Resep Masakan Ayam Panggang Spesial Untuk Liburan Keluarga

shares |

Resep Masakan Ayam Panggang Spesial Untuk Liburan KeluargaSelamat malam bunda dan sista. Besok rencana liburan sama keluarga ya di rumah. Duh pasti bingung mau masak apa besok buat suami dan anak. Eit eit eit, jangan panik. Yuk intip kuliner resep masakan di Blog ini.

Bunsis, setiap kali ada acara liburan keluarga pasti yang bunda rasakan adalah kecemasan seperti sekarang ini, karena bingung yang harus bunsis masak untuk acara tersebut apa. Jika bunsis seperti sekarang ini mencari informasi mengenai masakan duh harus hati-hati deh bun, sis, karena bunsis akan disuguhi dengan berbagai macam varian masakan enak untuk liburan keluarga. Tapi berbagai macam masakan tersebut belum tentu keluarga bunsis suka kan ?
resep masakan ayam panggang spesial untuk keluarga
Ayam Panggang Spesial
Nah kali ini saya akan berikan saran untuk membuat masakan apa yang cocok dan tentunya akan disukai oleh keluarga di acara liburan keluarga besok. Ini dia masakan Ayam Panggang Special, ini sangat cocok sekali untuk keluarga karena cara membuatnya yang gak ribet dan ditambah bahan yang mudah sekali didapatkan.

Wah, tertarik kan bun? Kalo begitu yuk intip bahan dan cara membuatnya seperti apa. Ini dia resep masakan ayam spesial untuk liburan keluarga.

Bahan Ayam Panggang Spesial
  • 1 Ekor ayam atau 750 gram daging ayam
  • 250 ml air santan
Bumbu Ayam Panggang Spesial
  • 4 Siung bawang putih
  • 4 Butir kemiri
  • 6 Butir bawang merah
  • 1 Batang serai yang dimemarkan
  • 1 Ruas lengkuas yang dimemarkan
  • 1 Lembar daun salam
  • 1 Lembar daun jeruk purut
  • 1 Sdt garam secukupnya
  • 1 Sdt ketumbar
  • 1/4 sdt Jintan
  • 1/2 sendok merica bubuk
Cara Membuat Ayam Panggang Spesial

1. Belahlah bagian dada ayam kemudian tekan agar dada ayam membuka dan melebar dan sejajar dengan bagian punggungnya. Sisihkan.

2. Haluskan bawang merah dan bawang putih, kemudian tambahkan kemiri, ketumbar, merica dan jintan. Setelah bumbu halus tumis bumbu tersebut sampai keluar aroma harum.

3. Masukan ayam yang tadi disisihkan ke dalam tumisan bumbu dan masak sampai warnanya berubah.

4. Tambahkan 250 ml air santan dan masak sampai mengetal dan daging ayam menjadi lunak.

5. Setelah itu angkat ayam dan tusuk dengan alat yang disediakan atau tusuk sate, kemudian panggang diatas bara api selama beberapa menit sampai matang dan berubah kecoklatan.

6. Angkat dan sajikan sesuai selera keluarga.
7. Untuk menambah selera bisa disajikan dengan sambal kecap dan nasi hangat, dan ayam panggang ini pas untuk 4 porsi, ayah, ibu, dan 2 anak.

Tips Penting

Untuk menambah rasa gurih, gunakan air santan yang berasal dari kelapa yang sudah tua, nantinya air santan akan lebih kental dan menambah cita rasa gurih pada ayam.

Selain rasanya yang enak gurih dan mantap, ternyata banyak sekali kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti ayam yang memiliki protein yang sangat tinggi, ditambah lagi dengan bumbu yang terdapat di dalamnya seperti bawang putih. Bawang putih memiliki sifat antibiotik yang dapat membantu membunuh virus dan bakteri yang terdapat pada usus. Dengan mengkonsumsi bawang putih mampu menurunkan kadar gula, kolestrol dan tekanan darah.
Adapun nilai gizi yang dihitung oleh pakar ahli adalah :
Nilai Gizi Perporsi 
Energi: 578.7 Kkal
Protein: 50.9 g
Lemak: 39.6 g
Karbohidrat: 1.9 g
Kolesterol: 148.1 mg
Bagaimana bunsis, sudah merasa cocokkah dengan resep masakan ayam panggang spesial tersebut ? Kalau menurut saya ini adalah resep yang sangat bagus sekali jika dihidangkan saat liburan atau kumpul bersama keluarga tercinta di rumah. Selain enak bunda dan sista juga bisa memasaknya bersama dengan keluarga di halaman rumah. Bagus bukan ? Ini sudah pernah saya coba loh di rumah.

Kalau begitu sekian resep masakan spesial untuk liburan bersama keluarga di rumah. Ada resep lain pula yang bisa bunda dan sista masak untuk di rumah. seperti Resep Masakan Ayam Suwir Saus Wijen. Dicoba aja ya bun. Terima kasih. Salam

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar