Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Bahan Alami

shares |

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Bahan AlamiDarah tinggi sering terjadi pada usia dewasa atau mereka yang sudah lanjut usia yang disebabkan oleh beberapa faktor. Darah tinggi atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan hipertensi merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah di arteri meningkat, sehingga jantung akan bekerja lebih cepat dan keras untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah (arteri).

Faktor-faktor penyebab darah tinggi disebabkan karena keturunan (genetik), kondisi fikiran, jarang berolahraga dan penyebab yang lebih banyak disebabkan oleh makanan yang mengandung lebih banyak lemak dan kalori. Adapun jenis makanan yang dapat mengakibatkan munculnya darah tinggi atau dapat menambah tekanan bagi yang sudak terkena, di antaranya adalah makanan yang mengandung banyak garam atau makanan yang rasanya asin dan gurih, seperti makanan ringan atau snack; makanan yang sudah jadi atau makanan kaleng; santan; kopi yang mengandung kafein; alkohol; gula; dan acar.

Selain faktor dari makanan, ternyata kurangnya istirahat pun dapat mengakibatkan munculnya darah tinggi. Hati-hati bagi anda yang sering begadang atau tidur terlalu larut. Darah tinggi bisa saja tiba-tiba datang pada anda.
cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan bahan alami
Darah Tinggiatau Hipertensi
Lalu bagaimana cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi tersebut jika sudah terkena penyakit ini ? Ada tips untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang akan kami sajikan khusus untuk anda. Tapi bagi anda yang tidak punya penyakit ini ada baiknya baca juga tips berikut supaya anda bisa menghindarinya. Silahkan disimak!

1. Untuk mengurangi tekanan darah tinggi anda harus mengurangi konsumsi garam. Bukan garam yang selalu anda makan tetapi kandungan garam yang terdapat pada makanan anda. Misalnya ikan asin. Akan lebih baik anda tidak mengkonsumsinya lagi supaya tekanan darah anda benar-benar turun. Dan bagi anda yang tidak punya atau belum terkena penyakit ini, anda harus menguranginya. Jangan sampai anda yang senang dengan makanan yang gurih-gurih anda tidak memperhatikan asupannya.

2. Hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein, alkohol, dan gula berlebih. Orang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi kemungkinan besar akan terjangkit penyakit jantung, stroek, dan diabetes. Oleh karena itu, selalu perhatikan asupan makanan yang akan anda konsumsi. 4 Sehat 5 Sempurna itu yang harus anda terapkan dalam makanan yang anda makan.

3. Olahraga yang teratur dapat membuat tekanan darah tinggi anda berkurang. Penyebab lain datangnya darah tinggi ini karena kegemukan atau obesitas. Jika berat badan normal atau ideal akan sedikit sekali atau bahkan tidak terkena penyakit ini.

4. Kendalikan stress anda. Selain dari makanan stress juga dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi. Contoh kecil saja adalah marah. Orang ketika marah pasti dia sedang stress memikirkan suatu hal, maka tekanan darahnya pun akan meningkat. Ini ditandai dengan jantung yang berdetak lebih kencang dari sebelumnya. Jika anda memiliki saudara yang memiliki penyakit ini, jauhkan dia dari hal-hal yang dapat mengakibatkan timbulnya stress.

5. Hindari sayuran yang berwarna hijau dengan zat besi tinggi, seperti daun singkong, bayam, dan sayuran lain yang cirinya berwarna hijau tua. Walaupun sayuran ini sehat, tetapi tidak cocok untuk penderita hipertensi. Kandungan zat besi yang terkandung di dalam sayuran ini dapat mengakibatkan tekanan darah menjadi naik.

6. Untuk mengobati tekanan darah tinggi tidak cukup hanya dengan obat dari dokter saja. Karena obat yang diberikan oleh dokter biasanya hanya bekerja sesaat dan nantinya akan muncul lagi. Ada baiknya kita menggunakan obat atau bahan tradisional untuk mengobati menurunkan tekanan darah tinggi. Walaupun cara kerjanya tidak secepat obat kimia, tetapi dengan cara ini membuat si penderita lebih aman. Berikut bahan alami atau tradisional untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

a. Mentimun

Mentimun berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, karena kandungan seperti kalium, magnesium, dan serat yang ada dalam mentimun ini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Dari hasil penelitian dengan mengkonsumsi buah mentimun secara teratur dapat menurunkan tekanan darah sistol sebesar 5 poin dan diastol sebesar 3 poin.

b. Bawang Putih

Kandungan yang terdapat pada bawang putih dapat menurunkan tekana darah tinggi, karena bawang putih dapat sedikit mengurangi aliran darah anda tidak cepat mengalir. Walaupun ini bau, tapi dengan mengkonsumsinya tanpa makanan lain akan cepat membantu mengurangi tekanan darah anda.

c. Buah Mengkudu

Buah yang terasa pahit ini dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Anda tinggal memarudnya lalu campurkan dengan air hangat dan saring. Minumlah saringan dari buah ini dengan menutup hidung. Karena buah ini pahit dan memiliki aroma yang tidak enak. Walaupun seperti itu tetapi dari hasil penelitian buah ini efektif sebagai obat penurun darah.

d. Daun Pandan

Daun yang satu ini memiliki aroma yang sedap jika dipakai untuk menambah aroma makanan. Tetapi jika diminum perasan airnya, ternyata sangat pahit. Tetapi daun ini sudah dipercaya dari dulu dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

e. Belimbing hijau

Buah belimbing yang masih hijau bisa anda gunakan sebagai obat tradisional untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Cukup dengan memakannya mentah-mentah, anda akan mendapatkan hasil dalam beberapa waktu. Belimbing hijau ini sudah dipercaya juga oleh nenek moyang zaman dulu.

Masih banyak lagi bahan atau obat tradisional yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi, tetapi yang lebih banyak dipercaya dan telah terbukti khasiatnya adalah lima bahan alami tadi. Bahan alami tersebut mudah sekali untuk didapatkan dan bahkan banyak disekitar kita tanpa harus membelinya di pasar.

Demikian tips menurukan tekanan darah tinggi dengan bahan alami. Sebelum terkena penyakit ini kita harus hindarinya terlebih dahulu. Jangan sampai setelah kena penyakit ini susah kita obati. Semoga bermanfaat yang telah disampaikan ini. Semoga lekas sembuh yang sedang sakit. Salam.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar