Penyebab Jari Tangan Menjadi Keriput Saat Mandi

shares |

Penyebab Jari Tangan Menjadi Keriput Saat MandiSebagian orang saat mandi atau saat terkena air sering mengeluhkan kenapa jari tangan mereka menjadi berkeriput padahal selama berada di darat jari tangan mereka biasa-biasa saja. Tidak hanya pada jari tangan saja yang mereka alami ternyata beberapa orang diantara kita mengalami kerutan di bagian telapak tangannya juga.

Tangan menjadi berkerut bukan hanya terjadi saat mandi saja, saat mencuci pakaian, perabotan rumah, mencuci motor, berenang, dan yang berkaitan dengan air atau tangan yang basah menjadi berkerut juga. Banyak yang menyebutkan penyebab dari tangan berkerut saat berada di air atau saat mandi adalah karena terjadinya pembengkakan, air merembes masuk ke dalam pori-pori jari tangan, dan lain sebagainya. Akan tetapi ada penyebab pasti kenapa jari tangan menjadi berkerut saat mandi yang sudah dilakukan oleh para peneliti. Berikut ulasannya.
penyebab jari tangan  berkerut saat mandi
Penyebab Tangan Berkerut Saat Mandi
Penelitian menyatakan bahwa mengkerutnya jari tangan disebabkan oleh konstraksi pembuluh darah sebagai reaksi terhadap air atau tanggapan yang dilakukan oleh sistem saraf simpatik tubuh. Sistem saraf ini bertanggung jawab atas respon tubuh dengan mengontrol berbagai fungsi tubuh termasuk tekanan darah dan denyut jantung. Saat kita berada dalam air pembuluh darah yang berada di tangan akan menegang karena sistem saraf simpatik mengalihkan darah ke bagian pusat tubuh. Saat ini saraf simpatik menjadi aktif dan pembuluh darah pada jari tangan pun menjadi menyempit sehingga aliran darah ke tangan tidak ada atau terbatasi dan kulit pun menjadi berkerut karena tidak ada darah di sana.

Anda tak perlu takut dan khawatir jika jari tangan anda berkerut saat terkena air, karena menurut penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli neurobiologi atau orang yang ahli dalam ilmu saraf (Mark Changizi) berteori bahwa :

Saat jari tangan anda berkerut maka akan memudahkan anda dalam menggenggam barang atau benda yang basah dan benda yang berada di dalam air, serta anda dapat berjalan di dalam kolam renang dengan mudah jika jari kaki anda pun menjadi berkerut.

Dalam pembuktian dari teori di atas dilakukan sebuah percobaan yang mencengangkan. Berikut penelitiaannya.

Ada sebuah percobaan yang dilakukan oleh seorang peneliti, yaitu peneliti meminta beberapa relawan untuk memindahkan benda yang biasa ada di air, seperti pemberat pancingan dan kelereng. Peneliti meminta yang satu memindahkan barang tersebut dengan tangan ering, dan yang satunya lagi memindahkan brang tersebut dengan tangan basah dan berkerut. Penelitian ini dilakukan dalam dua sesi dan di waktu siapakah diantara mereka yang melakukan pemindahan barang dengan cepat. Dan setelah diteliti tangan dengan kondisi basah dan berkerutlah yang dapat memindahkan barang dalam waktu yang cepat.

Itulah penyebab jari tangan menjadi berkerut saat mandi atau terkena air. Jangan takut dan khawatir akan masalah ini karena tidak ada efek apa-apa yang akan terjadi jika tangan anda berkerut. Semoga bermanfaat informasi di atas ya. Kunjungi terus IyenBlog.com untuk mendapatkan informasi terbaru dan menarik. Salam.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar