Resep Masakan Tumis Ayam Kecap Jepang Super Lezat dan Gurih

shares |

Resep Masakan Tumis Ayam Kecap Jepang Super Lezat dan GurihHallo para pecinta makanan. Khusus hari ini saya akan menyajikan resep masakan yang terbuat dari bahan asli Indonesia tetapi rasanya rasa masakan Jepang. Kok bisa ya ? Bisa dong. Karena hanya di sini resep masakan yang aneh-aneh tapi enak di lidah.

Kali ini saya akan berikan resep masakan tumis ayam kecap Jepang. Dari namanya saja sudah menggiurkan sekali bukan? Nah untuk membuatnya kamu hanya membutuhkan daging ayam sebagai bahan utama dan kecap Jepang sebagai bumbunya. Sangat mudah sekali kok untuk membuatnya. Tanpa basa basi lagi yuk kita baca apa bahan dan cara bagaimana membuat tumis ayam kecap jepang ini.
resep masakan tumis ayam kecap jepang lezat dan gurih
Tumis Ayam Kecap Jepang
Bahan Tumis Ayam Kecap jepang
  • 500 gram daging ayam yang sudah dipotong-potong
  • 200 ml kaldu ayam
  • 50 gram jamur shiitake kering
  • 50 gram kapri yang dipotong-potong
  • 2 batang daun bawang yang diiris-iris
  • 2 sdm minyak goreng
Bumbu Ayam Kecap Jepang
  • 100 gram bawang bombay yang diiris-iris
  • 2 siung bawang putih yang dicincang kasar
  • 2 sdm kecap jepang/shoyu
  • 1/4 sdt merica
  • 1/2 sdt garam
Cara membuat Tumis Ayam kecap Jepang

1. Rendamlah jamur shiitake dengan air panas sampai jamur menjadi lunak. Setelah itu, angkat dan peras untuk mengurangi airnya, kemudian iris-iris dan tiriskan.

2. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai keluar aroma harum. Lalu masukan potongan daging ayam yang sudah dicuci bersih dan aduk masak sampai daging ayam berubah warna menjadi kecoklatan.

3. Tuangkan kaldu ayam, lalu tambahkan garam dan merica secukupnya. Masaklah sampai daging ayam terasa lunak.

4. Tambahkan jamur shiitake tadi, kapri dan  masukan kecap jepang secara bersamaan. Teruskan memasak dan aduk pelan. Tambahkan daun bawang dan aduk kembali sampai merata.

5. Jika sudah matang, angkat dan sajikan selagi hangat.

Tips Penting

Jika kamu kesulitan menemukan kecap jepang di pasar, maka kamu bisa menggantinya dengan kecap asin yang ditambahkan dengan parutan jahe dan minyak wijen. Rasanya akan hampir sama.

Selain dari pada ayam, ternyata ada bahan tambahan lain dari tumis ayam kecap Jepang ini yang memiliki manfaat sangat baik untuk tubuh, yaitu jamur. Jamur memiliki kandungan asam amino yang erat kaitannya dengan cita rasa. Hal ini karena jamur bisa dimanfaatkan sebagai penyedap masakan. Sebagai contoh jamur tiram dan jamur shiitake yang mengandung asam glutamat yang memberikan rasa gurih pada masakan. Inilah sebabnya tumis ayam kecap Jepang memiliki rasa yang sangat khas dan enak.

Adapun nilai gizi dari setiap porsi tumis ayam kecap Jepang ini, yaitu :
Nilai Gizi Perporsi 
Energi: 393.1 Kkal
Protein: 34.8 g
Lemak: 26.2 g
Karbohidrat: 2.7 g
Kolesterol: 98.7 mg
Demikian resep masakan tumis ayam kecap Jepang yang super lezat dan gurih ini. Sudah mau masak itu hari ini ? Dicoba aja ya, dijamin enak. Kalau kamu pecinta masakan Jepang wajib masak ini. Selamat mencoba di rumah ya. Terima kasih.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar