7 Cara Menghasilkan Uang dari Blog Bahasa Indonesia

shares |

7 Cara Menghasilkan Uang dari Blog Bahasa Indonesia. Membuat blog bahasa Inggris memang sulit, apalagi saya sendiri bahasa Inggrisnya hanya bisa "Yes" dan "No" saja. Sebenarnya, jika kita pinter bahasa Inggris dan membuat blog berbahasa Inggris, tentunya jika blog tersebut dikunjungi oleh ratusan bahkan ribuan orang perharinya, maka potensi pendapatan sebagai Publisher Google akan lebih terasa "gurih". Yupz, Blog bule memang memiliki harga perklik iklan cukup tinggi, sebagai perbandingan, untuk Blog bahasa Indonesia ber visitor 20 ribuan perhari, maka rata-rata pendapatan kita adalah sekitar 15 hingga 20 dollar perhari. Sementara untuk mendapatkan 15 hingga 20 dollar perhari dengan blog bahasa Inggris hanya perlu visitor sekitar 500 hingga 1000 perhari.

Jika kita memiliki kendala dalam bahasa Inggris, sebenarnya kita bisa memaksimalkan blog berbahasa Indonesia kita dalam hal meningkatkan pendapatan. Ada banyak cara yang bisa sobat lakukan untuk memoneteize blog kita, nah kali ini saya akan berikan 7 cara menghasilkan uang dari Blog berbahasa Indonesia. Berikut daftarnya.
make money from blogging
1. Ikut Program Iklan PPC

Yang pertama tentu saja mengikuti program periklanan sistem PPC atau "Pay Per Click", Ini sudah lumrah diikuti oleh para blogger atau kata lainnya sebagai publisher (penayang iklan). Yang paling populer saat ini yang diikuti oleh para blogger adalah Google Adsense, KlikSaya, Bidvertiser dan lain sebagainya.

Keutungan dari program PPC adalah, anda bisa daftar secara gratis, kemudian gak perlu ribet nyari pengiklan karena semuanya otomatis iklan akan didistribusikan oleh perusahaan PPC tersebut. Yang perlu anda lakukan adalah memasang kode atau Acript iklan yang diberikan program PPC tersebut di Blog anda, maka beragam iklan akan muncul otomatis sesuai tema blog anda.

Sebagai gambaran, Teman saya mampu menghasilkan rata-rata USD.2000 perbulan dari blog bahasa Indonesia bervisitor 70.000/hari. Untuk pembayaran Google Adsense dibayar melalui Western Union setiap tanggal 24. Sementara KlikSaya dibayar langsung ke rekening pribadi setiap tanggal 10, kalau Bidvertiser dibayar setiap akhir bulan ke PayPal.

2. Affiliasi

Cara menghasilkan uang dari blog bahasa Indonesia yang kedua adalah anda bisa mengikuti program affiliasi. Program ini cukup mudah dilakukan, keuntungannya anda tidak perlu memiliki produk untuk dijual melainkan menjualkan produk orang lain dan bertindak sebagai affiliatenya, Biasanya jika anda mendaftar maka akan diberikan Link untuk promosi, anda juga bisa memasang banner Iklan Affiliasi diblog anda. Hanya saja profit yang didapatkankan jika ada orang yang membeli produk melalui link affiliate anda. Maka anda akan mendapatkan komisi perpenjualan.

Sebagai contoh, anda bisa mengikuti program affiliasi:
1. Lazada: (http://www.lazada.co.id/lazada-affiliate-program/) dan mendapatkan 10 persen komisi perpenjualan.
2. Hosting: Hostgator: https://www.hostgator.com/affiliates
3. Kecantikan:  CreamYashodara, Komisi Rp.50rb perpenjualan.
4. Dan lain sebagainya:

3. Drop shipping

Drop Shipping cukup digemari oleh para blogger, jika anda memiliki jiwa pembisnis bisa jadi ini salah satu pilihan bagi anda. Anda tidak perlu memiliki produk melainkan menjualkan produk orang lain. bedanya dengan program affiliasi dengan komisi perpenjualan sudah ditentukan olehnya, Sistem Dropship justru kita mengambil keuntungan dari selisih harga. Misalkan harga barang dari Toko A Rp.50 ribu, anda bisa menjualnya dengan harga Rp.70 ribu sehingga anda mendapatkan untung Rp.20 ribu. Jika ada yang beli, pembeli akan mentransfer uang ke Anda, kemudian anda mentransfer ke Toko A sebesar 50.000.

Uniknya setelah ada pembelian, anda gak perlu repot mengepak dan mengirim barang ke alamat pembeli, melainkan Toko A yang melakukannya dengan nama pengirim adalah Toko Anda (Nama Anda) sehingga seolah-olah andalah yang memiliki produk

Untuk mengikuti program bisnis Dropship sebaiknya teliti dalam memilih prusahaan yang menyediakan sistem Dropship ini, walau bagaimanapun, konsumen tahunya membeli kepada Anda bukan kepada Toko A.

Baca Juga: Meraup Untung dari Sistem Bisnis Dropship.

4. Membuka Jasa

Jika anda mahir dalam salah satu bidang, bisa jadi itu sebagai bisnis sampingan anda dengan membuka jasa. Misalkan saya sendiri sebagai seorang Blogger dan membuka Jasa pembuatan Blog dnegan memasang tarif. Silahkan Cek:

IyenBlog Buka Jasa Pembuatan Blog.

Ada banyak jasa yang bisa anda kerjakan misalkan jasa pengetikan skripsi, jasa pembuatan artikel blog, jasa terjemahan, jasa mendesain logo dan lain sebagainya.

Jika anda tidak mahir dalam berbagai bidang, bisa saja anda memanfaatkan tenaga orang lain misalkan teman anda yang jago mendesain logo dengan Photoshop, maka tarif pembuatan desain logo nantinya bisa dibagi dua dengan teman anda.

5. Menyediakan Slot Iklan

Bisa jadi jika blog anda ramai dikunjungi maka akan ada investor yang tertarik untuk memasang iklan di blog anda. Biasanya iklan berupa banner dengan ukuran 300x250, 160x600, 780x90 atau 125x125. Untuk tarif memang disesuaikan dengan jumlah visitor yang mengunjungi blog anda. Sebagai gambaran, teman saya mematok harga Rp.500.000 per slot iklan perbulan untuk blog ber visitor 25.000/hari. Bayangkan jika ada banyak orang yang tertarik memasang iklan di Blog anda, pastinya akan sangat gurih.

6. Buka Privat atau Bimbingan

Sebagai contoh, saya adalah seorang blogger dan mampu menghasilkan uang dari setiap blog yang saya bangun. Maka saya membuka bimbingan bagi siapa saja yang ingin menjadi blogger dan berpenghasilan. Bimbingan bisa dilakukan baik secara langsung maupun secara online. Untuk tarif memang bervariatif, biasanya untuk bimbingan secara online lebih murah, sebagai gambaran sayap pernah ikut kursus online dengan tarif 1 juta untuk beberapa kali pertemuan (online), sementara untuk privat secara ketemu langsung biasanya lebih mahal bisa sampai Rp.2 jutaan keatas.

Saya sendiripun membuka Privat atau Bimbingan untuk membuat dan memoneteize Blog, namun masih sebatas di kampung saya. Saya juga menerima tawaran dari berbagai sekolah untuk mengajari murid tentang blog dan dunia internet marketing.

7. Sebagai Pembicara

Nah, kalau reputasi blog anda memang keren dan memang terbukti mampu menghasilkan uang, bisa jadi anda nantinya akan diminta sebagai pembicara dalam sebuah seminar yang diadakan oleh orang lain. Atau diminta sebagai pembicara disalah satu even sekolahan. Untuk tarif memang disesuaikan saja.

Nah, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh anda agar blog bahasa Indonesia anda mampu menghasilkan uang. Yang penting, teruslah ngeblog dengan memberikan artikel yang bermanfaat bagi pengunjung setia anda. Soal uang pastinya akan menyusul dan datang dengan sendirinya. Demikian ulasan tentang 7 Cara Menghasilkan Uang dari Blog Bahasa Indonesia, Semoga bermanfaat.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar