12 Tips Mudik Lebaran agar Aman, Selamat, dan Nyaman

shares |

12 Tips Mudik Lebaran Aman, Selamat, dan Nyaman. Siapa bilang lebaran masih lama ? Sebentar lagi kok. Kita sudah berpuasa mau 3 minggu lamanya. Seminggu sebelum lebaran pasti diantara kalian ada yang mudik ke kampung halaman rumah. Di sana kita bertemu dengan nenek, kakek, dan semua keluarga. Banyak hal yang bisa kita lakukan di sana. Namun, sebelum mudik kita harus menyiapkan terlebih dahulu keperluan pribadi dan keluarga kita.

Persiapan sebelum mudik sangat penting sekali dilakukan, karena dengan adanya persiapan kita tahu apa yang akan kita bawa dan kita bisa selamat selama diperjalanan. Bagi yang menggunakan angkutan umum seperti kereta, bis, dan angkot perlu adanya persiapan supaya perjalanan menjadi aman dan nyaman. Pengguna kendaraan pribadi pun sama, pasti menginginkan perjalanannya selamat, aman, dan nyaman. Sebelum membaca tips mudik selamat, aman, dan nyaman ini, ambil dulu kertas dan pulpen untuk menulis tipsnya supaya tidak lupa saat nanti menyiapkan perencanaan mudik. Kalau sudah, silahkan baca tipsnya !
Tips Mudik lebaran Yang aman
Ilustrasi Jalur Mudik Lebaran
1. Siapkan Kendaraan Anda

Pilih kendaraan yang akan kalian gunakan nanti saat berangkat mudik. Kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Pilih kendaraan beberapa hari sebelum kalian mudik. Kalian bisa mulai memilih saat ini supaya persiapan yang kalian lakukan matang.

2. Kendaraan Pribadi vs Angkutan Umum

Jika anda yang memiliki kendaraan pribadi seperti motor, anda bisa menggunakannya saat anda mudik. Dengan menggunakan motor anda bisa dengan lincah melewati jalur mudik yang macet, namun dengan motor anda hanya bisa membawa 1 orang dari keluarga anda saja, misalnya istri anda.
Jika anda memiliki mobil pribadi, anda bisa membawa beberapa orang dari keluarga anda untuk mudik. Anda bisa leluasa melakukan apa saja di dalam mobil, namun medan yang akan anda tempuh adalah kemacetan.

Jika anda menggunakan angkutan umum, anda tidak perlu cape menyupir kendaraan anda. Cukup dengan membayar karcis anda bisa duduk dengan tenang, walaupun begitu kemacetan pasti terjadi.

3. Cek Kondisi Kendaraan Pribadi

Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi saat mudik, perlu sekali anda mengecek kondisi kendaraan anda. Pastikan kondisi kendaraan baik saat akan menempuh perjalanan jauh. Anda cek 3 hari sebelum anda berangkat dan cek setiap harinya kendaraan anda supaya tetap terjaga kondisinya.

4. Perlengkapan Kendaraan

Seperti motor, diperlukan sekali jas hujan. Jas hujan berfungsi sebagai pelindung jika saat diperjalanan turun hujan. Dan jangan lupakan alat perbaikan, misalnya obeng, tang, kunci pas, atau yang lainnya ditakutkan diperjalanan terjadi kesalahan pada motor anda. Begitu juga dengan mobil, alat-alat perbaikan perlu dibawa dan sparepart cadangan harus ada di dalam bagasi mobil.

5. Tiket

Anda perlu membeli tiket sebulan atau beberapa hari sebelum anda berangkat mudik supaya nanti saat anda berangkat tak perlu anda ribet membeli tiket dengan mengantri. Biasanya beberapa hari sebelum lebaran tiket sudah habis terjual. Simpan tiket didompet yang akan anda bawa nanti mudik supaya aman dan tidak lupa menyimpan.

6. Daftar Barang Bawaan

Tulis barang bawaan anda pada kertas daftar supaya saat anda diperjalanan tidak balik lagi untuk mengambil barang yang lupa dibawa. Setelah anda mendaftar barang bawaan cek barang bawaan anda sambil anda memasukkannya ke dalam tas atau koper. Jika barang sudah dimasukkan maka beri tanda ceklis pada nama barang yang sudah dimasukkan. Jangan lupa bawa juga daftar barang bawaan ini ke dalam tas supaya nanti ketika anda pulang dari mudik, anda bisa mengecek lagi barang anda.

7. P3K atau Obat-obatan

Obat-obatan sangat diperlukan saat anda mudik, terutama bagi anda yang memiliki penyakit khusus seperti asma. Saat diperjalanan tidak akan mungkin anda berhenti dulu untuk membeli obat di apotek jika anda menggunakan angkutan umum. Walaupun menggunakan kendaraan pribadi, tetap saja obat-obatan perlu ada di akntung anda supaya saat diperjalanan anda bisa menikmatinya dengan senang tanpa harus naik turun membeli obat.

8. Peta

Untuk pengguna kendaraan umum bisa tenang saja menikmati perjalanan tanpa harus memikirkan jalan mana yang akan dilewati. Tapi berebeda dengan pengguna kendaraan pribadi, terkadang suka lupa jalan atau ada pengalihan jalan karena jalan yang biasa dilewati macet atau ada perbaikan jalan dan lain sebagainya. Pengguna kendaraan pribadi ini harus tahu arah mana yang akan dilewati, caranya adalah dengan menggunakan peta. Banyak jenis peta yang bisa anda gunakan.

Anda bisa mengkliknya di sini. Peta Jalur Mudik Lebaran

9. Cek Kondisi Kesehatan Dan Istirahat

Menjaga kondisi kesehatan sangat penting apalagi anda yang akan bepergian. Cek kondisi tubuh anda apakah anda sedang sakit atau sehat. Jika anda sakit, obati terlebih dahulu atau anda bisa menunda mudik anda sampai kondisi anda baik. Selama perjalanan dengan jarak tempuh yang cukup jauh, pastinya kondisi fisik anda akan menurun dan kelelahan, sebaiknya beristirahat terlebih dahulu guna mengembalikan kondisi fisik anda.

10. Makanan dan Minuman

Selama diperjalanan pasti anda akan merasakan lapar. Anda bisa membawa makanan dan minuman jika saat anda mudik tidak dalam keadaan puasa. Jika puasa, anda bisa membawa makanan dan minuman untuk buka puasa atau anda bisa membelinya dijalan saat jam buka datang.

11. Charger HP

Ini yang biasa dilupakan saat mudik. Tambahkan charger HP pada daftar barang bawaan anda supaya anda tidak lupa. Walaupun saat diperjalanan anda tidak menggunakan handphone, tapi saat anda berada di kampung halaman anda harus mengechargnya setelah lama HP anda dipakai.

12. Patuhi Aturan

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, tentunya akan ada ribuan orang lainnya yang menggunakan kendaraan yang sama, selama diperjalanan kita gak akan lepas dari macet dan antri. Demi menjaga keselematan anda dan pemudik yang lainnya, sebaiknya taati peraturan yang ada, taat rambu-rambu lalu lintas, dan ikuti arahan dari petugas yang mengatur lalu lintas selama mudik lebaran.
Iyenblog maaf lahir bathin
IyenBlog.com, Maaf lahir bathin yaa..
Demikian 12 Tips agar mudik lebih menyenangkan dan aman selamat sampai tujuan. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi anda. Selamat mudik, IyenBlog.com mengucapkan Minal Aidzin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Salam.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar