8 Tips Mudah Alami Hilangkan Komedo di Wajah dan Hidung

shares |

8 Tips Mudah Alami Hilangkan Komedo di Wajah dan HidungPenampilan kita sudah oke, tapi di wajah masih saja kusam karena di pori-pori kulit banyak menempel komedo yang sangat sulit sekali dihilangkan. Banyak orang mengatakan untuk menghilangkan komedo mesti pergi ke klinik kecantikan, tapi buat kita-kita yang gak ada waktu buat ke sana ditambah biaya yang cukup mahal, wah kayaknya enggak deh.

Tahukah kamu ? Komedo itu bukanlah bawaan dari sana, tetapi merupakan penyumbatan oleh sel kulit mati dan kelenjar minyak di pori-pori kulit. Biasanya komedo ini muncul di daerah wajah seperti hidung, pipi, dan dagu. Penyebab timbulnya komedo disebabkan adanya sel kulit mati dan kelenjar minyak yang diproduksi oleh tubuh secara berlebih dan jika tidak rutin membersihkannya maka sel kulit mati dan kelenjar minyak akan menumpuk di kulit sehingga terlihat seperti benjolan kecil yang sangat mengganggu.
tips atau cara menghilangkan komedo dengan mudah dan alami
Tips Menghilangkan Komedo
Selain disebabkan oleh sel kulit mati dan kelenjar minyak yang menumpuk di pori-pori kulit, komedo ini juga disebabkan oleh kotoran debu yang menempel setelah kita beraktivitas, seperti bermotoran di jalan dan wajah kita terkena asap kendaraan di tambah debu dari jalan raya sehingga asap dan debu pun masuk ke dalam pori-pori yang terbuka. Jika setelah bermotoran kita tidak membersihkan wajah kita maka komedo akan muncul dan bisa jadi jerawat yang akan timbul.

Ada dua jenis komedo yang dialami oleh manusia, yaitu :

1. Komedo Hitam atau Blackhead Blackhead, merupakan komedo berwarna hitam karena pori-pori yang terbuka teroksidasi oleh udara kemudian menjadi berwarna hitam kusam. Komedo jenis ini sangat sulit sekali untuk dihilangkan karena menempel begitu lekat, dan merupakan jenis komedo yang sangat dibenci oleh semua orang.

2. komedo Putih atau Whitehead Whitehead, merupakan komedo berwarna putih atau kuning karena saat pori-pori terbuka minyak dan bakteri menempel dan masuk ke dalamnya sampai menjadi keras. Walaupun sdikit mudah untuk menghilangkannya tetapi jenis komedo ini setiap harinya selalu ada saja apalagi setelah kita melakukan aktivitas di luar ruangan.

Kebanyakan orang menganggap untuk menghilangkan komedo sangatlah sulit sekali dan diantara mereka banyak yang membiarkannya saja tanpa membersihkan dan menghilangkannya. Hal itu salah. Komedo haruslah dibersihkan dan dihilangkan karena bisa jadi komedo yang terus mengendap di pori-pori kulit akan mengakibatkan hal yang lebih buruk dari itu.

Ada beberapa cara terbaik dan mudah yang bisa dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan komedo, mudah saja yaitu kita hanya menggunakan bahan alami yang ada disekitar kita dan melakukannya dengan cara yang sangat mudah. Bagi para pecinta penampilan tentulah cara mudah alami ini yang banyak dicari, apalagi untuk bagian wajah. Oleh karena itu di sini saya akan berikan informasi tips atau cara menghilangkan komedo di wajah dan hidung secara mudah dan alami, berikut penjelasannya.

1. Gunakan Foam

Setelah melakukan aktivitas cucilah wajah kita dengan menggunakan foam atau sabun yang memiliki pH yang sesuai dengan pH kulit. Dengan menggunakan foam atau sabun ini wajah kita akan bersih dari kotoran apalagi jika ditambah dengan pembersihan secara detail pori-porinya, sehingga komedo pun akan hilang. Lakukan pencucian wajah secara rutin yaitu 5 kali dalam sehari.

2. Kurangi Makanan Berkolestrol

Supaya kulit tidak banyak memproduksi minyak berlebih maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengurangi makanan yang berkolestrol atau berminyak. Kulit akan memproduksi minyak berlebih jika asupan makanan kita banyak mengandung lemaknya. Lebih baik kita mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan sebagai cemilan supaya kulit kita pun menjadi sehat dan frekuensi adanya komedo sedikit sekali.

3. Kosmetik atau Make Up

Jangan menggunakan kosmetik atau make up yang terlalu tebal karena bahan tersebut akan menempel di pori-pori. Gunakan tipis saja untuk mempercantik diri. Jika kita dituntut untu memakai make up tebal maka kita tidak boleh berlama-lama menggunakannya. Setelah 5 sampai 8 jam basuhlah wajah kita sampai bersih supaya tidak terjadi penumpukan di dalam pori-pori.

4. Lemon atau Jeruk

Gunakan bahan alami dari jenis buah yaitu lemon atau jeruk untuk menghilangkan komedo, baik itu untuk komedo hitam maupun komedo putih. Lemon atau jeruk mengandung bahan alami vitamin C yang dapat menghancurkan kotoran di dalam pori-pori apalagi bakteri yang mengeras di dalamnya. Selain itu lemon atau jeruk ini dapat membantu mengecilkan pori-pori yang berukuran besar.

Cara menggunakannya yaitu dengan membersihkan wajah secara merata mulai dari hidung, pipi, dan dagu sampai bersih. Gunakan air hangat supaya kotoran mudah terangkat. Setelah itu, potong lemon atau jeruk menjadi beberapa bagian dan gosokkan atau oleskanlah pada permukaan kulit wajah. Biasanya komedo banyak sekali menempel di area hidung, karena itu oleskan secara rata di daerah tersebut. Gosok kurang lebih selama 5 menit dan setelah itu bersihkan dengan air dingin supaya wajah menjadi segar. Lakukan secara rutin 2 hari sekali dan lihat perbedaannya. Komedo menjadi hilang dengan sempurna.

Hal yang perlu diingat sebelum kamu melakukannya adalah saat mengoleskan potongan lemon atau jeruk maka kulitmu akan merasakan perih. Saat ini kandungan yang ada di dalam lemon atau jeruk sedang bereaksi. Jika tidak tahan cepat bilas dengan air.

5. Lidah Buaya

Selain kegunaannya untuk rambut, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan komedo. Kamu juga sudah pasti tahu kandungan apa saja yang terkandung di dalamnya sehingga sangat efektif sekali untuk menghilangkan kotoran di pori-pori wajah dan hidung ini.
bahan alami lidah buaya untuk hilangkan komedo
Lidah Buaya Untuk Hilangkan Komedo
Untuk menghilangkan komedo dengan lidah buaya sangatlah mudah, caranya dengan memotong lidah buaya menjadi beberapa bagian, lalu ambil lendirnya dan gosokkan pada seluruh area wajah tanpa terkecuali. Walaupun komedo banyaknya muncul di daerah hidung tetapi di daerah yang lain juga ada sedikit yang jarang kita lihat. Setelah digosokkan atau dioleskan diamkan sampai 10 menit dan bersihkan dengan air dingin. Lakukan juga dengan rutin.

6. Madu Asli

Madu juga memiliki khasiat yang sama seperti lemon dan lidah buaya yaitu untuk menghilangkan komedo. Dari penelitian yang dilakukan memang benar madu ini memiliki khasiat yang sangat banyak, seperti untuk kecerdasan, membuat badan menjadi sehat bugar, dan lain sebagainya. Akan tetapi hal yang harus diperhatikan adalah penggunaan madunya. Jangan kita gunakan madu yang dijual dipasaran dalam kemasan karena biasanya madu yang dijual tersebut memiliki bahan tambahan lain dan ditambah zat kimia. Gunakanlah madu asli yang biasanya diambil langsung dari sarangnya.

Cara menggunakan madu untuk menghilangkan komedo yaitu dengan menghangatkan madu terlebih dahulu tetapi jangan sampai mendidih. Setelah itu oleskan pada kulit wajah secara merata dan diamkan beberapa menit saja. Bilas wajah sampai bersih. Mudah bukan ?

7. Putih Telur

Gunakan putih telur untuk menghilangkan komedo di wajah dan hidung. Caranya hanya dengan mengoleskan putih telur di area wajah dan hidung sampai putih telur menjadi kering. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat. Dan jika sudah bersihkan komedo dengan menggunakan pemijatan tangan. Komedo akan mudah di bersihkan dari wajah.

8. Uap Air Panas

Banyak orang untuk menghilangkan komedo dengan menggunakan air panas. Mereka mengusapkan airnya pada daerah wajah. Akan tetapi jika dilakukan secara terus menerus takutnya wajah menjadi terbakar karena panas dari air. Alangkah baiknya gunakan uap airnya saja. Hal ini juga efektif untuk menghilangkan komedo.

Caranya air yang masih panas atau hangat dihadapkan di wajah kita. Rasakan uapan air tersebut sampai ke dalam pori-pori. Kemudian pijatlah wajah dan bersihkan komedo dari pori-pori. Setelah itu cuci wajahmu dengan air.

Bagaimana, mudah bukan cara menghilangkannya? Hanya dengan cara mudah dan menggunakan bahan alami kamu bisa menghilangkan komedo di wajah dan hidung dengan sempurna. Untuk mendapatkan hasih yang memuaskan lakukan cara tersebut secara teratur. Dan lihatlah perbedaannya.

Semoga bermanfaat ya informasi 8 tips menghilangkan komedo di wajah dan hidung secara mudah dan alami ini. Ikuti terus blog ini supa kamu mendapatkan tips lainnya. Baca juga artikel Tips Mengecilkan Pori-Pori, insyaallah bermanfaat juga. Terima kasih. Salam.

Related Posts

1 komentar

  1. Wah bagus sekali informasinya untuk saya, terimakasih.
    Jika komedo pada wajah sudah hilang, tapi masih berminyak, ini ne cara menghilangkan
    http://timenewsatu.blogspot.co.id/2015/09/ini-cara-cepat-menghilngkan-minyak-wajah.html

    BalasHapus