Ketahui 10 Manfaat Hebat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

shares |

10 Manfaat Hebat Jalan Kaki Bagi KesehatanSetiap hari kita berangkat bekerja selalu menggunakan kendaraan pribadi. Berangkat sekolah pun sama. Kalau jaraknya jauh ya boleh saja, lah ini yang jaraknya cuma 1/2 kilo meter ngeborosin bensin saa. Kenyataan saat ini pergi ke warung yang jaraknya cuma 100 meter saja kita menggunakan sepeda motor, padahal hanya dengan berjalan kaki dalam waktu 5 menit kita bisa sampai di sana.

Semua orang tahu bahwa jalan kaki termasuk ke dalam jenis olahraga ringan dan tanpa menggunakan biaya sehingga dikatakan jenis olahraga yang paing murah, akan tetapi banyak dari kita yang tidak mau ccape bepergian kemana-kemana meskipun itu jaraknya dekat. Padahal dengan berjalan kaki kita bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Dibalik sederhananya olahraga ini ternyata mengandung manfaat yang baik bagi kesehatan. Kalian harus ketahui manfaat hebat jalan kaki bagi kesehatan ini. Manfaatnya apa saja ? Yuk mari simak paparan berikut ini!

1. Jalan kaki untuk kesehatan tulang

Walaupun jalan kaki termasuk olahraga yang murah tapi manfaatnya sangat mahal. Jalan kaki ini bisa meningkatkan kekuatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Bagi orang tua yang sudah tidak bisa melakukan olahraga berat, jenis olahraga yang satu ini bisa dijalankan setiap hari. Dengan berjalan mengelilingi halaman rumah atau kampung sebanyak 1000 langkah setiap harinya, maka akan terhindar dari penyakit-penyakit yang berkaitan dengan tulang. Apalai jika dirutinkan jalan kaki setiap pagi.
manfaat jalan kaki bagi kesehatan
2. Terhindar dari resiko penyakit jantung dan stroek

Melakukan rutinitas jalan kaki akan dapat meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL) di dalam tubuh dan dapat menurunkan kadar kolestrol jahat(LDL), karena datangnya penyakit jantung dipengaruhi oleh kadar kolestrol di dalam tubuh. alan kaki ini juga dapat membantu menjaga tekanan darah kita tetap normal. Dari hasil penelitian bahwa orang yang tidak beraktivitas seperti jalan kaki memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) dan jika dibiarkan akan mengakibatkan stroek. Stroek ini tidak diketahui kapan dan sedang apa kita. Jadi alan kaki adalah salah satu obat supaya terhindar dari penakit jantung dan stroek.

3. Berat Badan Ideal

Saat berjalan, maka anggota tubuh yang bergerak adalah kaki, tangan, dan pinggul. Dengan adanya gerakan ini maka tubuh kita akan tetap terjaga keidealannya. Memang ringan jalan kaki ini tapi kalau jalan kakinya minimal 1 km, bisa muncul keringat dan kalori dalam tubuh kita terbakar. Lihat saja orang yang hanya duduk diam di dalam rumah tanpa mau berjalan, pasti akan cenderung memilki badan yang gemuk. Anda tidak mau kan badan anda gemuk ?

4. Pernapasan teratur

Dengan dibarengi pengaturan nafas saat jalan kaki rutin, maka nafas kita akan lebih teratur. Pernapasan teratur tidak hanya didapat dari olahraga renang saja, tapi jalan kaki pun bisa.

5. Dapat memperkuat kaki

Kaki anda yang selalu terlatih akan menjadi kuat. Bukan tulangnya saja yang kuat tapi ototnya pun sama. Otot kaki kita akan kencang dan kuat, sehingga saat berjalan jauh kita tidak akan merasakan kecapean yang berlebih. Banyak di sekeliling kita yang jarang sekali jalan kaki sehingga saat disuruh untuk jalan mereka langsung kecapean.

6. Menghilangkan stress

Anda yang sedang punya masalah berat, coba jalan jalan mengitari halaman rumah. Tenangkan fikiran anda dengan berjalan dan fikirkan bahwa setiap langkah saat berjalan ada solusi dan masalah tersebut diinjak-injak supaya tidak teringt terus. Coba saja 1

7. Membuat Awet Muda

Saat ini banyak sekali alat-alat kesehatan supaya orang tetap awet muda. Tapi anda tak peru bersusah payah membeli alat itu, anda cukup jalan kaki rutin saja setiap hari. Sesuai dengan aturan, minimal 1000 langkah setiap harinya. Ada juga cara supaya tetap awet muda. Baca DISINI.

8. Menurunkan resiko penyakit kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan satu-satunya obat adalah dengan operasi. Tetapi sebelum datangnya penyakit itu, anda harus hindari caranya dengan melakukan rutinitas jalan kaki setiap hari. Jalan kaki ini akan membantu menurunkankan resiko kanker seperti kanker PD, prostat, dan lainnya.

9. Meningkatkan Stamina Tubuh

Cape saat jalan kaki adalah hal biasa, saat olahraga yang lain pun pasti merasakan hal itu. Tetapi jalan kaki ini dapat membantu meningkatkan stamina anda di siang hari dan malam hari. Berbeda dengan orang yang tidak beraktivitas apa-apa apalagi jalan kaki mereka akan merasa malas dan kecapean saat siang tiba dan malam tiba. Keesokan harinya mereka akan tetap malas untuk beraktivitas.

10. Jalan kaki membakar kalori lebih banyak

Dari hasi penelitian bahwa jalan kaki selaa 20 menit setiap hari maka akan membantu membakar kalori dan lemak sebanyak 7 pound per tahunnya dan dengan jalan kaki menjadi cara terbaik untuk menurunkan berat badan

Setiap aktivitas positif yang kita lakukan pasti memiliki manfaat yang tak kita ketahui jika kita tidak menggalinya contohnya saja 10 manfaat hebat jalan kaki bagi kesehatan ini. Mungkin diantara kalian baru ada yang tahu manfaat dari jalan kaki ini. Ternyata dibalik kesederhanaannya terdapat manfaat yang hebat sekali. Setelah anda membaca artikel ini mudah-mudahan anda ingin terus mencari informasi-informasi lain yang tentunya bermanfaat bagi anda sendiri. Oleh karena itu terus kunjungi IyenBlog.com untuk mendapatkan info dan tips menarik seputar kehidupan. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Related Posts

1 komentar