Tips Mudah Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa

shares |

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Saat BerpuasaSiapa yang tidak mau kondisi badan selalu fit setiap harinya ? Ya tentu semua orang ingin selalu tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Apalagi saat ini kita sedang berpuasa. Makan hanya di waktu sahur dan magrib, siangnya kita berpuasa full. Kondisi badan kita dari waktu pagi ke siang semakin melemah, ditambah lagi bagi yang punya pekerjaan berat. Aduh, serasa disiksa saja.

Sebagian orang yang punya pekerjaan kadang tidak berpuasa karena takut mereka terkena penyakit. Tapi tidak sedikit orang yang punya pekerjaan tetap menjaga puasanya. Seperti saya yang punya pekerjaan cukup lumayan, tapi bisa tetap menjaga puasa. Ada loh rahasianya supaya badan tetap fit.

Yang harus kalian tahu, puasa itu bukan menyiksa, puasa dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita dan kita semakin rajin saja untuk berbuat kebaikan setiap harinya. Puasa dapat membuat kita menjadi sehat. Pola makan yang diatur bisa membuat badan kita menjadi ideal. Lalu bagaimana dengan orang yang sering sakit saat puasa ? Dikatakan cobaan iya, tapi sebelum cobaan itu datang pasti ada sebabnya. Tidak mungkin ada asap tanpa ada api, atau ada akibat tanpa ada sebab.

Orang yang sakit saat berpuasa disebabkan karena dia kurang menjaga kondisi kesehatannya. Jam makan sama dengan yang lain, tetapi dalam mengatur makanannya yang salah. Lalu aktivitas yang dilakukan pada saat berpuasa yang terlalu berat. Saat berpuasa banyak fikiran dan stress dan tidak menikmati enaknya berpuasa. Kurang berolahraga atau olahraga yang terlalu berat. Dan sebab-sebab lainnya yang membuat tubuh menjadi sakit.

Tapi mulai saat ini jagalah kondisi kesehatan kita dengan berbagai tips dari IyenBlog. Kali ini IyenBlog akan berikan tips mudah menjaga kesehatan saat berpuasa. Silahkan dibaca ya sobat.

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa

1. Istirahat yang cukup.

Dengan istirahat yang cukup kondisi badan anda akan selalu fit di siang harinya saat berpuasa. Setelah terawih kalian bisa meluangkan waktu satu jam saja untuk berkumpul dengan keluarga dan menonton lalu tidur. Mulai dari jam 9 malam sampai jam 3 waktu sahur waktu yang cukup untuk beristirahat.

2. Minum air putih yang cukup

Minumlah air putih dengan aturan tertentu. Anda bisa memperbanyak minum di malam hari sebelum dan sesudah tidur. Saat berbuka minum air yang cukup untuk mengembalikan ion yang hilang saat berpuasa siang hari. Hindari minum teh saat makan. Lebih baik minum air putih saja supaya bisa mneggantikan ion tubuh yang hilang.

3. Makan garam

Makan garam dipercaya dapat membuat tenggorokan tidak haus saat berpuasa. Garam memiliki senyawa yang baik untuk menjaga tubuh supaya tetap fit, karena mengandung H2O atau air saat siang hari garam tersebut diserap oleh tubuh. Setelah selesai makan sahur, anda cukup menjilat garam pada jari anda dan jangan terlalu banyak.

4. Melakukan olahraga rutin

Walaupun kita sedang berpuasa, tapi olahraga sangat penting supaya tubuh kita tetap segar dan fit. Biasanya setelah solat subuh kita langsung tidur lagi karena mengantuk. Tapi hal itu harus dihindari. Dengan berolahraga pagi hari, siang harinya badan kita akan terasa segar. Karena otot tubuh kita harus diregangkan supaya tidak kaku. Jika pagi hari anda harus bekerja atau melakukan aktivitas lain, anda bisa mengganti jam olahraga anda di sore hari sebelum buka puasa.
tips menjaga kesehatan saat berpuasa
5. Atur Menu makan

Bagi anda yang suka makan apa saja untuk buka puasa atau sahur, haruslah anda perhatikan. Seperti hari-hari biasanya, anda harus mengatur menu makan anda. Imbangi dengan sayuran dan buah-buahan serta susu supaya anda tetap segar saat siang hari puasa. Seperti buah-buahan tak perlu anda memborongnya sampai sekarung. Anda bisa memperolehnya dari menu takjil anda yaitu soup buah. Anda bisa membelinya dari pedagang jujur.

6. Hindari terlalu banyak diam di rumah

Luangkan waktu beberapa jam saja untuk anda bermain keluar. Jangan sampai anda hanya berdiam diri saja dengan tidur atau meninton tv. Dengan anda berinteraksi di luar, badan anda tidak akan lemah. Anda akan lebih bersemangat karena bertemu dengan teman atau bermain dengan mereka. Jika hanya berdiam saja di rumah, tubuh anda hanya ingin tidur dan jika tidur, badan anda akan menjadi lemah.

7. Jangan bekerja terlalu berat

Pekerjaan anda bisa anda ganti dulu saat bulan puasa. Anda bisa bekerja dengan pekerjaan ringan. Atau jika anda tetap bekerja dengan pekerjaan berat, selingi pekerjaan anda dengan istirahat. Jangan sampai badan anda menjadi sakit dan kemudian hari anda sulit untuk bekerja kembali.

8. Vitamin

Bila anda memiliki badan lemah, saat sahur dan buka anda bisa mengkonsumsi vitamin. Dengan vitamin anda bisa berpuasa dengan nyaman. Akan tetapi vitamin ini tidak harus anda beli di toko obat. Anda bisa memperolehnya dari banyaknya anda mengkonsumsi buah-buahan.

Menjaga kondisi kesehatan sangatlah penting bukan hanya saat berpuasa tetapi keseharian kita pun harus tetap dijaga. Sangat mudah sekali kok untuk menjaga badan supaya tetap sehat. Kalau tidak dijaga, sakit pun akan datang. Saat ini untuk datang ke klinik kesehatan tidak cukup dengan biaya murah. Mending dengan biaya murah bisa dapat sehat. Semoga bermanfaat ya sobat tips mudah menjaga kesehatan saat berpuasa ini dan kita bisa mengaplikasikannya saat bulan puasa ini. Salam.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar