Tips Mudah Melatih Anak Berpuasa

shares |

Tips Mudah Melatih Anak BerpuasaAssalamualaikum. Hallo Ayah dan Bunda. Sudahkah kalian tau ? Anak adalah buah hati yang kita cintai dan sayangi sampai mereka tumbuh menjadi dewasa. Cara memberi kasih sayang dan cinta dari kita adalah memberikan mereka ilmu agama. Ilmu agama bisa didapat dari kita sendiri sebagai orang tua, sekolah, pesantren, atau bahkan dari teman sebayanya. Akan tetapi peranan orang tua atau keluargalah yang paling besar dalam pemberian ilmu tersebut.

Seorang manusia dikatakan sebagai orang islam harus memenuhi 5 rukun atau syarat menjadi orang islam. Telah kita ketahui bahwa 5 rukun tersebut terdiri dari syahadat, sholat, zakat, puasa, dan haji bagi yang sudah mampu. Bagi orang yang sudah baligh diwajibkan mengerjakan semua rukun islam, namun tidak diwajibkan mengerjakan no. 5 yaitu haji apabila belum mampu untuk berhaji. Namun yang terpenting adalah setiap hari kita wajib melaksanakan sholat dan pada saat bulan Ramadhan kita wajib berpuasa dan memberi zakat kepada kaum duafa. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT. yang artinya :
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS. Al-Baqarah :183)
Tips melatih anak berpuasa
Ilustrasi: Anak Berpuasa menunggu Berbuka (sumber foto: http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/parenting/15/07/09/nr7ofx-orang-tua-perlu-pahami-usia-anak-jika-ingin-berpuasa)
Bagi seorang anak kita wajib memberi mereka pelajaran tentang bagaimana mengerjakan sholat dan puasa. Cara pengerjaan sholat mungkin sudah anda latih dari sejak umur 3 tahun. Tetapi bagaimana dengan puasa ? Apakah anda sudah mengajarkannya ? Jika belum, anda perlu melatih mereka supaya mereka mampu mengerjakannya sampai tamat walaupun mereka masih dikatakan anak kecil. Akan tetapi bagi anak perempuan yang sudah menginjak umur 9 tahun mereka wajib mengerjakan puasa ini (puasa Ramadhan) karena sudah memasuki usia baligh. Adapun hadis Rasulullah Saw yang berkenaan dengan ini yaitu :
"Barang siapa yang tidak berpuasa di pagi hari, maka hendaknya ia menyempurnakan sisa hari ini dengan berpuasa. Barang siapa yang berpuasa di pagi harinya , hendaknya ia tetap berpuasa." Kemudian Ar Rubayyi berkata :"Kami berpuasa setelah itu. Dan kami mengajak anak-anak kami untuk berpuasa . Kami membuatkan pada mereka mainan dari bulu. Jika saat puasa mereka ingin makan, maka kami berikan pada mereka mainan tersebut. Akhirnya merek terus terhibur sehingga mereka menjalankan puasa hingga waktu berbuka." (HR. Bukhari)
Jadi sudah sepatutnya kita sebagai orang tua mengajarkan atau melatih anak kita berpuasa dari sejak dini walaupun mereka tidak diwajibkan untuk berpuasa.

Dalam mengajarkan atau melatih seorang anak berpuasa perlu adanya cara yang tepat supaya anak mau berpuasa. Caranya sangat mudah, ini biasa dilakukan oleh orang-orang yang berhasil melatih anak mereka berpuasa sampai tamat. Di sini akan dibahas bagaimana melatih anak berpuasa dengan cara yang mudah, atau dikatakan mudah tergantung dari anda sendiri sebagai orang tua yang menjalankannya. Tak perlu panjang lebar lagi, silahkan dibaca tipsnya.

1. Seminggu sebelum puasa anda iming-imingi mereka dengan puasa yang akan menyenangkan. Misalnya anda katakan pada mereka "Wah, seminggu lagi puasa. Pas buka puasanya bisa dapat makanan banyak, ada beragam macam jenis minuman segar lagi. Nyam enak. Kira-kira ade mau gak dapat itu semua ? Kalo mau ade harus puasa. Kalo nggk ade gak bakalan dapet makanan plus minuman segar" Nah dengan kata-kata seperti itu pasti anak anda akan tertarik dan bersemangat untuk berpuasa.

2. Jika anak anda masih belum juga mau untuk berpuasa dan sekarang sudah menginjak minggu ke dua atau ketiga, coba anda iming-imingi mereka dengan Hari Raya yang penuh dengan kesenangan. Iming-imingi mereka dengan baju baru, mainan baru, atau lain sebagainya, dan katakan pada mereka jika mau semua itu harus belajar puasa. Walaupun puasanya hanya beberapa hari mau lebaran atau mereka berpuasa tidak sampai magrib, tapi mereka sudah berusaha dan mau untuk berpuasa.

3. Saat anda mengajak anak anda berpuasa, jangan anda ajak mereka dengan cara memaksa, karena anak akan mudah tersingguh dan akhirnya tidak mau. Ajak mereka dengan perkataan halus. Dan jika mereka tidak mau, cobalah terus sampai mereka mau untuk berpuasa.

4. Sebelum berpuasa tentu malam harinya anda harus melaksanakan sholat terawih. Ajak anak anda untuk melaksanakannya. Katakan saja pada mereka saat terawih banyak sekali yang bisa didapatkan. Kita dapat pahala dari Allah, bisa ketemu sama temen-temen, besoknya bisa dapat uang jajan untuk buka puasa. Dan besoknya nda kasih mereka uang untuk membeli menu takjil.

5. Jika anak anda sudah mau berpuasa dan tiba-tiba waktu dzuhur atau asar mereka ingin buka, jangan dulu anda beri mereka kesempatan untuk berbuka. Anda bisa mengajak mereka untuk menonton film, bermain dengan mainannya, atau lain sebagainya. Karena dengan cara tersebut fikiran anak anda akan teralihkan kepada apa yang akan anda dan anak anda lakukan.

6. Pada saat puasa, ajarkan pada mereka bertadarus Quran. Jika biasanya pada malam hari mereka mengaji di pesantren namun saat ramadhan dialihkan ke siang hari, maka pada siang harinya anda yang ajarkan mereka untuk mengaji.

7. Saat asar tiba, ajak mereka menyiapkan menu buka puasa. Anak akan senang jika diajak ke hal-hal seperti itu terutama anak perempuan.

8. Ngabuburit. Nah ini yang biasa dilakukan saat bulan Ramadhan. Katakan pada mereka jika mereka puasa nanti sorenya bisa jalan-jalan kemanapun yang mereka inginkan. Dan anda sebagai orang tua harus siap supaya anak anda mau untuk berpuasa.

9. Sesekali ajak mereka buka puasa di luar rumah, misalnya di restoran asal mereka harus puasa. Kalau tidak gak bisa buka puasa di luar rumah. Walaupun mereka terpaksa melaksanakannya tapi ini sebagai pembelajaran bagi mereka.

10. Jadilah contoh yang baik. Anda harus selalu terlihat baik di depan anak anda. Saat berpuasa jagalah tutur bahasa anda dan penuhi dengan kegiatan-kegiatan islami seperti mengaji dan memperbanyak sholat. Buah jatuh tidak akan jauh dari pohonnya, begitu juga dengan anak, mereka akan meniru apa yang dilakukan orang tuaya yaitu anda. Mulai saat ini jadilah orang tua yang baik dan ajarkan kepada anak anda yang baik-baik.

Tips yang sangat mudah bukan ? Dengan cara di atas dijamin anak anda akan mau untuk berpuasa. Mumpung sekarang masih ada kesempatan untuk anak anda berpuasa, yuk ajarkan mereka saat ini juga! Latihlah mereka sebaik mungkin dan jadilah panutan dan contoh yang baik.

Demikian tips mudah melatih anak berpuasa. Semoga tips ini bermanfaat dan bisa anda terapkan di bulan Ramadhan ini. Tips ini juga bisa anda gunakan untuk melatih mereka puasa sunah Terima kasih sudah berkunjung. Wassalamualaikum.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar