Tips Membaca Al-quran dengan Senang

shares |

Tips Membaca Al-quran dengan SenangAssalamualaikum. Sudahkah kalian khatam Al-quran bulan Ramadhan ini ? Baru beberapa hari puasa saja kita susah untuk mengkhatamkan Al-quran, padahal jika kita tekun dalam membacanya, dalam satu bulan Ramadhan ini kita bisa mengkhatamkannya beberapa kali. Bahkan ada sebuah kisah yang mungkin anda sudah pernah dengar atau baca dari berbagai media.

Ada seorang ulama yang cinta sekali pada Al-quran, setiap hari beliau tak pernah putus-putusnya membaca Al-quran. Setiap tiga hari dia bisa mengkhatamkan Al-quran. Jika dihitung, satu bulan beliau bisa 10x khatam Al-quran. Namun suatu ketika beliau jatuh sakit, sehingga tenggorokkannya sulit untuk mengucapkan sepatah kata pun dan oleh dokter beliau tidak diperbolehkan untuk berbicara kepada siapapun dan untuk membaca Al-quran saja tidak diperbolehkannya. Tapi saking cintanya beliau pada Al-quran, walaupun sedang sakit beliau tetap saja mengaji walau dengan suara yang tidak jelas dan sakit. Saat detik-detik dia khatam, nyawanya pun sedikit demi sedikit diambil oleh sang malaikat. Dengan wajah yang berseri-seri dan tak terlihat kesakitan, beliau melepaskan nyawanya dan menutup Al-quran. Wajahnya tersenyum bahagia. Subhanallah. Kecintaan pada Al-quran begitu indahnya sehingga bisa membuat si pembacanya bahagia. Nah bagaimana dengan kalian ?
Tips membaca Al-quran dengan senang
Membaca Al-quran bukanlah perkara yang sulit untuk kita baca, tetapi Al-quran bisa menjadi suatu bacaan yang menarik jika kita tahu arti dari ayat-per ayatnya. Kita tak perlu berat hati dan berat diri dalam membacanya. Kita bisa membaca satu juz saja dalam waktu setengah jam. Apalagi dalam satu hari banyak sekali jam kosong yang bisa kita gunakan untuk membaca Al-quran. Buktikan saja !

Kalian yang masih belajar membaca Al-quran, masih sering bolong membacanya, dan susah untuk mengkhatamkannya, ada tips khusus untuk kalian supaya kalian senang membacanya, sehingga akan sering untuk terus mengaji, dan sampai akhirnya kalian bisa khatam beberapa kali dalam satu minggu, satu bulan, atau satu tahun. Mumpung sekarang masih dalam suasana ramadhan, dengan belajar membaca Al-quran kalian bukan hanya dapat ilmu saja, tetapi pahala yang didapat pun akan berlipat ganda. IyenBlog akan berikan tips itu yaitu tips membaca Al-quran dengan senang khusus di sini. Silahkan kalian baca yaa !

Tips Membaca Al-quran dengan Senang

1. Tanamkan dalam fikiran kalian bahwa Al-quran itu bukan sebatas bacaan biasa saja.

Al-quran memiliki banyak keistimewaan karena merupakan mukjijat yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad Saw dengan perantara malaikat Jibril yang berisi petunjuk hidup umat manusia untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Al-quran bukan seperti koran yang dibaca sekehendak hati. Al-quran dibaca penuh dengan keikhlasan dan dibaca dengan fasih. Dengan menanamkan seperti itu, akan terwujudnya rasa cinta pada Al-quran dan tak mau sedetikpun untuk tidak membacanya.

2. Pelajari Ilmu Tajwid

Dalam membaca Al-quran ada aturan yang harus dipelajari terlebih dahulu. Walaupun kita sudah tahu bagaimana cara membaca per hurufnya, mulai dari huruf Alif sampai huruf Ya, kita harus faham bagaimana cara membaca perkatanya yaitu dengan ilmu tajwid. Sebelum ilmu tajwid, kalain harus tahu dulu ilmu makhrojnya yaitu cara membaca huruf per huruf Al-quran. Tidak sulit kok. Anak kecil yang masih SD juga bisa langsung faham ilmu tajwid tersebut.

3. Tafsir Al-quran

Dengan dibarengi membaca artinya, Al-quran menjadi semakin menarik saat kita membacanya. Banyak sekali kisah-kisah orang terdahulu dan kehidupan yang akan terjadi di masa depan dibahas semuanya dalam Al-quran. Petunjuk dalam hidup dan doa-doa yang bisa kita tujukkan kepada Allah ada semuanya di dalam Al-quran. Al-quran akan semakin senang saja kita baca. Mulailah dengan membaca per halaman, lalu membaca artinya. Saat ini banyak sekali di toko kitab dan Al-quran yang menjual tafsir Al-quran. Kalian yang belum punya bisa membelinya di sana atau bisa kalian searching di internet tafsir Al-quran dengan website terpercaya.

4. One Day One Juz

Untuk bisa khatam Al-quran dalam satu bulan, kalian bisa menggunakan istilah One Day One Juz. Cara ini yang biasa dipakai oleh kebanyakan orang dalam mengkhatamkan Al-quran, seperti pada saat bulan Ramadhan ini. Orang-orang berlomba-lomba untuk bisa khatam sampai hari raya tiba. Hitung saja, ada 30 juz di dalam Al-quran, satu bulan ada 30 hari, satu hari satu juz dikali 30 hari berarti pasa untuk bisa khatam dalam satu bulan. Jika satu tahun, berarti bisa khatam 12x. Dan kalau semangat dalam membacanya, satu hari tidak cukup hanya membacanya satu juz saja, bisa dua juz atau lebih. Dan kalian bisa khatam beberapa kali dalam kurun waktu yang diinginkan.

5. Lomba Baca Al-quran

Bukan karena lombanya bisa khatam Al-quran, tetapi dengan cara ini kalian bisa bersemangat untuk terus membaca Al-quran. Semakin sering membacanya kalian akan semakin lancar membaca Al-quran. Sebuah hadis mengatakan bahwa orang yang membaca Al-quran dengan lancar maka orang tersebut akan didoakan oleh malaikat, dan yang tidak lancar membacanya mendapatkan dua pahala. Cobalah cara ini dengan teman kalian atau orang yang ada di dalam rumah kalian, seperti kakak atau adik.

Ada 5 tips supaya Al-quran bisa dibaca dengan senang. 5 tips tersebut bisa kalian aplikasikan saat ini juga. Dan kalian bisa mencari tips atau cara lain supaya kalian bisa lebih bersemangat untuk membacanya. Mudah sekali bukan ? Iyalah, asalkan niat kita sungguh-sungguh. Semangat terus yaa untuk terus membaca Al-quran. Demikian tips membaca Al-quran dengan senang dari IyenBlog. Semoga bermanfaat. Wassalamualaikum.

Related Posts

1 komentar