Lakukan 11 Tips ini Saat Menghadapi Musim Kemarau

shares |

11 Tips Menghadapi Musim KemarauSekitar 2 bulan yang lalu musim kemarau sudah melanda negeri ini, tak tahu penyebabnya apa. Mungkin karena musimnya sudah harus kemarau? Saat kita melaksanakan ibadah puasa sebagian orang ada yang tidak puasa karena kelelahan saat melaksanakannya, apalagi bagi pekerja berat seperti petani, penambang, dan lain sebagainya. Bukan hanya itu, musim kemarau membuat kerusakan di daerah pesawahan dan perkebunan. Di daerah saya sendiri sawah-sawah yang tadinya hijau subur berubah menjadi kuning dan tanahnya menjadi tandus, sehingga para petani pun terpaksa memanennya lebih awal.

Kejadian seperti kekurangan air, kekeringan, terserangnya kanker kulit, wabah penyakit dimana-mana menjadi ciri khas dari datangnya musim kemarau ini. Walaupun memang musim kemarau dapat membuat pakain yang dijemur cepat kering tetapi dapat membuat kerusakan parah.
tips mengahadapi musim kering
Saat Musim Kering Datang
Musim kemarau mengakibatkan orang-orang malas untuk berinteraksi di luar rumah, karena cuaca yang sangat menyengat mumbuat kulit menjadi kering dan keriput. Apalagi bagi orang yang tempat tinggalnya di pesisir pantai sudah pasti panas yang menjadi-jadi terasa sangat banget luar biasa.

Untuk melakukan aktivitas seperti bekerja mungkin sebagian orang memaksakan saja karena "butuh". Tapi orang-orang ini bingung bagaimana supaya terhindar dari sengatan matahari yang panas. Yang bisa dilakukan saat musim kemarau datang baik untuk yang setiap harinya bepergian keluar atau yang hanya berdiam diri saja di rumah coba 11 tips mengahadapi musim kemarau berikut ini.

1. Gunakan Cream Pelembab jika kalian akan bepergian ke luar rumah. Cream pelembab ini dapat membantu kulit anda terhindar dari sinar UV matahari. Bukan hanya digunakan di area wajah saja, tapi tangan dan kaki pun perlu memakainya. Bagi kalian yang bersantai di rumah boleh juga menggunakan cream pelembab ini. Panas matahari pun bisa dirasakan saat kalian berada di dalam rumah.

2. Melakukan aktivitas beres membereskan rumah alangkah baiknya dilakukan pada waktu subuh atau sebelum terbitnya fajar. Kalian tidak akan merasa kecapean yang berlebih dan bisa bersantai saat datangnya terik matahari.

3. Biasanya dari pagi sampai sore kalian membuka jendela dan gordeng supaya sinar matahari masuk ke dalam rumah. Tapi pada saat musim kemarau tiba kalian hanya perlu membuka jendela dan gordeng pada waktu pagi saja, supaya panas matahari di waktu siang tidak masuk ke dalam rumah. Atau bagi kalian yang rumahnya kurang cahaya, boleh kalian membua gordengnya sedikit saja dn membuka pintu untuk angin masuk.

4. Mandilah secara teratur saat musim kemarau. Berbagai macam wabah penyakit banyak saat musim ini terutama penyakit kulit. 2-3 kali dalam sehari kalian mandi dan hindari berkeramas pada siang hari supaya tidak terserang penyakit flu.

5. Saat kalian mengambil jemuran pakaian, sebaiknya pakaian itu dikebutkan dulu atau dibersihkan dulu. Hal ini bertujuan supaya pakaian yang sudah dijemur bersih dari debu dan virus karena saat musim kemarau debu dan virus banyak beterbangan dan menempel pada pakaian. Ambil pakaian setelah kering dan jangan sampai dibiarkan lama di jemur karena dapat merusak serat kain akibat panas.

6. Bersenang-senang di dalam rumah jadikan sebagai hiburan yang menyenangkan. Kalian bisa ngegames, menonton film, membuat ice cream, dan lain sebagainya tanpa harus keluyuran ke luar rumah yang panas. Kalian bisa mengajak keluarga yang ada di rumah atau mengajak tetangga dekat anda untuk bermain di dalam rumah saja. Cukup menyenangkan bukan?

7. Payung tidak hanya digunakan saat musim hujan saja, tapi saat musim kemarau pun kalian wajib menggunakannya saat kalian akan bepergian ke luar. Untuk menghindari panas gunakan payung yang tebal dan berwarna terang (supaya tidak menyerap panas) dan gunakan juga baju berwarna terang.

8. Kalian yang senang akan tanaman jangan lupa untuk selalu menyiramnya setiap hari. Tanaman yang ditanam di pot lebih banyak membutuhkan air karena kurangnya penyerapan dari tempat lain. Dan jika kalian yang berniat menanam tanaman saat musim ini ada baiknya ditunda dulu. Tanaman yang baru ditanam akan kekurangan unsur hara dan air walaupun sering disiram tapi cuaca tidak mendukung.

9. Untuk menjaga kondisi badan agar selalu fit, tetaplah berolahraga pada pagi hari. Hindari tidur lama pada siang hari karena dapat mengakibatkan kepala menjadi pusing dan banyak berkeringat akibat cuaca panas.

10. Banyak minum air putih supaya terhindar dari kulit kering dan imbangi dengan buah dan sayur supaya badan selalu segar walau pada musim kemarau.

11. Berhematlah dalam menggunakan air. Walaupun kalian tinggal di daerah pegunungan tapi tetap saja air sungai dan sumur kalian tidak akan bertahan lama jika musim kemarau bertahan lama. Gunakan air seperlunya dan kecilkan keran saat kalian mencuci muka atau berwudhu.

11 Tips di atas bisa kalian lakukan saat musim kemarau ini. Selalu jaga kondisi badan dan berhematlah dalam menggunakan energi terutama air. Semoga bermanfaat 11 tips menghadapi musim kemarau ini yaa. Selalu kunjungi terus IyenBlog.com untuk mencari tahu informasi-informasi di kehidupan kita. Keep Healty guys. Bye bye.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar