8 Penyakit Berbahaya Pada Wanita dan Cara Menghindarinya

shares |

8 Penyakit Berbahaya Pada Wanita dan Cara MenghindarinyaSetiap orang tentunya ingin memiliki jiwa dan kondisi fisik yang sehat, akan tetapi penyakit bisa menyerang kapan saja begitu pula pada wanita yang kondisi fisiknya lebih rentan dari pada pria. Penyakit-penyakit yang khas dan tak dimiliki oleh kaum pria menjadi penyakit yang sulit diobati dan bahkan satu-satunya jalan adalah dengan operasi. Namun sebelum datangnya penyakit berbahaya tersebut datang kepada kita yang wanita adakalanya kita menghindari gejalanya terlebih dahulu, jika sudah datang penyakit tersebut mestilah kita obati.

Tidak cukup wanita saja yang tahu tentang penyakit berbahaya ini, tetapi kaum pria pun haruslah tahu apalagi bagi anda yang sedang mencari pasangan untuk menikah kan harus dilihat dari semua aspek terutama kesehatan. Bagi anda yang sudah menikah harus tahu juga cara menghindarinya, jangan sampai istri anda terkena penyakit berbahaya tersebut.
cara menghindari penyakit berbahaya pada wanita
Sebelum kami berikan informasi bagaimana cara menghindari dan mengobati penyakit berbahaya pada wanita, baca dulu macam-macam penyakitnya. Berikut macam penyakit beserta penjelasannya.

1. Keputihan

Keputihan adalah kondisi wajar yang dialami oleh wanita. Semua wanita dalam hidupnya pasti mengalami keputihan apalagi pada saat mau datangnya haid atau setelah selesai haid. Keputihan ini ditandai dengan adanya cairan putih mulai dari cairan yang encer sampai kental, memiliki bau tak sedap, dan disertai dengan rasa gatal. Keputihan disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kecapean, stress, jenis asupan makanan, dan lain sebagainya. Walaupun keputihan ini dikatakan wajar pada wanita, tetapi apabila dibiarkan akan menjadi penyakit yang serius. Jika keputihan anda biasanya hanya cairan putih bening atau putih itu masih bisa dikatakan bebas dari kata berbahaya, tetapi jika sudah berubah warna menjadi kuning atau sampai hijau dan baunya sangat menyengat anda harus cepat-cepat periksakan ke dokter, karena kemungkinan besar di dalam organ Mrs.V anda terdapat penyakit berbahaya. Keputihan ini sebagai tanda dari adanya penyakit organ dalam.

2. Anemia (Kurang Darah)

Anemia atau biasa kita sebut dengan kurang darah adalah istilah yang mengacu pada penurunan jumlah sel darah merah atau hemoglobin (hb) yang disebabkan karena kekurangan zat besi, asam folat, dan vitamin B12. Kurangnya darah ini banyak ditemukan pada wanita. Wanita lebih banyak mengalami anemia dari pada pria karena setiap bulannya wanita mengalami menstruasi sehingga darah pun banyak keluar. Ada beberapa jenis anemia, yaitu anemia zat besi, anemia vitamin. anemia hemolitik, anemia aplastik, anemia karena penyakit kronis, dan anemia sel sabit. Tanda dari penyakit ini adalah cepat lelah, terlihat seperti orang sakit, pigmen kulit pudar, tidak kuat mengangkat beban yang berat.

3. Kanker PD

Penyakit yang satu ini sangat ditakuti oleh kebanyakan wanita karena sesuai dengan namanya "kanker" pasti ada tumor yang menggerogoti bagian PD atau tumor ganas yang menyerang sel-sel di dalam PD. Kanker yang satu ini ditandai dengan adanya bintik merah kecil di area PD dan terasa sakit. Jika sudah ada tanda tanda tersebut maka anda harus waspada. Mula-mula bintik itu kecil lalu membesar dan keluar nanah. Tentu sangat menakutkan. Walaupun pada pria juga bisa terjadi kanker PD tetapi perbandingannya 1 dari 1000 wanita. Kanker PD ini kebanyakan bersifat genetik yang diturunkan dari induk wanita tersebut, tetapi kemungkinan juga dapat terjadi karena obesitas, konsumsi lemak yang berlebih, terapi hormon, dan hubungan yang beresiko.

4. Kanker Serviks

Kanker ini terjadi pada bagian uterus atau pintu masuknya dari Mrs.V. Kanker ini bukan kanker rahim, tetapi kanker yang teradi pada leher rahimnya (Cervical).

5. Kanker Rahim

Jenis Kanker yang satu ini terjadi di dalam rahim atau lapisan endometriumnya. Kanker ini umumnya terjadi pada wanita usia 40 ke sana atau sudah mencapai masa menopause. Tetapi tidak sedikit juga usia muda sudah ada yang terangkit penyakit ini. Penyebab dari datangnya penyakit ini adalah ada serangan virus yaitu HPV (Human Papiloma Virus).

6. Keguguran

Bagi wanita yang sedang hamil saat ada pendarahan pasti khawatir terjadi apa-apa dalam kandungannya. Hal itu salah satu gejala terjadinya keguguran. Keguguran teradi karena wanita hamil terlalu banyak melakukan aktivitas berat seperti olahraga, atau ada kelainan di dalam rahimnya sehingga kandungan menjadi lemah.

7. Kehamilan di luar Rahim

Saat ini banyak sekali wanita yang sedang mengandung tetapi kandungannya berada di luar rahim. Saat terjadi pembuahan bibit janin tidak sampai ke rahim, bibit tersebut hanya sampai di leher rahim atau di dalam rongga perut. Tentu saja hal ini akan mengakibatkan kehamilan yang beresiko.

8. Penyakit Cepat Tua

Pada dasarnya wanita mencapai usia baligh lebih cepat dari pria. Perbedaannya dengan wanita adalah 6 tahun, 9 tahun wanita mencapai usia baligh sedangkan usia 15 tahun pria/laki-laki baru mencapai usia baligh. Oleh karena itu wanita akan cepat lebih tua dari pada laki-laki. Jika anda menikah dengan pasangan yang seumur maka anda harus tahu bagaimana caranya supaya anda tetap tampil lebih muda dari pasangan anda. Cepat tua bukan merupakan penyakit tetapi akan menjadi sangat berbahaya bagi anda ladies, karena jika anda terlihat lebih tua dari pasangan anda bisa-bisa pasangan anda mencari yang lebih muda.

Itulah beberapa penyakit berbahaya pada wanita yang perlu anda ketahui. Lalu bagaimana cara menghindarinya ? Langsung saja tanpa basa-basi simak cara menghindari penyakit berbahaya pada wanita. Berikut pembahasannya.

1. Pada dasarnya dalam menjaga diri dari penyakit kita harus selalu membiasakan hidup sehat. Dengan berolahraga teratur, asupan makanan yang seimbang, menjaga kebersihan badan baik di luar maupun di dalam, kondisi lingkungan yang sehat, pengaruh manusia di luar, dan lain sebagainya anda pasti akan terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya tersebut.

2. Mengonsumsi zat besi baik berupa obat atau makanan yang mengandung zat besi membantu anda terhindar dari penyakit anemia atau kurang darah. Anda yang memiliki tekanan darah rendah kemungkinan besar mengalami anemia, karena itu sebaiknya anda konsumsi zat penambah darah atau zat besi yang di jual di apotik atau anda bisa temukan di buah-buahan dn sayuran, seperti daun singkong.

3. Untuk menghindari keputihan anda bisa melakukan olhraga rutin dan menghindari makanan yang banyak mengandung air seperti mentimun. Mentimun ini dapat merangsang terjadinya keputihan. Dan jika tetap saja terjadi keputihan dan masih dalam kata wajar anda bisa memberikan antiseptik saat membasuh Mrs.V. Segerakan perika ke dokter jika keputihannya sudah berubah warna dan menjadi bau sangat tidak sedap.

4. Cara menghindari keguguran adalah dengan tidak melakukan aktivitas yang berat-berat apalagi bagi anda yang hamil muda. Hamil muda sangat rentan terjadi keguguran. Menurut penelitian hamil muda lebih rentan dari wanita yang sudah hamil beberapa kali, 3:1 kemungkinannya. Kemudian jaga asupan makanan saat hamil dan selalu menjaga fikiran agar tidak stres.

5. Untuk menghindari penyakit kanker PD, anda bisa menghindarinya dengan cara memeriksa terus bagian PD anda. Usahakan minimal 1 bulan sekali saat tidur anda tidak memakai pakaian bagian dalam, dan saat mandi anda periksa dengan memegangnya apakah ada benjolan atau tidak.

6. Cara menghindari penyakit kanker rahim adalah anda selalu menjaga kesehatan daerah terebut. Daerah itu sangat rentan sekali terjangkit penyakit.

7. Cara menghindari penyakit cepat tua supaya anda ttap awet muda adalah anda harus lakukan beberapa tips. Anda bisa membaca artikel tips awet muda. Silahkan nda baca Tips Ampuh Awet Muda.

Demikian 8 Penyakit Berbahaya pada wanita dan cara menghindarinya. Mudah-mudahan bagi anda para wanita terhindar dari penyakit berbahaya tersebut. Memang sangat menakutkan tapi masih bisa diatasi asal anda selalu jaga kesehatan. Semoga bermanfaat artikel ini dan selalu kunjingi terus IyenBlog.com untuk mencari tahu informasi dan tips menarik. Terima kasih. Salam

Related Posts

1 komentar