dengan anjuran dokter yaitu pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Kenapa demikian ? Karena pada pagi hari kita akan banyak melakukan aktivitas di luar rumah. Masa ke luar rumah bertemu dengan orang banyak kita tidak menggosok gigi terlebih dahulu. Dan alasan dianjurkan sikat gigi di malam hari sebelum tidur karena pada malam hari adalah waktunya bakteri untuk berkembang biak, apalagi setelah kita makan. Dengan gosok gigi secara teratur maka plak atau karang gigi ini akan mudah dicegah dan perlahan akan menghilang.

2. Gunakan Mouthwash

Setelah gosok gigi ada baiknya kita menggunakan mouthwash supaya mulut dan gigi kita bebas bakteri dan nafas menjadi harum dan segar. Ada bayak sekali produk mouthwash yang mengandung bahan aktif pembersih bakteri mulut. Silahkan mau pilih yang mana yang penting bisa mencgah dan menghilangkan bakteri penyebab timbulnya plak. Jika kamu sudah ada plak pada gigi, rutinlah setiap kali setelah gosok gigi gunakan mouthwash ini. Plak akan terkikis dan akan mudah sekali dicokel.

3. Hindari Makanan yang Manis Berlebih

Yang lebih-lebih itu tidak baik apalagi pada makanan. Meskipun kamu suka manis, tetapi kamu harus jaga kesehatan mulut kamu. Makanan manis yang mengandung gula akan lebih cepat membuat gigi rusak. Bakteri yang terdapat pada mulut akan lebih cepat berkembang biak sehingga dapat merusak gigi, seperti adanya plak pada gigi dan gigi menjadi berlubang. Aturlah pola makan kamu dari yang manis-manis tersebut.

4. Makan Sayur dan Buah

Sudah saatnya kamu banyak konsumsi buah dan syur supaya plak atau karang gigimu hilang dengan cepat. Kandungan alami yang terdapat pada buah dan sayur ini akan cepat mengikis plak atau karang pada gigimu. Semua jenis buah dan sayur bisa kamu konsumsi, apalagi yang banyak mengandung air, seperti semangka, stroberi, apel, tomat, dan yang lainnya.

5. Banyak Minum Air Putih

Banyak sekali manfaat apabila kita banyak minum air putih. Selain untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh air ini juga dapat membantu menghilangkan plak pada gigi. Air hanya mengandung Hindogen dan Oksigen tanpa ada bahan tambahan lain sehingga tidk akan membuat bakteri pada gigi berkembang biak, malah bakteri yang ada pada gigi akan ikut terminum dengan air tersebut. Tidak apa-apa kok, bakteri gigi akan mati karena bukan tempatnya di dalam lambung atau usus.

6. Periksakan Gigi ke Dokter

Rutinlah periksakan gigi ke dokter, yang direkomendasikan oleh dokter adalah setiap 6 bulan sekali. Tujuan memeriksakan gigi adalah supaya kita tahu apakah gigi kita baik-baik saja atau ada masalah. Jika ada masalah seperti ada plak gigi yang dialami sekarang maka dokter akan merekomendasikan untuk selalu memberikan perawatan cara menghilangkan plak tersebut.

7. Lakukan Flossing

Ada baiknya setelah menyikat gigi kamu melakukan flossing pada gigimu, supaya semua sisa makanan yang menempel bersih dan tidak menjadi karang gigi. Jika sudah ada plak, tetap lakukan saja plak, maka plak tersebut akan terangkat dan bersih.

Selain cara tersebut , ada bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan plak atau karang gigi, antara lain :

1. Biji Asam Kawak

Memang sangat sedikit sekali orang yang tahu bahwa biji asam kawak ini bisa dijadikan sebagai obat tradisioanl penghilang plak atau karang gigi. Di sebagian daerah orang-orng menggunakan biji ini untuk membersihkan giginya. Dan terbukti gigi mereka bersih terhindar dari plak.
bahan alami biji asam kawak untuk hilangkan plak gigi
Biji Asam Kawak
Cara menggunakan biji asam kawak ini adalah kamu tinggal sangrai biji asam kawak ini, lalu blender atau ditumbuh sampai benar-benar halus. Setelah halus gosokkan pada gigi dengan ditambahkan sedikit air seperti kamu sedang gosok gigi menggunakan pasta gigi. Gunakan sikat gigi atau kapas untuk menggosoknya.

2. Cengkeh

Cengkeh ini memiliki aroma yang menyengat tetapi sangat enak saat kita menciumnya. Selain digunakan sebagai bahan untuk membuat rokok, cengkeh ini juga berfungsi untuk menghilangkan plak pada gigi.

Caranya sangat mudah, kamu tinggal tumbuk halus saja cengkeh yang sudah kering, lalu gososkkan secara perlahan pada area gigi yang ada plaknya. Lakukan secara rutin dan plak gigimu akan hilang.

3. Baking Soda

Baking soda yang biasa digunakan sebagai bahan pembuat kue bisa kamu gunakan juga sebagai obat alami penghilang plak atau karang gigi. Caranya ambil 1 sendok teh baking soda dan ditambahkan sedikit air, lalu tempelkan pada sikat gigi dan gosokkan pada gigi layaknya kamu menggosok gigi. Walaupun baking soda ini bisa dijadikan sebagai pasta gigi, tetapi tetap saja kamu harus gunakan pasta gigi yang biasa supaya mulut kamu tetap bersih dan tidak bau.

4. Stroberi

Selain dari ketiga bahan alami di atas, kamu juga bisa menggunakan buah stroberi untuk menghilangkan plak gigimu. Caranya cukup dengan mengkonsumsinya atau mengoles-oleskannya pada gigi. Dalam beberapa waktu plak atau karang gigimu akan hilang.

5. Apel

Setelah dilakukan penelitian ternyata apel ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk gigi, yaitu dapat membantu menghilangkan dan mencegah gigi dari plak. Mudah saja kok, hanya dengan mengkonsumsinya tanpa dikupas, karena kulitnya ini yang berperan aktif dalam menghilangkan plak pada gigi.

Gimana, mudah, alami, dan cepat bukan untuk melakukannya? Selagi kita benar-benar berniat pasti semuanya akan cepat dan mudah. Kamu tidak perlu melakukan apa-apa yang sulit cukup dengan melakukannya sendiri di rumah, tetapi untuk pemeriksaan ke dokter tetap harus dilakukan untuk pengecekan. Okre.

Demikian tips atau cara menghilangkan plak gigi secara alami yang bisa saya bagiakan untuk kalian semua. Semoga bermanfaat ya. Ada juga nih yang berkaitan dengan gigi lainnya, baca saja DISINI. Terima kasih sudah berkunjung. Salam.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar