Resep Membuat Masakan Ayam Paniki yang Enak, Gurih, dan Pedas

shares |

Resep Membuat Masakan Ayam Paniki yang Enak, Gurih, dan PedasSelamat pagi bunda dan sista. Hari ini masak apa buat keluarga ? Ada bahan apa di kulkas ? Wah kebetulan sekali ya bunda dan sista berkunjung ke blog ini. Di sini saya akan berbagi menu masakan yang terbuat dari ayam.

Ayam yang bunda atau sista jadikan sebagai bahan masakan bisa menggunakan dua macam ayam, bisa ayam sayur atau negeri dan ayam kampung. Kalau keluarga menyukai ayam yang empuk bunda atau sista bisa menggunakan ayam sayur, tapi kalau sukanya ayam yang agak kenyal-kenyal dan rasanya gurih enak bunda atau sista bisa menggunakan ayam kampung.
resep masak ayam paniki yang enak, gurih, dan pedas
Resep Masakan Ayam Paniki
Kali ini saya akan berbagi resep membuat masakan ayam paniki yang enak dan gurih. Siapkan bahan dan baca cara membuatnya. Silahkan bunda dan sista mencobanya.

Bahan Ayam Paniki

  • 650 Gram Ayam
  • 250 ml Santan kelapa kental
  • 250 ml Santan kelapa cair
  • 3 sendok Makan Minyak Goreng untuk menumis

Bumbu-Bumbu Ayam Paniki

  • Haluskan 5 siung bawang putih
  • Haluskan 8 butir bawang merah
  • Hasulkan 8 buah cabai merah
  • Haluskan 1 ruas jahe
  • 1 sdt garam

Cara membuat Ayam Paniki

1. Bersihkan 650 gram ayam kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian.

2. Tumis bumbu-bumbu diatas sampai keluar aroma harum kemudian masukan potongan ayam hingga berubah warna.

3. Tuangkan santan cair dan masak sampai ayamnya menjadi setengah matang.

4. Tuangkan kembali santan cair dan sesekali aduk sampai kuahnya berminyak dan santan mengental, tunggu sampai ayamnya matang.

5. Setelah matang, angkat masakan ayam paniki dan sajikan dengan nasi hangat siap disantap bersama keluarga.

Ayam paniki ini memiliki rasa yang nendang karena berbalut bumbu yang banyak ditambah santan dan cabai merah yang pedas. Masakan Ayam paniki memang memiliki ciri khas rasanya yang pedas, namun jika bunsis kurang menyukai rasa pedas, maka cabai merah bisa menggunakan jenis cabai merah tanjung. Selain rasanya yang enak, gurih, dan pedas ada pula kandungan gizi yang terkandung dari seporsi ayam paniki ini. Kandungan gizinya yaitu :
Energi: 728,9 Kkal
Protein: 46,4 gram
Lemak: 81,7 gram
Karbohidrat: 12,4 gram
Kolesterol: 128,3 mg
Nah gimana bunda, sista ? Untuk memasaknya mudah sekali bukan ? Pas banget buat keluarga di rumah. Bunda dan sista tidak usah khawatir dan takut untuk menyajikan masakan ayam paniki ini untuk keluarga karena banyak sekali gizi yang terkandung dalam masakan ini.

Wah, siap-siap nih buat masak. Belanja dulu ke pasar ya bunsis. Hehe. Sekian resep membuat masakan ayam paniki yang enak, gurih, dan pedas. Selamat mencoba ! Baca resep masakan yang lain juga ya bunsis, hanya di sini. Salam.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar