5 Budaya Unik Tak Lazim Yang ada di Indonesia

shares |

5 Budaya Unik Tak Lazim Yang ada di Indonesia. Indonesia sebagai negara kepulauan yang terdiri dari beragam suku dan budaya tentunya memiliki keunikan tersendiri dari masing-masing suku budaya. Mungkin kita tidak tahu akan hal itu, jangankan mengetahui suku budaya lainnya, adat istiadat dan budaya suku sendiri saja terkadang kita tidak tahu dan malah terlupakan, hal ini tak lepas dari peran kemajuan jaman yang tidak bisa kita hindari.

Nah, kali ini saya akan memberikan informasi mengenai 5 budaya unik tak lazim yang ada di Indonesia. Anda pasti tidak akan menyangka akan kegiatan unik dan mistis ini, ternyata ada suku lain di Indonesia yang memiliki ritual yang unik sekaligus sebagai kekayaan budaya Indonesia yang patut di jaga dan dilestarikan. Nah, berikut daftar lengkapnya.

1. Ma'Nene - Toraja

Siapa sangka di Tana Toraja terdapat kegiatan unik yang merupakan bagian berharga dari budaya tanah air, adalah menghidupkan kembali orang yang sudah meninggal untuk melakukan pembersihan mayat.
ritual Ma Nene Toraja
Gambar: DailyMail.co.uk
Bahkan situs terkemuka DailyMail.co.uk pernah membahas akan hal ini dan menyebutnya sebagai ritual zombie atau menghidupkan mayat. Seperti diketahui, Orang yang sudah mati dan dikubur kemudian akan dibongkar dan akan berjalan dengan sendirinya.

2. Ikipalin - Wamena

Siapa sangka di Wamena, Papua sana terdapat ritual budaya yang cukup miris bagi kita sebagai orang awam. Ritual yang disebut Ikipalin adalah memotong jari tangan jika ada salah satu kerabat yang meninggal dunia.
ritual ikipalin wamena papua
Ritual Ikipalin
Hal ini untuk menunjukkan rasa sedih yang amat dalam atas orang yang sudah meninggalkannya. Maka jangan heran kalau ada kerabatnya yang meninggal, kerabat yang lain tidak ada yang menangis karena sudah melakukan Ikipalin.

3. Debus - Banten
debus banten
Debus
Siapapun pasti tahu dengan debus, Debus adalah sebuah aktraksi kekebalan yang berasal dari Banten. Debus ini merupakan bagian aktraksi dari Pencak Silat, dimana seseorang akan melakukan aktraksi kekebalan, tahan terhadap golok, pisau dan sejenisnya, bahkan tahan terhadap senjata api sekalipun. Biasanya sebelum melakukan debus ada ritual tertentu yang harus dilaksanakan.

4. Tonkat Madura dan Goyang Madura
tongkat ajaib madura
Tongkat Madura
Di Madura terdapat tongkat ajaib yang dikenal dengan Tongkat Madura. Atau anda mungkin megenal dengan Goyang Madura. Ini adalah sebuah tradisi yang dilakukan oleh wanita madura yang bertujuan meningkatkan kehebatan wanita dalam hal "S*KSU*L" serta mengenpalkan "V*ag**a" yang sudah kendur dan dapat menjadikannya harum.

5. Beras Kuning - Kalimantan
ritual tabur beras
Ritual Tabur Beras Kuning, Kalimantan
Suku Dayak Manyaan di Kalimantan memiliki tradisi yang diberi nama beras kuning atau menabur beras kuning. Ritual ini bertujuan untuk memanggil para roh leluhur agar memberikan kekuatan pada suku dayak manyaan. Bahkan diberitakan beras kuning yang ditebar memiliki daya mists yang sangat tinggi.

Nah, demikian 5 Budaya unik tak lazim yang ada di Indonesia, Sebenarnya Indonesia memiliki banyak ritual budaya dari masing-masing suku yang tidak bisa kami uraikan satu-persatu, diketahui di Indonesia terdapat ratusan bahkan ribuan suku serta bahasa, Yuk, Mulai sekarang kita lestarikan adat dan budaya kita sendiri. angan sampai perkembangan zaman turut mengkikis nilai-nilai budaya kita. Semoga bermanfaat.

Related Posts

1 komentar

  1. Seungguh kaya dan beraneka ragam budaya/ tradisi bangsa kita ini. seandainya keanekaragaman budaya dan tradisi bangsa ini dapat diabnggakan dan membanggakan, harkat dan martabat bangsa ini akan terjunjung. salam by admin Villa di Puncak

    BalasHapus