Tips Kuat Berpuasa di Bulan Ramadhan Sebulan Penuh

shares |

Tips Kuat Berpuasa di Bulan Ramadhan. Alhamdulillah, sekitar sepekan lagi kita akan menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Seluruh umat Islam di dunia akan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Puasa merupakan ibadah yang diwajibkan bagi kaum muslimin yang beriman. Secara harfiah, puasa adalah menahan rasa lapar dan haus dari pagi (Imsyak) hingga magrib tiba atau mengubah jam makan kita yang biasanya dilakukan pada siang hari kini dilakukan di malam hari.

Namun lebih dari itu, puasa adalah menahan hawa nafsu kita untuk tidak melakukan hal-hal yang berdosa yang dilarang oleh Allah SWT. Selama sebulan penuh kita dilatih untuk lebih sabar, lebih menghargai waktu dengan memperbanyak beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.  Dimana pada bulan ini, Allah SWT membuka pintu taubat ampunan dan berkah bagi siapa saja yang ikhlas menjalani ibadah puasa. Juga pahala yang berlipat yang rasanya sangat sayang jika kita lewatkan.

Adakalanya kita saat pertama berpuasa terasa sangat lemas sekali, hal ini karena kondisi tubuh kita belum terbiasa untuk merubah jam makan yang tadinya siang hari menjadi malam hari. Nah, agar puasa kita tetap lancar dan kondisi tubuh kita tetap fit, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan saat menjalani ibadah puasa. Berikut Tips Kuat berpuasa dibulan ramadhan sebulan penuh.
Tips kuat puasa ramadhan sebulan penuh
1. Niat Berpuasa di Bulan Ramadhan
Bagaimanapun jika anda berniat yang benar akan berpuasa dibulan suci Ramadhan, maka anda akan kuat menahan setiap godaan selama berpuasa sehingga akan menjalankan ibada puasa dengan khusuk dan lancar hingga waktu berbuka puasa tiba. Jadi niatkan didalam hati akan berpuasa karena Allah SWT.

2. Segerakan berbuka puasa dan mengakhirkan Sahur
Hal ini seperti yang diriwayatkan oleh Sahabat Nabi Muhammad SAW:
Zaid bin Tsabit berkata, “Kami pernah makan sahur bersama Rasulullah saw. Kemudian kami melaksanakan shalat. Kemudian saya bertanya: Berapa lamakah waktu antara keduanya (antara makan sahur dengan salat)? Rasulullah  menjawab: Selama bacaan lima puluh ayat.” (HR. Shahih)
Pada riwayat diatas maka bisa disimpulkan hendaklah berhenti makan sahur selama kurang lebih 5 menit atau sekitar 50 ayat sebelum waktu imsyak.

Kita juga dianjurkan untuk selalu makan sahur agar siang harinya pada saat berpuasa kita tidak kekurangan energi dan bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik.
“Makan sahurlah kalian, karena pada makan sahur itu terdapat keberkahan.” (HR. Muslim)
Nabi juga menganjurkan bagi ummatnya yang berpuasa untuk menyegerakan berbuka puasa, hal ini seperi pada sabda Nabi Muhammad SAW:
Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: Hamba-hamba-Ku yang paling Aku cintai adalah mereka yang paling menyegerakan berbuka.” (HR. Tirmidzi).
3. Berbuka dan Sahur dengan yang Manis.

Yupz, sebaiknya pada saat berbuka kita mengkonsumsi makanan yang manis, namun bukan seperti sirup atau soda, melainkan yang manis alami seperti dari buah kurma atau bisa juga dengan dicampur dengan sesendok madu.

Rosululloh SAW mencontohkan pada saat berbuka puasa beliau memakan 3 butir kurma.  Hal ini cukup membantu dalam mengembalikan kondisi tubuh kita agar fit kembali karena pada kurma terdapat kalori yang cukup tinggi.

Dari Sulaiman Ibnu Amir Al-Dlobby bahwa Nabi SAW bersabda: “Apabila seseorang di antara kamu berbuka, hendaknya ia berbuka dengan kurma, jika tidak mendapatkannya, hendaknya ia berbuka dengan air karena air itu suci.” (HR. Imam Lima)

Selain kurma dan madu, anda juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi yang kaya serat seperti buah-guahan dan sayuran.
“Kemudian makanlah dari tiap macam buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan bagimu. Dari perut lebah itu ke luar minuman madu yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.” (QS. An Nahl: 69)
Mengkonsumi kurma dan madu juga tidak hanya dilakukan pada saat berbuka puasa, melainkan bisa juga sebagai penutup sahur agar siang harinya kita mendapat cukup banyak energi untuk beraktivitas.

4. Perbanyak minum air putih

Adakalanya kita disuguhkan oleh banyak menu berbuka puasa yang manis seperti sirup atau jus. Bahkan kita sampai terlalu banyak meminum minuman sirup yang sifatnya tidak alami. Hal itu bukan tidak boleh, namun akan lebih baik jika kita memperbanyak meminum air putih karena seperti kata Nabi, Air putih adalah suci yang memiliki banyak manfaat. Apalagi kita seharian berpuasa dan kehilangan banyak cairan, maka minumlah air putih dimalam hari minimal 2 gelas pada saat berbuka puasa, 4 gelas setelahnya dan 2 gelas pada saat sahur. Hal ini untuk menjaga cairan tubuh agar tetap stabil.

5. Konsumsi Makanan bergizi dan Kaya Serat
Bagaimanapun mengkonsumsi makanan bergizi dan banyak serat sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. serat selain sangat baik untuk pencernaan juga membantu dalam mengurangi rasa lapar. Makanlah secukupnya dan jangan berlebihan.

6. Tetap Berolahraga dan Beraktivitas

Bukan berarti pada saat berpuasa kita hanya diam berleha-leha saja, melainkan tubuh kita juga harus tetap bugar. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan tubuh yang bugar adalah dengan berolah raga, meskipun kita sedang berpuasa, namun kita dianjurkan untuk berolah raga minimal 30 menit setiap harinya. Kita bisa mengurangi intensitas olahraga yang dilakukan semisal hanya berjalan kami saja.

Kita juga dianjurkan untuk tetap melaksanakan aktivitas di bulan Suci Ramadhan seperti biasanya,menjalani aktivitas semata-mata mendapatkan ridha Allah SWT agar mendapatkan pahala. Juga disarankan untuk menjaga penampilan agar tetap rapi dan bersih, hal ini seperti diriwayatkan oleh Sahabat Nabi.
Ibnu Mas’ud berkata, “Jika salah seorang di antara kamu berpuasa, maka hendaklah pada pagi harinya ia dalam keadaan berharum-haruman serta rambut yang tersisir rapi.”(HR Bukhari).
Ibnu Umar berkata, “Orang yang berpuasa boleh bersiwak (menggosok gigi) pada permulaan hari dan akhir hari (yakni pada pagi hari dan sore hari) dan tidak boleh menelan ludahnya.” (HR Bukhari)
Nah demikian ulasan kami mengenai Tips Kuat berpuasa di bulan Ramadhan Sebulan penuh, semoga kita bisa menjalankan ibada puasa dengan khusuk agar amal ibadah kita selama berpuasa bisa di terima oleh Allah SWT. Jangan lupa untuk selalu memperbanyak ibadah kita di bulan Ramadhan nanti. Baca juga artikel tentang Doa dan hafalan di Bulan Ramadhan, semoga bermanfaat.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar