Konsumsi Kolang Kaling Atasi Nyeri Tulang dan Persendian

shares |

IyenBlog.com : Manfaat Kolang Kaling. Siapapun pasti tahu buah kolang kaling atau kalau bahasa sundanya adalah "Cangkaleng". Bulan puasa ini, paling enak berbuka puasa dengan kolak kolang kaling, saya sendiri paling suka kolak kolang kaling atau es campur yang ada kolang kalingnya, tekstur buahnya yang kenyal seperti jelly padat semakin menambah cita rasa kolaknya. Nah, saat Ramadhan ini memang kita gak akan sulit menemukan pedagang kolang kaling, di daerah saya sendiri di Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, disepanjang jalan dari Cijenuk hingga Saguling terdapat banyak pedagang kolang kaling.

Bahkan buah kolang kaling tersebut masih tampak sangat segar dan baru dikupas. Yupz, mereka langsung merebus buah kolang kaling tersebut untuk kemudian mengupasnya, Harganyapun terbilang murah, hanya Rp.5000 per kilonya dan itu sudah cukup banyak untuk dibikin kolak. Nah, terlepas dari itu, ternyata kolang kaling memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. temen-temen pasti banyak yang gak tahu ya?? Saya sendiripun awalnya gak tahu, namun setelah cari info sana sini, ternyata benar buah ini sangat berkhasiat. Nah, berikut testimoni yang sudah merasakan khasiat buah kolang kaling.
"Sejak 2006 tulang sering sakit, duduk dan berdiri terlalu lama rasanya sangat sakit, apalagi saat tengkurep atau setelah menggendong anak rasanya sangat sakit banget. Namun setelah mengkonsumsi buah kolang kaling 8 biji setiap hari secara rutin, rasa sakit tersebut berangsur-angsur pulih".
Ada lagi yang merasakan rasa sakit pada tulang dan persendian, setelah mengkonsumsi buah kolang kaling secara rutin 10 biji sehari, rasa sakit tersebut berangsur-angsur pulih dan saat ini sudah tidak terasa lagi.
manfaat kolang kaling untuk tulang
Kolang Kaling atau "Cangkaleng"
Ternyata menurut Federik S Woworuntu, Buah kolang kaling ini telah diteliti dari jaman dulu yakni jaman penjajahan. Awalnya mereka cukup heran dengan kondisi fisik orang pribumi yang tetap baik, rahasianya yakni karena sering mengkonsumsi buah kolang kaling. Pada buah ini terdapat gelatin yang dapat dicerna oleh tubuh untuk mensintesa kolagen. Kolang-kaling juga mengandung Albumin yang adalah protein plasma tubuh kita yg mencapai 60%. Kolang-kaling mengandung serat untuk membantu pencernaan bekerjasama dengan gelatin dan mineral kalium, kalsium, fosfor dan besi yang dikandungnya. Bagi anda yang memiliki penyakit berat seperti tulang kejepit (HNP), mengkonsumi kolang kaling sangat baik untuk memperbaiki masalah tulang tersebut.

Selain itu, Ada banyak manfaat yang terdapat pada buah kolang kaling, diantaranya adalah.

1. Memperkuat Tulang

Tulang yang sehat adalah tulang yang kuat dan padat. Biasanya kita dianjurkan untuk mengkonsumi susu berkalsium tinggi untuk menjaga agar tulang tetap kuat. Namun susu memiliki kalori yang tinggi sehingga berpotensi terjadi kegemukan, apalagi jika anda jarang berolah raga. Nah, Kolang kaling juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi yang baik untuk tulang. Dari penelitian, 100 gram kolang kaling memiliki jumlah kalsium 91 mg sementara pada susu murni mengandung 125 mg kalsium. Jadi, jika anda takut kegemukan karena mengkonsumi susu, kolang kaling bisa menjadi alternatif bagi anda.

2. Mengobati Radang Sendi

Seperti dikatakan diatas, mengkonsumsi kolang kaling mampu mengobati nyeri tulang dan persendian. Hal ini karena pada buah tersebut terdapat zat galaktomanan yang membantu mengurangi atau mengobati rasa sakit pada sendi. Jika anda memiliki penyakit radang sendi, sebaiknya konsumsi kolang kaling secara rutin sebagai upaya penyembuhan, rebuslah kolang kaling tersebut dan langsung dikonsumsi.

3. Melancarkan pencernaan

Kolang kaling juga memiliki kandungan serat yang tinggi hingga 33 persen. Bagi anda yang sulit buang air besar, mengkonsumsi kolang kaling sangat baik untuk pencernaan. Konsumsi 5 hingga 10 butir setiap hari untuk melancarkan pencernaan.

4. Makanan Diet Yang baik
Kandungan pada kolang kaling cukup lengkap, seperti pada 100 gram kolang kaling mengandung 91 mg kalsium, 0.69 gram protein, 4.0 gram karbohidrat, kadar abu 1 gram, serat kasar 0.95 gram dan kadar air yang tinggi hingga 94 persen. Gak hanya itu, kandungan gelatin yang cukup akan membuat kenyang siapa saya yang mengkonsumsinya sehingga rasa nafsu makan yang berlebihan akan sedikit berkurang. Hal ini cocok bagi kamu yang sedang program diet.

Nah, bagaimana dengan manfaat kolang kaling diatas? tentunya kita jangan lagi menganggap remeh buah ciptaan Allah SWT ini yang sebenarnya memiliki banyak manfaat besar. Demikian ulasan saya mengenai Kolang kaling yang bagus untuk nyeri sendi dan tulang. Semoga bisa bermanfaat bagi semua. Jangan lupa bantu share ya agar bermanfaat bagi yang lain.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar