Dampak Negatif Handphone Bagi Kesehatan dan Sosial

shares |

Dampak Negatif Handphone Bagi Kesehatan dan SosialHandphone atau ponsel sudah menjadi sindrom bagi hampir semua manusia. Coba saja anda dalam satu hari tidak memegang handphone. Apa yang akan anda rasakan ? Handphone seolah-olah sudah merasuk di dalam jiwa manusia. Tanpa handphone manusia tidak bisa melakukan apa-apa, seperti untuk berkomunikasi dengan keluarga jauh, teman, dan bisnis.

Handphone merupakan alat canggih yang dapat menyatukan semua orang di dunia lewat percakapan suara dan tulisan (SMS) melalui jaringannya. Manfaat handphone sudah banyak kita ketahui selain dari telepon dan SMS. Handphone saat ini digunakan sebagai media untuk mengakses internet dan diadikan sebagai media untuk berbisnis. Meskipun handphone memiliki banyak manfaat, tetapi tidak sedikit pula handphone memiliki dampak negatif. Dampak negatif yang dirasakan adalah bagi kesehatan dan sosial. Dampak negatif handphone bagi sosial antara lain :

1. Ketagihan

Setelah orang memegang atau memiliki handphone atau HP, orang tersebut tidak bisa terpisahkan dari itu, ibaratkan seperti makanan. Tanpa makan orang tidak bisa melakukan aktivitas karena lapar. Begitu juga dengan HP. Ketika dia sedang berada jauh dari keluarga hanya HP lah yang bisa digunakan untuk berkomunikasi, dan yang terjadi adalah ketagihan. Tanpa membawa HP atau memilikinya orang tersebut tidak bisa melakukan apa-apa.
dampak negatif dan buruk sosial dari handphone
Dampak Negatif Sosial dari Handphone
2. Akses Situs Negatif

Setelah aplikasi internet ada di dalam HP, maka orang akan mencari informasi dengan mudah, apalagi mencari situs-situs yang tidak jelas. Mereka tidak perlu menggunakan komputer atau laptop dan pergi ke warnet untuk mendapatkannya, cukup dengan HP saja. Dimana pun dan kapan pun mereka bisa mengakses situs tersebut.

3. Mengganggu Konsentrasi

Handphone dapat mengganggu konsentrasi seseorang yang sedang melakukan aktivitas, seperti seorang pelajar yang seharusnya belaar untuk besok ujian. Tetapi karena dia senang akan handphone dan ada teman atau pacarnya yang sms, belajarnya malah ditinggalkan. Mengganggu konsentrasi ini adalah dampak dari ketagihan handphone.

4. Mengurangi Jiwa Sosial

Saat kumpul dengan teman masih saja handphone ini tidak bisa dipisahkan dari genggaman tangan. Saat ngobrol tangan kita sibuk untuk balas BBM dari teman yang lain atau sibuk dengan membalas SMS. Padahal buat apa bertemu jika masih bisa ngobrol lewat handphone. Dampak yang timbul adalah bertemu hanya sebatas bertemu saja tanpa adanya percakapan panjang dan itu akan mengurangi jiwa sosial seseorang.

5. Meracuni Anak

Saat ini anak kecil sudah biasa bermain handphone karena ada game di dalamnya. Lihat saja di kota-kota metropolitan, anak kecil  usia 3 tahun sampai remaja tidak ada yang bermain dengan temannya di luar rumah seperti zaman dahulu. Dulu permainan anak kecil banyak dilakukan untuk meningkatkan daya aktif anak yang tinggi, seperti permainan galah asin, gatrik, main sembunyi, dan lain sebagainya. Tapi berbeda dengan keadaan saat ini, mereka lebih senang dengan bermain sendiri lewat handphone. Dampak yang terjadi pada anak adalah kurangnya sosialisasi dengan anak yang lain, individualistik, dan masih banyak lagi.

Selain dampak negatif sosial dari handphone ada dampak negatif pula bagi kesehatan manusia, terutama dampak yang ditimbulkan oleh radiasi handphone yang tidak bisa dilepaskan dari genggaman dan saku. Berikut dampak negatif handphone bagi kesehatan.

1. Sakit Kepala

Bagi anda yang memiliki kebiasaan menyimpan HP dekat kepala saat tidur harus anda ubah, karena handphone ini dapat memancarkan radiasi negatif pada tubuh sehingga dapat menyebabkan kepala anda sakit, bahkan di sebagian orang menyebabkan pusing saat bangun tidur disertai mual dan muntah. Kebiasaan ini harus anda ubah. Biasakan handhone yang anda miliki disimpan di meja saja jauh dari tempat tidur anda.
dampak negatif dan burukdari  handphone bagi kesehatan
2. Insomnia

Selain dari sakit kepala yang disebabkan oleh radiasi ponsel,
radiasi ini dapat menyebabkan orang menjadi tidak bisa tidur. Jika sudah merasakan susah untuk tidur maka orang tersebut akan memainkan handphonenya lagi dan menambah sulitnya untuk tidur (insomnia).

3. Metabolisme Tubuh Terganggu

Jika sudah merasakan sulitnya untuk tidur maka dampak lain dari handphone ini adalah terganggunya metabolisme tubuh. Saat tidur metabolisme di dalam tubuh akan terjadi sehingga pertumbuhan dan perbaikan jaringan yang rusak menjadi membaik. Proses metabolisme tubuh ini dibantu dengan tidur yang nyenyak dan enak. Jika tidur tidak nyenyak apalagi sulit untuk tidur, maka proses metabolisme tubuh kita tidak akan terjadi, akibatnya kita akan merasa kelelahan dan kondisi badan menadi sakit.

4. Menyebabkan Kebakaran

Kejadian baru-baru ini ponsel atau handphone menyebabkan orang menjadi terbakar. Kok bisa ? Ini terjadi saat seorang wanita muda yang sedang tiduran mendengarkan lagu lewat earphone sambil mencharg HPnya. Tiba-tiba listrik korslet dan chargernya terbakar. Otomatis HPnya pun ikut terbakar karena ada jaringan kabel yang terhubung, ditambah lagi dengan kabel earphone yang dipasang di telinganya. Wanita muda tersebut telinga dan waahnya menjadi terbakar.

5. Kanker dan Tumor

Radiasi handpone ini dapat menyebabkan kanker dan tumor. Hal ini disebabkan karena radiasi yang dipancarkan dari handphone dapat mempengaruhi pembelahan sel di dalam tubuh tidak terkendali. Akibatnya kanker dan tmor dapat terjadi pada mereka yang sering meletakan HP di dekatnya saat tidur.

6. Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit otak yang ditandai dengan mengkerut dan mengecilnya otak. Alzheimer memang disebabkan karena pertambahan usia dan semua orang bisa terkena, tetapi dengan adanya radiasi handphone dapat memperparah penyakit ini datang. Banyak yang masih berusia muda sudah merasakan penyakit ini.

7. Serangan Jantung

Walaupun serangan jantung ini bukan disebabkan karena radiasi, tetapi serangan jantung dapat terjadi ketika orang yang memiliki riwayat penyakit ini meletakkan hanphonenya dekat kepala saat tidur dan tiba-tiba HPnya berdering keras. Orang dengan penyakit ini bisa tiba-tiba mati mendadak.

Demikian beberapa dampak negatif handphone bagi kesehatan dan sosial. Gunakanlah handphone yang anda miliki sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai saat tidur pun anda menyimpannya terlalu dekat, dan saat anga hangout dengan teman anda malah asyik sendiri dengan handphone anda. Terus jaga kesehatan anda dari radiasi handphone dan berkomunikasi yang baiklah dengan orang di sekitar. Semoga bermanfaat artkel yang telah saya sampaikan tadi. Baca terus info menarik dan berbagai tips terbaru di IyenBlog.com. Terima kasih. Salam.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar