Berapa Banyak Manusia Mengedip dalam Sehari ? Ini Dia Jawabannya

shares |

Frekuensi Manusia Mengedip dalam SehariGerak refleks merupakan gerak yang dilakukan tanpa kita sadari dan bergerak secara spontan ketika ada rangsangan. Salah satu contoh dari gerak refleks ini adalah mata berkedip. Coba saja kalian fikirkan, apakah ketika mata kalian berkedip bisa secara sadar kalian rasakan seperti kita berjalan kaki. Saat kalian berjalan jauh pasti kalian akan merasakan kaki kalian sedang bergerak dan terasa cape, tapi saat mata kalian berkedip kalian tidak merasakan apa-apa padahal dalam sehari saja mata berkedip begitu banyak. Lalu yang jadi pertanyaan adalah, berapa banyak mata kita berkedip ?

Banyaknya kedipan pada setiap manusia berbeda-beda. Ada yang jarang mengedip, biasa saja, dan sering sekali mengedip. Jarang mengedip biasanya terjadi pada bayi. Bayi hanya mengedip dua kali saja dalam satu menit atau kurang dari satu menit. Memang belum diketahui kenapa bayi jarang sekali mengedip, tapi ada teori yang menyebutkan bahwa bayi tidur lebih lama sehingga tidak perlu melumasi mata mereka sesering orang dewasa atau orang yang sudah mencapai kematangan berkedip. Adapun teori lain yang menyebutkan bahwa bayi jarang berkedip karena mereka ketika terjaga, sibuk dengan matanya tetapi tidak dengan kelopaknya untuk memperhatikan informasi visual.
frekuensi mata berkedip dalam sehari
Frekuensi Mata Berkedip
Bagi orang yang biasa saja berkedip dalam sekali jumlahnya kurang lebih 15.000 kedipan. Begitu banyak sekali tapi kita tak pernah merasakan kecapean. Seperti yang telah dibahas di atas bahwa berkedip termasuk dalam gerak refleks. Lalu bagi orang yang sering mengedip kemungkinan dalam dirinya ada kelainan atau bahkan gejala Tics. Tics merupakan habit spasms  yang berarti gerakan atau kontraksi otot yang berulang-ulang, cepat, tiba-tiba atau mendadak, tak terkendali, tak bertujuan, dan meniru-niru. Biasanya tics ini terjadi pada anak-anak sampai dia dewasa. Dan tics ini termasuk ke dalam syndrom sehingga sulit untuk dihentikan. Ada pula cara untuk menghentikan tics ini yaitu dengan memberi perhatian pada mata secara sadar, tapi hanya bisa ditahan dalam waktu sebentar. Tics ini juga lebih banyak terjadi pada laki-laki. Beda halnya dengan laki-laki yang berkedip-kedip saat ada perempuan cantik lewat, beda cerita lah. hehe.

Frekuensi kedipan mata bukanlah hanya sekedar kedipan. Saat berkedip ternyata bola mata kita dilindungi dari angin yang membawa debu atau yang lainnya dan berkedip membatau air mata membasahi permukaan mata yang kering.

Saat mata kita perih, emosi meningkat, merasa panik mata kita lebih sering berkedip. Memang 15.000 kali kedipan dalam sehari belum bisa dipastikan, tapi menurut Dr. Stephen Juan frekuensi manusia berkedip dalam sehari pada bayi hanya kurang dari 2x dalam satu menit, usia anak-anak sampai umur 14 tahun sekitar 10x dalam satu menit, dan pada usia dewasa anatara 10-15x dalam satu menit.

Jika kalian ingin memastikan berapa kali kalian berkedip dalam sehari coba hitung saja ! Itu juga kalau kehitung, namanya juga gerak refleks, pasti saat menghitungnya juga kalian tidak sadar. hehe.

Cukup unik juga ya tentang berapa banyaknya kedipan mata dalam sehari ini. Karena uniknya ini kita harus sering bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan kenikmatan ini. Coba kalau kita tidak berkedip, mungkin bola mata kita sudah keriput karena kekeringan. Dan coba bayangkan kalau kita berkedip harus bayar? Berapa banyak uang yang harus kita keluarkan? Syukurilah !

Semoga bermanfaat ya kawan artikel ini. Selalu terus kunjungi IyenBlog.com untuk mencari tahu info terbaru dan belajar bersama untuk berbagi. Salam dari saya.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar