Tips Mudik Lebaran dengan Menggunakan Sepeda Motor

shares |

Tips Mudik Lebaran Dengan Menggunakan Sepeda Motor. Sudahkah memperisapkan segalanya untuk mudik lebaran besok?? H-6 jalanan sudah mulai padat oleh para pemudik, sebagian besar warga Indonesia memanfaatkan libur lebaran untuk mudik lebaran dan berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman. Kegiatan ini seakan menjadi tradisi budaya di tanah air. Ribuan bahkan jutaan pemudik setiap tahunnya harus berdesakan dijalan. Bagi saya pribadi, kegiatan mudik memang cukup melelahkan karena harus menempuh perjalanan yang sangat jauh hingga ratusan kilometer, namun juga bisa menyenangkan jika anda menikmati perjalanan, meskipun macet dan harus berdesakan, setidaknya ada banyak orang yang bernasib sama, dijalanan saat musim mudik lebaran sudah seperti keluarga besar dan harus saling berbagi.

Nah, anda harus ingat, keselamatan menjadi yang utama yang harus diperhatikan. Pastinya jika mendengar berita di televisi, hampir setiap tahunnya pada saat musim mudik lebaran banyak kecelakaan yang berujung dengan kematian bahkan jumlahnya hingga ratusan atau ribuan. Hal ini cukup menyedihkan kita semua, ada banyak faktor penyebab kecelakaan mulai dari kelalaian si pengendara, kelelahan dan faktor kendaraan yang bermasalah. Nah, kali ini Iyen akan berikan Tips Mudik lebaran dengan menggunakan sepeda motor karena kita tahu di Indonesia lebih banyak pengguna kendaraan roda dua ketimbang mobil. Berikut Tipsnya.
Mudik lebaran dengan sepeda motor
Perjalanan Mudik Lebaran dengan Kendaraan sepeda Motor

Tips Mudik Lebaran Dengan Kendaraan Sepeda Motor

1. Siapkan Kondisi Motor

Motor sebagai alat transportasi anda sebaiknya periksa terlebih dahulu kelayakannya. Hal yang paling penting harus di cek seperti kondisi ban yang masih layak digunakan juga kondisi Rem yang baik, lampu yang menyala dengan baik. Juga jangan lupa service permesinan secara berkala, atau usahakan service dulu sebelum berangkat mudik lebaran.

2. Kondisi Badan

Jangan lupa sebelum mudik lebaran yang menempuh perjalanan yang sangat jauh, persiapkan kondisi fisik anda. Lebih baik beberapa haris sebelum berangkat anda rajin berolah raga. Kalau bia minum suplemen penambah stamina agar anda lebih segar dan fit selama perjalanan.

3. Perlengakapan Berkendara

Perlengkapan berkendara seperti Helm dan Masker memang sudah menjadi hal wajib. Namun ada baiknya anda menggunakan masker jika helmnya gak full face. Gunakan sarung tangan agar terhindar dari panas terik matahari, jangan lupa pakai jaket yang cukup agar tidak masuk angin selama perjalanan. Gunakan sepatu untuk melindungi kaki anda. Usahakan seluruh bagian badan anda terututup minimal agar mampu melindungi badan ketika terjadi hal yang tidak diinginkan.

4. Perlengkapan surat Kendaraan dan Identitas Diri

Meskipun pada saat musim mudik lebaran jarang ada razia, namun surat-surat kendaraan seperti STNK dan SIM wajib dibawa. Juga surat identitas diri seperti KTP, hal ini menjaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan, surat tersebut sebagai petunjuk identitas anda.

5. Taati Peraturan

Kepolisian jelas memberikan aturan bahwasannya pengendara motor dilarang membawa beban yang berlebihan. Hal ini demi kebaikan pemudik sendiri. Jika anda memang harus membawa barang dengan jumlah banyak, sebaiknya gunakan jasa Ekspedisi sehingga anda berkendara cukup bersama keluarga, maksimal 3 orang yakni Suami-Istri dan satu anak kecil.

6. Cukupkan Istirahat

Perjalanan jauh pasti akan sangat melelahkan, jangan paksakan untuk terus melaju, anda harus sering beristirahat untuk memulihkan kondisi badan. Atau jika perlu tidurlah sejenak karena dengan tidur meskipun sebentar kondisi badan akan cepat pulih kembali. dan bukan anda saja yang perlu istirahat, kendaraan motor pun perlu diistirahatkan sejenak agar dingin kembali.

Gunakan waktu istirahat untuk makan atau minum, makan secukupnya agar tidak ngantuk selama perjalanan. Jangan lupa bawa minuman untuk diperjalanan nanti.

7. Ikuti Rambu Lalu lintas

Bisa jadi nanti ditengah perjalanan anda akan dialihkan ke jalan tertentu atau jalan alternatif untuk mengurai kemacetan. Jika anda masih awam dengan jalan tersebut bisa jadi anda akan sedikit kebingunan. Oleh sebab itu perlu sebuah peta sebagai petunjuk jalan, peta gak berarti berbentuk lembaran kertas, saat ini sudah banyak disediakan di aplikasi android Smartphone anda yang bisa anda unduh.
Info Menarik: Peta Jalur Mudik Lebaran Pulau Sumatera dan Jawa.

Nah, demikian Tips Mudik lebaran dengan menggunakan Motor. Tips ini selayaknya dijalankan agar perjalanan anda bisa lebih nyaman, Sebaiknya nikmati perjalanan anda, jangan terlalu tergesa gesa karena dengan santai dan tertibpun anda tetap akan sampai ditujuan. Jangan lupa bawa perbekalan seperti makanan dan uang. Akhir kata, selamat mudik lebaran dengan Kendaraan Motor, IyenBlog.com mengucapkan minal aidzin walfaidzin, mohon maaf lahir dan bathin. semoga selamat sampai tujuan, keluarga menunggu dirumah.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar