100 Lomba Populer dan Unik 17 Agutusan

shares |

100 Lomba Populer dan Unik 17 Agutusan.Wow, tinggal nunggu beberapa hari lagi hari kemerdekaan NKRI. Pasti di daerah kalian akan mengadakan pertandingan berupa lomba kan ? Ya setiap kali agustusan pasti akan banyak sekali kemeriahan dan keseruan yang diciptakan. Ini sudah menjadi turun-menurun dari sejak dulu. Kemeriahan dan keseruan yang diciptakan ini berupa lomba-lomba yang diselenggarakan oleh karang taruna atau ketua daerah di masing-masih tempat.

Ada banyak sekali lomba-lomba yang biasa diselenggarakan di hari kemerdekaan Negara Republik Indonesia ini dan ini sudah menjadi ciri khas dari agustusan, berikut nama-nama lomba yang populer dan unik di HUT 17 Agustus.

1. Panjat Pinang
lomba 17 agustusan panjat pinang
Serunya Panjat Pinang, 17 Agustusan
Sebetulnya lomba panjat pinang ini bukan sembarangan lomba untuk mengambil hadiah yang dikaitkan di atas pohon pinang atau bambu, tetapi ini adalah lomba yang mendidik untuk mengingatkan kita akan perjuangan pahlawan ketika menurunkan bendera musuh yaitu Belanda yang diganti dengan sang Merah Putih, bendera Indonesia. Dengan diolesi oli atau minyak di pohon pinang atau bambunya untuk menyusahkan para peserta lomba dalam mengambil hadiah ini sama halnya dengan para pahlawan dulu yang berusaha menurunkan bendera musuh dan mengibarkan bendera Merah Putih.

2. Lomba Makan Kerupuk
loma makan krupuk 17 agustusan
Lomba Makan Krupuk 17 Agustusan
Lomba kerupuk ini dilakukan dengan menggantungkan kerupuk dengan tali rapia sejajar atau di atas kepala kita. Dengan mengikat tangan kita dibelakang supaya kita tidak boleh memegangnya. Kita hanya bisa menggunakan mulut saja untuk menarik dan kemudian memakan kerupuk sedikit demi sedikit sampai habis. Orang yang pertama kali menghabiskan kerupuk barulah dia jadi pemenangnya.
Saat ini lomba makan kerupuk sudah berubah menjadi lomba makan kerupuk modern dengan menambahkan nasi dan lauk pauknya. Ini sudah ada di beberapa daerah. Ada juga yang melumuri kerupuknya dengan sambal supaya yang memakannya kesusahan karena pedas. Namun di daerah saya masih tetap makan kerupuk saja. Mungkin karena modalnya kurang. Hehe.

3. Lomba Balap Karung
Lomba balap karung 17 agustusan
Lomba balap karung, 17 Agustusan
Lomba ini merupakan lomba yang tidak boleh dilewatkan saat Agustusan tiba. Para peserta lomba harus berlarian dengan menggunakan karung goni sampai garis finish. Biasanya lomba karung ini dilakukan oleh 2 atau 3 sampai 4 orang dalam satu regunya. Saat peserta pertama pertama mencapai garis finish dia harus cepat-cepat keluar dari karung dan diganti dengan peserta kedua untuk berlari kembali, dan begitu selanjutnya sampai semua peserta dalam satu regu itu sudah berlari dan mencapai garis finish. Regu yang pertama kali mencapai garis finish dialah pemenangnya.

4. Tarik Tambang
lomba tarik tambang
Tarik Tambang 17 Agustusan
Tarik tambang memiliki arti perjuangan menarik kemerdekaan dari para penjajah dulu. Tarik tambang dilakukan oleh dua regu, masing-masing terdiri dari 5-6 orang. Biasanya lomba tarik tambang ini diikuti oleh peserta yang memiliki badan sangat besar dan memiliki kekuatan yang besar pula. Saat ini lomba tarik tambang bukan hanya dilakukan saat 17 agutusan saja tetapi pemeritah menyelenggarakan adanya lomba tradisional yang diikuti oleh para pelajar, salah satunya adalah lomba tarik tambang ini.

5. Lomba Masak

Lomba ini dikhususkan bagi ibu-ibu yang merasa dirinya jago masak. Supaya menambah keseruan lomba ini dilakukan oleh beberapa orang dalam satu regunya. Dengan diberikan waktu yang sudah ditentukan mereka harus memasak dengan peralatan dapur dan bahan seadanya. Yang akan dinilai nantinya oleh juri adalah dari penyajian, rasa, kekompakan, keseragaman regu, kerapihan, dan lain sebagainya. Seru bukan ?

6. Lomba Mengambil Uang Receh dari Buah Pepaya

Uang receh yang harus mereka ambil bukan dengan tangan melainkan dengan menggunakan mulut mereka. Mereka harus berusaha mengambil uang itu dari buah pepaya yang dilumuri oli. Huh, memang perjuangan sekali ya lomba ini. Tapi ini adalah lomba yang sangat ditunggu-tunggu, karena selain nantinya dapat hadiah biasanya uang koin atau receh yang mereka dapatkan bisa diambil.

7. Memindahkan Kelereng Pakai Sendok

Dengan menggigit sendok lalu menaruh kelereng di atas sendoknya kamu harus berjalan secepat mungkin untuk mencapai garis finish. Lomba ini tidak sembarang orang bisa, haruslah orang yang memiliki gigi kuat dan bisa mempertahankan keseimbangan. Kebanyakan orang pada saat di tengah jalan kelereng yang ada di atas sendok mereka jatuh dan mereka harus mengulanginya dari awal. Ya namanya juga lomba.

8. Memasukkan Belut ke dalam Botol

Sungguh sangat sulit sekali lomba memasukkan belut ke dalam botol ini karena belut memiliki permukaan kulit yang sangat licin. Boro-boro bisa memasukkannya ke dalam botol, untuk menangkapnya saja membutuhkan perjuangan yang ekstra. Tapi ada trik sederhana buatkamu yang nantinya akan mengikuti lomba ini. Supaya kamu tidak kesusahan dalam menangkap belut, kamu jangan tangkap bagian eor atau badannya karena lendir di bagian itu sangatlag banyak, tangkp belut pada bagian kepalanya ini akan sangat mudah.

9. Lomba Memasukkan Paku ke dalam Botol

Selain lomba tadi ada lagi lomba yang merumitkan namanya adalah lomba memasukkan paku ke dalam botol. Jika kalian orang yang belum tahu mungkin yang terbersit dlam fikiran adalah sangat mudah memasukkan paku ke dalam botol. Tetapi lomba ini bukan sembarangan memasukkan paku dengan menggunakan tangan. Paku digantungkan di pinggang kalian dan posisinya ada di belakang, lalu kalian berusaha memasukkan paku tersebut seperti gambar di bawah ini. Lumayan rumit bukan ?

10. Futsal Pakai Sarung/ Dress Wanita

Futsal ini dilakukan oleh bapak-bapak atau kaum laki-laki dengan menggunakan sarung atau menggunakan pakaian panjang istrinya (dress). Sehingga futsal ini menjadi susah untuk dimainkan karena bapak-bapak kesulitan untuk menendang bola. Ini bisa menjadi salah satu lomba yang diselenggarakan di tahun ini.

11. Lomba Gapuk Bantal atau Guling

Lomba ini dilakukan di atas air atau danau kecil buatan. Peserta diikuti oleh 2 orang dengan membawa bantal atau guling lalu duduk di atas bambu yang memanjang di atas danau kecil buatan tadi. Mereka berdua harus saling memukul sampai salah satu diantara mereka ada yang jatuh. Dan yang tetap bertahan di atas bambu dialah pemenangnya. Lomba ini dibutuhkan keseimbangan dan kekuatan untuk memenangkannya.

12. Lomba Joget

Baru-baru ini joget dijadan sebagai lomba pada hari kemerdekaan 17 agustus. Semua orang bisa mengikuti lomba ini dengan melakukan joget seheboh mungkin dan disesuaikan dengan lagu yang diberikan oleh panitia. Yang paling heboh dan bagus jogetnya dialah pemenangnya dan ini dinilai oleh juri.

13. Egrang

Lomba ini tidak semua orang bisa melakukannya karena orang yang mengikuti lomba harus melakukan latihan terlebih dahulu. Mereka harus berjalan atau berlari dengan menggunakan bambu. Siapa yang paling cepat dan mencapai garis finish dialah pemenangnya. Lomba ini bisa dilakukan juga untuk bermain bola. Mereka harus menendang bola menggunakan bambu tanpa kaki. Dan saat ini egrang sudah menjadi olahraga tradisioal yang dilombakan di setiap sekolah.

14. Tangkap Ayam atau itik

Di daerah pesawahan dalam merayakan HUT RI ini mereka menyelenggarakan lomba tangap ayam atau itik. Panitia melepaskan ayam atau itik berkeliaran di sawah dan peserta harus berusaha menangkap ayam atau itik tersebut. Yang berhasil menangkapnya dia mendapatkan ayam atau itik tersebut.

15. Lomba Bakiak

Lomba untuk mencapai garis finish satu lagi adalah lomba balap lari dengan menggunakan bakiak. Lomba ini dilakukan oleh beberapa orang setiap regunya. Lomba ini harus memiliki kekompakan ang tinggi supaya bisa berjalan dengan sama. Saat yang di depan melangkah dengan kaki kiri, yang di belakang juga harus dengan kaki kiri. Lomba ini mudah dilakukan tapi perlu kesimbangan, kekompakan, dan kecepatan.

Masih banyak lagi lomba-lomba yang dilaksanakan pada hari kemerdekaan Indonesia ini. Ada lebih dari 100 macam lomba, tapi kalau saya sebutkan satu persatu yang baca juga makan bosan kali yaa. Hehe.

Tapi ini saya akan sebutkan beberapa lomba yang bisa kalian laksanakan dan ikuti saat agustusan nanti. Ini dia :

  • Lomba pindahin karet dari mulut ke mulut menggunakan sedotan
  • Lomba Fashion Wanita
  • Lomba tata rias dengan mata tertutup
  • Lomba makan banyak
  • Lomba memecahkan balon dengan mata tertutup
  • Lomba meniru Soekarno
  • Lomba cerdas cermat
  • Lomba catur
  • Lomba Volly dan Sepak Bola
  • Lomba joget pakai balon, dan masih banyak lagi.

Banyak juga ya lomba yang bisa dilakukan saat 17 agustusan nanti. Dan buat kamu yang mau ikutan lomba-lomba di atas siap-siap ya supaya kamu bisa menang. Kalau gak ikutan saat 17-an nanti kamu gak akan bisa ngerasain gimana serunya ikut perlombaan.

Demikian 100 lomba populer dan unik 17 Agustusan. Semoga bermanfaat yaa dan bisa dipilih lomba mana saja yang akan diikuti nanti. Selalu kunjungi blog ini ya untuk mendapatkan informasi terbaru dan menarik. Terima kasih. Salam.

Related Posts

4 komentar:

  1. Masa ga sesuai sama tulisan ngaku 100 lomba tapi nyatanya 25 doang ye boong dosa lu dasarrrr

    BalasHapus
  2. Cape gan, kepanjangan ampe 100 mah :D

    BalasHapus