Anoreksia Penyakit Berbahaya Akibat Diet Ketat

shares |

Anoreksia Penyakit Berbahaya Akibat Diet KetatSetiap wanita pasti menginginkan bentuk tubuh yang langsing dan ideal. Sering kali banyak anggapan bahwa tubuh yang kurus merupakan tubuh yang ideal dan dikatakan langsing, sehingga banyak sekali diantara mereka yang melakukan diet sampai diet yang ketat. Usaha diet ini dilakukan semata-mata untuk menurunkan berat badan yang berlebih.

Diet memang baik dilakukan oleh orang yang memiliki berat badan di atas normal supaya berat badan menjadi normal dan ideal serta terhindar dari obesitas. Akan tetapi ada dampak buruk juga dari diet ini jika diet yang dilakukan tidak sehat dan tidak sesuai dengan aturan. Biasanya diet yang terlalu ketat menyebabkan penyakit yang sangat serius. Berbagai macam penyakit berbahaya dan mematikan bisa mengancam akibat diet ini. Salah satu nama penyakit berbahaya akibat diet adalah Anoreksia.

Anoreksia merupakan penyakit psikologis dimana fikiran seseorang ingin terus membuat badannya menjadi kurus. Dia melakukan berbagai macam cara supaya badan yang gemuk berubah menjadi langsing. Dia membiarkan tubuhnya merasa kelaparan karena ingin cepat kurus. Padahal diet yang sehat bukanlah dengan cara seperti itu.
penyakit berbahaya dan mematikan anoreksia akibat diet ketat
Penyakit Berbahaya dan Mematikan Anoreksia Akibat Diet Ketat
Penyakit anoreksia biasa terjadi pada usia remaja, karena pada usia ini orang ingin tampil lebih sempurna dengan kondisi badan yang langsing, tetapi alhasil bukan tubuh langsing yang didapat tetapi tubuh kurus cempreng hanya terlihat tulang dibalut dengan kulit saja. Yang paling berbahaya adalah ketika mereka berfikiran badan mereka selalu gemuk padahal pada kenyataannya badan mereka semakin kurus.

Hati-hati bagi anda yang memiliki gejala berikut ini. Mungkin saja anda sudah terkena penyakit anoreksia. Beberapa gejala anoreksia yang harus anda waspadai adalah :

  • Selalu menghindari makanan berporsi lebih atau normal
  • Tidak mau makan di depan banyak orang karena merasa malu
  • Melakukan olahraga terlalu ketat
  • Sering menahan lapar
  • Selalu merasa gelisah dengan berat badan walaupun berat badan sudah berada pada kondisi normal atau ideal
  • Terlihat lesu dan lemah
  • Nafas pendek
  • Menstruasi tidak normal bahkan 3 bulan selum mengalami menstruasi

Akibat dari anoreksia adalah badan menjadi kurus cempreng dan sulit bahkan tidak bisa dikembalikan pada kondisi semula. Gangguan permanen pada perkembangan dan pertumbuhan badan. Pertumbuhan tulang terganggu sampai mengakibatkan osteoporosis. Dan masih banyak lagi akibat yang ditimbulkan oleh penyakit anoreksia.

Ada kisah seorang wanita penderita anoreksia yang sangat menghawatirkan, padahal dulunya dia memiliki badan yang normal. Tetapi karena dia merasa dirinya gemuk, dia pun melakukan diet ketat sehingga fikirannya terganggu dan mengalami anoreksia. Dia adalah Valeria Levitina.
Valeria Levitina penderita anoreksia
Valeria Levitina
Valeria Levitina mengalami anoreksia selama 25 tahun. Sekarang berat badan yang dia miliki hanyalah sekitar 28 kg saja. Padahal dia memiliki tinggi badan 170 yang seharusnya memiliki berat badan ideal 65 kg. Dia mengatakan sejak kecil dia dituntut untuk berdiet karena ibunya tidak mau Valeria mengalami kegemukan seperti kerabatnya yang lain. Saat dia berusia kanak-kanak dia sudah diharuskan untuk berdiet, sampai setiap waktu ibunya selalu menimbang berat badan Valeria. Saat usia dewasa dia sadar bahwa badannya sudah terlalu kurus. Dia merasa kesulitan untuk melakukan aktivitas karena kondisi badannya yang lemah dan dia merasa malu jika bertemu dengan teman-temannya.
kondisi Valeria Levitina dulu dan saat ini
Valeria Levitina Dulu dan Sekarang
Di berbagai media dia menceritakan kejadian mulai dari dia melakukan diet ketat ini sampai saat ini. Dia tidak ingin wanita lain mengalami hal yang sama seperti dirinya. Dia mengatakan boleh saja melakukan diet asal dilakukan dengan cara yang sehat dan dengan aturan yang baik.

Selain kisah Valeria masih banyak lagi kisah lain yang mengalami hal yang sama. Jangan sampai penyakit ini terjadi kepada kita. Jika anda ingin melakukan diet, maka lakukanlah dengan benar. Baca panduan diet sehat DISINI.

Sangat menakutkan sekali penyakit anoreksia ini. Jika anda sekarang sudah ada niat ingin melakukan diet ketat, maka pelajari terlebih dahulu bagaimana cara diet tersebut supaya terhindar dari penyakit anoreksia. Jika sudah melekat dalam fikiran anda, maka akan sangat sulit sekali untuk menghindarinya. Semoga bermanfaat informasi tentang anoreksia ini dan kunjungi terus IyenBlog.com untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru lainnya. Salam.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar