11 Tips Mengatasi Mimisan Secara Cepat dan Alami

shares |

Tips Mengatasi Mimisan Secara Cepat dan Alami. Anda sering mengeluarkan darah setelah melakukan olahraga atau tanpa ada sebab tiba-tiba dari hidung anda keluar darah ? Perlu anda waspadai, keluar darah dari hidung atau biasa kita sebut mimisan adalah bisa jadi gejala munculnya penyakit berbahaya seperti demam berdarah, dan lain sebagainya.

Mimisan atau dalam ilmu kedokteran disebut epitaksis merupakan satu keadaan pendarahan yang keluar dari hidung karena beberapa faktor penyebab. Secara umum ada 2 faktor penyebab timbulnya pendarahan dari hidung atau mimisan, yaitu :
tips mengatasi mimisan secara cepat dan alami
Tips Mengatasi Mimisan
1. Sebab Lokal, seperti trauma karena suatu hal yang pernah dialami, kecelakaan kendaraan, mengorek hidung terlalu keras, ada benda asing yang masuk ke dalam hidung yang dapat melukai selaput dalam hidung, olahraga yang berat, dan penyakit yang disebabkan oleh infeksi, serta orang yang memiliki riwayat penyakit sinus (rinitis dan sinusitis) dapat secara tiba-tiba mengeluarkan darah dari hidungnya.

2. Sebab Sistemik, darah keluar yang disebabkan oleh beberapa penyakit, seperti orang yang sedang DBD (demam berdarah), hemofilia, cikungunya, penyakit kuning atau demam kuning, tekanan darah tinggi atau hipertensi, dan penyakit lain yang berkaitan dengan darah seperti autoimun trombositipenic purpura, dan leukemia.

Biasanya mimisan atau darah keluar dari hidung ini sering terjadi pada usia anak-anak, akan tetapi usia dewasa pun terkadang mengalaminya. Dan penyebabnya pun berbeda-beda, seperti yang sudah dipaparkan di atas. Secara patofisiologi, mimisan ini terjadi karena lepasnya lapisan makosa dalam hidung yang banyak mengandung pembuluh darah, bisa karena danya luka di dalam, atau terlepas sendiri.

Jika anda sering mengalami mimisan, jangan pernah anda diamkan karena bisa jadi itu adalah gejala berbahaya. Periksakan ke doter atau ke klninik kesehatan supaya anda bisa mengetahui apakah mimisan anda hanya mimisan biasa atau sebaliknya.

Nah jika anda hanya mengakami mimisan satu kali, atau terkadang setelah melakukan aktivitas berat anda mengalaminya, maka anda harus lakukan tips atau cara berikut ini supaya mimisan anda teratasi. Berikut tips atau cara mengatasi mimisan secara cepat dan alami.

1. Buatkah miring kepala anda ke depan supaya aliran darah tidak masuk ke dalam rongga mulut atau ke dalam kerongkongan.

2. Pencet cuping hidung atau hidung bagian depat dengan tangan anda selama kurang lebih 3 sampai 5 menit.

3. Bernafaslah dengan menggunakan mulut selama anda memencet cuping hidung.

4. Biarkan darah mengalir semua selama 3 sampai 5 menit tersebut.

5. Kompreslah hidung anda dengan menggunakan es jika mimisan anda terjadi karena tekanan.

6. Melakukan kompres dingin atau es ini bertujuan untuk mengecilkan pembuluh darah atau vasokonstriksi.

7. Jika selama 3 sampai 5 menit tersebut hidung anda masih mengalirkan darah, maka lakukan cuping hidung lagi selama 10 menit sampai darah anda benar-benar keluar.

8. Jangan dulu bersandar sebelum darah anda keluar semua, ditakutkan darah anda masuk ke dalam rongga mulut.

9. Setelah semua darah keluar, tutup hidung dengan menggunakan tisu supaya dalam hidung tidak terkena luka lagi.

10. Setelah beberapa menit, anda bisa melepas tisu anda untuk memastikan darah sudah tidak mengalir keluar lagi.

11. Jika anda ragu dengan mimisan yang terjadi pada anda, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Hal yang tidak diinginkan akibat dari mimisan ini adalah kematian. Memang sangat jarang sekali terjadi kematian yang disebabkan oleh mimisan, akan tetapi jika terjadi pendarahan hebat dari hidung bisa jadi hal itu terjadi. Maka sebelum hal tersebut datang pada kita, selalu konsultasikan ke dokter dan jaga kesehatan anda.

Selain dari cara tersebut, anda bisa mengatasi dan mengobati mimisan dengan bahan alami. Bahan alami tersebut sangat mudah sekali ditemukan di sekitar kita. Apa saja bahan alami mengatasi dan mengobati mimisan ? Berikut uraiannya.

1. Daun Babadotan

Daun babadotan sudah sering kita dengar bahkan sudah dari dulu babadotan ini dijadikan sebagai penghenti mimisan di hidung. Bukan katanya lagi, orang Sunda sudah biasa melakukannya ketika ada orang yang mengalami mimisan.

Caranya adalah seperti cara yang dilakukan di atas, namun pada saat akan menghentikan pendarahan dari hidung babadotan inilah sebagai penutup lubang hidungnya, supaya darah tidak lagi keluar.

2. Kangkung Segar

Jika anda sering mengalami mimisan setiap hari atau pada keadaan tertetu, maka sebaiknya anda mengkonsumsi daun kangkung segar. Caranya adalah dengan memblender kangkung dengan ditambahkan air dan diminum setiap hari supaya mimisan anda tidak kambuh lagi.

3. Akar Alang-Alang

Akar alang-alang juga bisa anda gunakan sebagai bahan atau obat tradisional mengatasi mimisan. Anda cukup mengambilnya dari kebun yang ditumbuhi alang-alang, ambil akarnya, lalu rebus akar alang-alang tersebut dengan air sampai airnya menyusut setengahnya. Minum secara teratur selagi hangat.

4. Akar Teratai

Anda pasti sering melihat teratai yang tumbuh di atas kolam ikan anda. Nah jika anda adaah orang yang sering mengalami mimisan, maka anda bisa mengobatinya dengan menggunakan akar teratai.
bahan alami mengatasi mimisan
Akar Teratai
Caranya sangat mudah, anda cukup menumbuk 200 gram akar teratai sampai halus dan sampai keluar air. Lalu jadikan sebagai obat tetes hidung atau anda boleh meminumnya.

5. Pegangan

Gunakan pegangan untuk mengobati dan mengatasi mimisan anda. Pegangan ini juga mudah sekali di dapatkan di sekitar rumah. Caranya dengan merebusnya seperti akar alang-alang, lalu minum selagi hangat.

Nah itulah beberapa bahan alami atau obat tradisional yang bisa anda gunakan untuk mengatasi dan mengobati mimisan anda. Tapi yang terpenting jaga selalu kesehatan anda dan cek ke dokter jika perlu.

Demikian tips dan cara mengatasi mimisan secara cepat dan alami. Semoga apa yang disampaikan bisa bermanfaat dan bisa anda lakukan di rumah. Yang berkaitan dengan hidung ada kok. Coba baca ini Tips Mengatasi Flu. Terima kasih. Salam.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar