7 Tips Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami dan Mudah

shares |

7 Tips Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami dan MudahPori-pori besar menjadi salah satu masalah yang di alami oleh semua orang, baik itu oleh kaum hawa maupun kaum pria karena pori-pori yang berukuran besar akan lebih mudah terserang yang namanya jerawat. Selain terserang jerawat yang dapat ditimbulkan oleh pori-pori besar adalah timbulnya komedo putih dan komedo hitam dan itu sangat mengganggu penampilan terutama di area wajah.

Pori-pori memiliki fungsi untuk mengeluarkan zat-zat sisa dari dalam tubuh oleh kelenjar keringat berupa keringat. Tanpa adanya pori-pori keringat tidak bisa keluar, karena itu kita jangan sampai merasa tidak mau di kulit kita tidak ada pori-pori tapi kalau ukurannya terlalu besar ya itu sangat mengganggu penampilan kita bukan?
penyebab pori-pori besar pada wajah
Pori-Pori Besar pada Wajah
Ada beberapa penyebab timbulnya pori-pori besar pada wajah, yaitu berikut penjelasannya.

1. Gen atau Substansi

Faktor genetik tidak bisa dihilangkan dari semua makhluk. Kalau ayah atau ibu kamu memiliki pori-pori besar kamu pun akan memiliki pori-pori yang besar juga. Walaupun ada yang tidak sama dengan garis keturunan tetapi hanya sedikit kemungkinanannya.

2. Kebersihan Wajah

Salah satu penyebab timbulnya pori-pori besar adalah kurangnya dalam membersihkan kulit wajah. Pori-pori bisa menjadi besar jika di lengkuk pori-pori ada debu yang menempel. Jika debu tersebut ada dalam pori-pori maka akan timbul komedo.

3. Minyak yang Berlebih

Produksi kelenjar minyak dapat memicu timbulnya pori-pori besar. Minyak pada kulit berfungsi untuk melembabkan kulit terutama pada wajah, tetapi jika produksi minyaknya berlebih maka pori-pori akan menjadi besar. Hal ini berkaitan dengan asupan makanan yang dikonsumsi terutama makanan berminyak seperti gorengan.

4. Sinar Ultra Violet atau Sinar Matahari

Sinar UV matahari dapat membuat pori-pori menjadi besar karena ketika kulit kita terkena sinar maka pori-pori akan terbuka untuk mengeluarkan zat sisa dalam tubuh karena panas. Hal ini supaya dalam proses pengeluaran zat sisa tubuh dapat dengan cepat keluar.

5. Make Up Tidak Cocok

Jika kamu memakai make up yang tidak sesuai dengan jenis kulitmu maka salah satu yang akan terjadi adalah pori-pori kulitmu akan menjadi besar. Make up seperti bedak dapat membuat pori terbuka supaya bedak bisa menempel pada kulit, jika tidak cocok maka setelah terkena paparan sinar matahari pori-pori akan membesar untuk mengeluarkan bedak tersebut. Ada juga bedak yang tidak bisa dikeluarkan oleh pori-pori dan tetap menempel padanya akibatnya akan timbul jerawat.

Itulah beberapa penyebab timbulnya pori-pori besar pada wajah. Setelah kita mengetahui penyebab pori-pori menjadi besar sudah pasti yang paling ingin kita ketahui adalah bagaimana cara mengecilkan pori-pori besar tersebut. Saya akan berikan tips mengecilkan pori-pori wajah secara alami dan mudah. Berikut penjelasannya.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengecilkan pori-pori besar pada wajah kita, yaitu kita bisa melakukannya dengan menggunakan bahan alami atau obat dari dokter kecantikan yang terpercaya. Tapi yang terpenting adalah kita bisa melakukannya di rumah dengan santai dan tanpa ribet.

1. Basuh wajah minimal 3x dalam sehari untuk membersihkan debu yang menempel setelah seharian beraktivitas. Debu menempel pada kulit dengan masuk ke dalam pori-pori. Jika tidak segera dibasuh atau dibersihkan dengan air maka debu akan mengendap dan akan timbul jerawat. Kamu bisa membasuh wajah dengan menggunakan foam supaya debu bisa terangkat dengan mudah.

2. Pilihlah make up yang cocok dengan kulit wajah supaya tidak terjadi pori-pori besar. Sebelum pakai bedak gunakan foundation terlebih dahulu supaya bedak bisa menempel dengan sempurna, tetapi dalam penggunaan bedak haruslah diperhatikan waktu penggunaannya. Jangan lebih dari 8 jam jika kamu menggunakan bedak. Walaupun bedak dapat menutup pori-porimu, tetapi jika digunakan terlalu lama akan merusak kulitmu. Setelah 8 jam basuh wajahmu dengan air dan foam, setelah itu kamu bisa menggunakan bedak lagi.

3. Gunakan Es Batu. Es batu bisa kamu jadikan sebagai bahan mengecilkan pori-pori besar. Setiap pagi dan malam tempelkanlah es batu pada bagian wajah yang berpori besar, diamkan sampai wajahmu terasa beku. Lakukan secara berulang-ulang. Setelah itu kamu bisa menggunakan krim pengecil pori jika diperlukan.
tips mengecilkan pori-pori pada wajah secara alami dan mudah
Tips Mengecilkan Pori-Pori Wajah
4. Gunakan Bahan Alami Jeruk. Selain bermanfaat untuk menghilangkan jerawat jeruk ini juga bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori. Kandunagn vitamin C dan antioksidan yang tinggi dapat merangsang pori mengecil. Kamu bisa menggunakan jenis jeruk apa saja tapi yang paling baik adalah jeruk nipis atau lemon yang memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang lebih tinggi dari jenisa jeruk yang lainnya. Caranya adalah dengan membelah jeruk menjadi dua bagian atau beberapa bagian, lalu oleskan pada pori-pori. Lakukan selama 10 menit dan rasakan sampai airnya terasa agak perih di kulit. Rasa perih tandanya air jeruk sedang bereaksi. Setelah selesai basuhlah wajah dengan air dingin.

5. Gunakan Masker Tomat. Tomat diperkaya dengan kandungan vitamin C seperti jeruk dan titambah dengan vitamin E yang baik untuk kulit. Tomat bisa kamu gunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah dengan membuatnya menjadi bubur tomat utuk dimaskerkan. Caranya dengan memblender tomat sampai menjadi bubur lalu maskerkan pada wajah. Lakukan pemaskeran di malam hari saat anda sedang bersantai. Diamkan kurang lebih 10 sampai 15 menit dan bilas dengar air bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap seminggu 4x.

6. Mentimun. Selain dari buah tomat kamu bisa mengecilkan pori dengan menggunakan buah mentimun. Caranya sangat mudah yaitu hanya dengan mengoleskan buah mentimun yang sudah dibelah menjadi beberapa bulatan kurang lebih tebalnya 1 cm. Oleskan sampai rata. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air dingin supaya wajah terasa segar. Selain dioleskan kamu juga bisa menempelkannya saja di wajah tapi mentimun yang dipotong haruslah memiliki ketebalan yang tipis. Diamkan selama 15 menit, setelah itu angkat dan bilas juga dengan air segar.

7. Hindari makanan berminyak. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa salah satu penyebab timbulnya pori-pori besar adalah produksi minyak berlebih yang disebabkan oleh asupan makanan. Makanan gorengan dapat menyebabkan produksi kelenjar minyak menjadi banyak sehingga pori-pori menjadi membesar, karena itu jika tidak mau pori-porimu besar hindari makanan tersebut.

Sangat mudah bukan tips yang saya berikan ? Kamu bisa melakukannya di rumah tanpa harus pergi ke dokter kulit. Hanya dengan menggunakan bahan alami yang ada di sekitar pori-pori kamu bisa kecil. Tapi yang terpenting adalah selalu jaga kebersihan kulit dan rawatlah kulit dengan baik, jangan pernah gunakan bahan kimia berbahaya seperti pemutih dan lain sebagainya karena akan merusak kulitmu. Jaga juga asupan makanan supaya kulitmu tetap sehat dan pori-porimu bisa tetap berukuran kecil.

Demikian tips mengecilkan pori-pori wajah secara alami dan mudah. Semoga bermanfaat ya guys. Lakukan cara ini di rumah saat kamu sedang bersantai. Buat kamu yang wajahnya banyak banget bekas jerawat baca juga artikel Tips Menghilangkan Bekas Jerawat. Salam.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar