Tuntunan Tata Cara Sholat Fardhu 5 Waktu Lengkap

shares |

Tata Cara Sholat Fardhu 5 Waktu. Assalamualaikum warrohmatullohi wabarokatuh. Sholat Fardhu merupakan rangkaian ibadah yang wajib kita laksanakan setiap waktunya. Ada 5 waktu untuk melaksanakan sholat fardu, yaitu pada waktu Subuh, Dzuhur, Asar, Magrib, dan Isya. Setiap waktu sholat memiliki jumlah rokaat yang berbeda-beda yakni, jumlah rokaat sholat subuh adalah dua rokaat, dzuhur empat rokaat, asar empat rokaat, magrib tiga rokaat, dan isya empat rokaat. Berbeda dengan sholat sunah. Sesuai dengan namanya sholat ini hukumnya sunah jadi tidak dikerjakan juga tidak apa-apa. Akan tetapi jika dikerjakan akan menambah amalan ibadah kita atau pahala dan dapat menambal sholat fardhu kita yang masih belum sempurna.

Cara pengerjaan sholat bisa dikatakan mudah dan dikatakan susah. Dikatakan mudah karena cara pengerjaannya dilakukan seperti kita sedang berolahraga, dan dikatakan susah karena kita harus fokus, benar cara bacaannya, dan dalam hati kita sedang bercakap dengan Allah SWT. Tetapi jika sholat ini dilakukan secara sempurna dan kita tidak pernah bolong melaksanakannya maka kata susah itu menjadi hilang. Kita akan senang dengan sholat karena kita sedang berinteraksi dengan sang pencipta dan hati kita menjadi tentram. Subhanallah.
Tata Cara Sholat Fardhu 5 waktu lengkap
Gerakan Sholat
Sholat mestilah dikerjakan, tidak boleh tidak. Sesibuk apapun kita dimana pun kita berada sholat tak boleh kita tinggalkan. Sholat adalah tiang kekokohan keimanan dan ketakwaan kita, jika tiang ini tidak kokoh maka akan roboh. Seperti halnya rumah tanpa tiang, maka rumah yang kita tempati akan hancur dan rusak. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad Saw. :
"Assolatu 'imaduddin, fa man aqomaha faqod aqomaddin waman hada faqod hada maddin"
Artinya :" Sholat itu adalah tiang agama, maka barang siapa yang mendirikannya maka sungguh ia menegakkan agama, dan barang siapa yang meninggalkannya sungguh mereka telah meruntuhkan agama." (HR. Bukhari)

Adapun rukun sholat atau cara pengerjaan sholat yang harus kita ketahui, yaitu :
1. Berdiri tegak. Jika tidak mampu boleh berbaring atau duduk.
2. Niat
3. Takbirotul Ihram
4. Membaca Al-fatihah
5. Rukuk dengan tumakninah
6. I'tidal dengan tumakninah
7. Sujud dua kali dengan tumakninah
8. Duduk antara dua sujud dengan tumakninah
9. Duduk bagi tahiyat akhir
10. Membaca tahiyat akhir
11.Membaca sholawat
12. Memberi salam
13. Tertib

Bagi kalian yang masih belajar untuk sholat maka ada baiknya kalian mempelajari tata cara sholat tersebut, terutama sholat fardhu atau sholat yang wajib kita laksanakan dan harus langsung kita aplikasikan pada sholat kita. Kali ini saya akan berikan tata cara sholat fardhu lengkap dengan bacaannya. Berikut tata caranya.

1. Niat

Niat hakekatnya merupakan perbuatan hati. Ketika kita akan melakukan sesuatu pasti ada niatnya. Sebelum melaksanakan sholat kita harus berniat terlebih dahulu. Setiap waktu sholat berbeda-beda niatnya karena tergantung dari waktu dan rokaat yang dikerjakan. Berikut masing-masing niat waktu sholat.
  • Sholat Subuh :
Usolli fardu subhi rokataeni mustakbilal kiblati adaal lillahita'ala. Allahu Akbar.
"Niat saya sholat fardu subuh dua rokaat menghadap kiblat karena Allah ta'ala. Allahu Akbar."
  • Sholat Dzuhur :
Usolli fardu duhri arbaarokaatim mustakbilal kiblati adaal lillahita'ala. Allahu Akbar.
"Niat saya sholat fardu dzuhur empat rokaat menghadap kiblat karena Allah ta'ala. Allahu Akbar."
  • Sholat Asar :
Usolli fardu asri arbaarokaatim mustakbilal kiblati adaal lillahita'ala. Allahu Akbar.
"Niat saya sholat fardu asar empat rokaat menghadap kiblat karena Allah ta'ala. Allahu Akbar."
  • Sholat Magrib :
Usolli fardu magribi salasarokaatim mustakbilal kiblati adaal lillahita'ala. Allahu Akbar.
"Niat saya sholat fardu magrib tiga rokaat menghadap kiblat karena Allah ta'ala. Allahu Akbar."
  • Sholat Isya :
Usolli fardu isya'i arbaarokaatim mustakbilal kiblati adaal lillahita'ala. Allahu Akbar.
"Niat saya sholat fardu isya empat rokaat menghadap kiblat karena Allah ta'ala. Allahu Akbar."

2. Sebelum pengerjaan sholat

Bagi kaum perempuan semua anggota badan harus tertutup kecuali wajah, caranya dengan memakai mukena. Bagi kaum laki-laki menggunakan pakaian yang menutup auratnya dengan cara memakai sarung dan pakaian yang sesuai. Sebelum ke tempat sholat kita harus berwudhu terlebih dahulu untuk mensucikan diri kita dari kotoran dan najis.

3. Tata cara pengerjaan sholat

1). Mula-mula berdiri tegak, kedua tangan diturunkan ke samping, pandangan menunduk ke bawah dan mata terarah ke tempat kita sujud. Setelah itu kita berniat dengan bacaan niat sholat yang akan kita kerjakan. Misalnya sholat subuh.
Usolli fardu subhi rokataeni mustakbilal kiblati adaal lillahita'ala.
"Niat saya sholat fardu subuh dua rokaat menghadap kiblat karena Allah ta'ala."

2). Setelah berniat kita takbir dengan mengucap "Allahu Akbar" dengan mengangkat kedua tangan kita dan jari besar(jempol) tepat berada di telinga kita, lalu sedekapkan tangan kita dibagian bawah dada kita sebelah kiri dan tangan kanan berada di atas tangan kiri sambil memegang pergelangan tangan kiri dengan dua jari telunjuk dan tengan lurus ke tangan.

3). Sambil tangan kita sedekap kita baca doa iftitah. Bacaan doa iftitah adalah :
"Allahu akbar kabiro walhamdulillahi kasiro wasubhanallahibukrota waasila. Inni wajjahtuwajhiyalilladi fatorossamawati walardo hanifammuslima wama ana minal musyrikin. Inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahi robbil alamin. Lasyarikalahu wabidalika umirtu waana minal muslimin."
4). Setelah selesai membaca doa iftitah, lalu kita baca Fatihah. Al-fatihah. Dan dilanjut dengan membaca satu surah pendek yang kita hapal.

5). Setelah selesai membaca Al-fatihah dan surah pendek, lalu kita bertakbir kemudian rukuk dengan cara membungkukkan badan kita dengan tangan memegang lutut dan baca :
"Subhanarobbiyal 'adimi wabihamdihi" sebanyak 3x
kemudian berdiri lagi dengan membaca takbir dan membaca doa iftidal. Bacaan doa iftidal :
"Sami'allahuliman hamidah. Robbana lakal hamdu mil ussamawati wamil ulardi wamil umasyi'ta ming syaiim ba'du."
6) Setelah itu takbir lalu sujud. Dahi dan kedua telapak kita menempel pada sajadah dan membaca dengan kedua telapak kaki dilipat. Lalu membaca :
"Subhanarobbiyal'ala wabihamdihi." sebanyak 3x
Kemudian bangun duduk dengan telapak kaki sebelah kanan dilipat dan baca takbir. Lalu membaca :
"Robbigfirli warhamni wajburni warfa'ni warjukni wahdini wa'afini wafuanni."
Setelah itu sujud kembali dengan diiringi bacaan takbir. Kemudian bangun dengan membaca takbir dan lakukan rokaat kedua seperti yang dilakukan pada rokaat pertama, namun tanpa bacaan doa iftidal.

7). Setelah melakukan rokaat kedua, setelah sujud kedua, maka bangun duduk dan membaca tahiyat. Bacaan tahiyat :
"Attahiyatul mubarokatussholawatut toyyibatulillah. Assalamualaika ayyuhannabiyyu warrohmatullohi wabarokatuh. Assalamu"alaina waala ibadillahis sholihin."
Lalu baca syahadat sampai tahiyat akhir dengan mengangkat telunjuk. Bacaannya :
"Asyhadu allailaha illallah waasyhaduanna muhammadarrosulullah. Allahumma solli 'ala syaidina muhammad wa'ala ali syaidina muhammad. Kama shollaita 'ala syaidina ibrohim wa'ala ali syaidina ibrohim. Wabarik 'ala syaidina muhammad wa'ala ali syaidina muhammad. Kama barokta 'ala syaidina ibrohim wa'ala ali syaidina ibrohim. Fil'alamina innaka hamidum majid. Allahuma inni 'audubika min'adabil kobri wamin adabinnar wamin fitnatil mahya wamamati wamin fitnatil masihiddajah. Allahumag firli makodamtu wama akhortu wama asrortu wama asroptu wama a'langtu wama angta a'alamu bihi minni. Angtal mukoddimu waangtal muakhiru lailaha illa angta subhanaka inni kuntum minaddolimin. Ispalana ya rosulallah pijamadil mahdi."
8). Setelah selesai membaca tahiyatul akhir. Lalu diakhiri dengan salam sambil memalingkan wajah.
Memalingkan wajah ke kanan : "Assalamu'alaikum warrohmatullah". Lalu baca : "Allahumma inni asaluka paujabil jannah"
Memalingkan ke kiri : "Assalamu'alaikum warrohmatulloh". Lalu baca : " Allahumma inni asaluka najjata minannar"
Setelah salam, lalu usap wajah dengan membaca :
"Bismillahi lailaha illa huarrohmanurrohim. Allahuma hab aniyal hama wal hajan"

Tata cara sholat selesai kita laksanakan. Perlu diingatkan bahwa setiap rukuk, i'tidal, sujud, duduk tahiyat haruslah diiringi dengan tumakninah (berhenti senbentar) supaya kita tidak terburu-buru dalam melaksanakan sholat. Namun setelah sholat jangan kita langsung beranjak dari tempat sujud kita. Ada baiknya kita beristigfar dan berdzikir dahulu atau kita berwirid memanjatkan doa. Dengan tambahan itu sholat kita akan lebih afdol apalagi ditambah dengan sholat sunah ba'da (setelah melakukan sholat fardhu) dan sholat sunah kobla (sebelum melakukan sholat fardhu).

Begitu mudah tata cara pengerjaan dan bacaannya. Namun perlu diingat, sholat kita haruslah benar, Niatkan dengan sepenuh hati dan tanpa ada keraguan dalam melaksanakannya. Mudah-mudahan kita yang masih dalam tahap belajar bisa lebih faham dan bisa dalam melaksanakannya, dan  bagi yang sudah bisa semoga lebih baik sholatnya. Semoga tuntunan tata cara sholat fardu 5 waktu lengkap ini bermanfaat. Yuk kita terus tingkatkan keimanan dan ketakwaan kita dalam sholat! Terima kasih. Wassalamualaikum warrohmatullohi wabarokatuh.

Related Posts

3 komentar:

  1. Terimakasih ini Artikel yang saya cari sangat bermanfaat............. Pusat Herbal Grosir & Eceran

    http://abuherbal.com

    BalasHapus
  2. terimakasih tipsnya :} sukses terus ya! salam kenal dari saya theresia admin blog Honorer

    BalasHapus
  3. Ijin Copas dan share yaaa Boleh ya :)

    BalasHapus