Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan

shares |

Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan. Assalamualaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh. Selamat menjalankan ibadah puasa teman. Hari ini begitu cerah ya, apa jangan-jangan nanti malam adalah malam Lailatul Qadar ? Mungkin iya mungkin tidak, karena malam lailatul qadar tidak ada yang tahu kapan datangnya.

Disebut malam lailatul qadar karena malam itu Allah memerintahkan malaikat untuk menuliskan segala ketetapan tentang rezeki, keberkahan, dan kebaikan. Allah SWT berfirman :

نَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُّبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنذِرِينَ ﴿٣
فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ ﴿٤
أَمْرًا مِّنْ عِندِنَا إِنَّا كُنَّا مُرْسِلِينَ ﴿٥

Artinya : ”Sesungguhnya kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan Sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi kami. Sesungguhnya kami adalah yang mengutus rasul-rasul.” (QS. Ad Dukhan:3–5)
Tanda datangnya malam lailatul qadar bulan ramadhan
Malam yang lebih baik dari pada seribu bulan itulah yang dinamakan malam lailatul qadar. Barang siapa yang mendapatkan malam kemuliaan itu, maka segala dosa-dosanya akan dihapus, mulai dari dosa yang terdahulu sampai ke depannya.

Menurut Al Qurthubi, pada malam Lailatul qadar para maikat turun dari langit dan sidrotul muntaha untuk mengaminkan semua doa-doa umat manusia. Mereka mengaminkan doa-doa itu sampai terbit fajar. Pada malam itu malaikat membawa rahmat untuk kesejahteraan dan kebaikan ummat manusia.

Ada beberapa pendapat mengenai tanda atau ciri datangnya malam lailatul qadar. Ada yang mengatakan malam lailatul qadar datang pada tanggal ganjil bulan ramadhan, seperti tanggal 27, dan 29. Ada pula yang mengatakan bahwa malam lailatul qadar datang pada hari sepuluh terakhir bulan ramadhan sampai akhir bulan ramadhan, yaitu dari tanggal 21 sampai tanggal 29. Dan ada pendapat lain yang mengatakan bahwa malam lailatul qadar datang entah kapan, namun selama bulan ramadhan hanya Allah yang tahu yang akan memberikan malam kemuliaan itu. Jadi tetap saja kita harus memperbanyak amalan selama bulan ramadhan ini.

Namun ada pendapat Imam Gazali tanda datangnya malam lailatul qadar itu dilihat dari hari masuknya bulan suci Ramadhan. Kira-kira malam apa saja ? Langsung saja simak oleh teman semua untuk mengetahui datangnya malam lailatul qadar di bulan ramadhan.

Menurut Imam Gazali, (didapat dari kitab Doa Ramadhan), bahwa :

  • Jika masuknya tanggal satu Ramadhan adalah hari Minggu atau hari Rabu, maka datangnya malam Lailatul Qadar adalah pada malam 29 bulan Ramadhan.
  • Jika masuknya tanggal satu Ramadhan adalah hari Senin, maka datangnya malam lailatul qadar adalah pada malam 21 bulan Ramadhan.
  • Jika masuknya tanggal satu Ramadhan adalah hari Selasa atau Jumat, maka datangnya malam lailatul qadar adalah pada malam 27 bulan Ramadhan.
  • Jika masuknya tanggal satu Ramadhan adalah hari Kamis, maka malam lailatul qadarnya adalah mpada malam 25 bulan Ramadhan.
  • Jika masuknya tanggal satu Ramadhan adalah hari Sabtu, maka datangnya malam lailatul qadar adalah pada malam 23.

Dan apabila telah datang malam Lailatul qadar, maka seringlah membaca doa ini. Allahuma innaka 'afuwun karimun tuhibbul 'afwa fa'fu anni
Lalu baca dzikir 400x. Dzikirnya : Lailaha illallah wahdahu la syarikalah lahul mulku walahul hamdi yuhyi wayumitu wahua hayyu da imul layamutu biyadihil khoiru wahua 'ala kulli syaiin qodir.
Setelah membaca dzikir, lalu membaca tasbih sebanyak 200x. Tasbihnya : Subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim. Dan terakhir adalah memperbanyak tobat, sholat, dan amalan-amalan ibadah lainnya.

Ada pula ciri-ciri atau tanda-tanda datangnya malam lailatul qadar. Hal ini sesuai dengan hadis nabi Muhammad Saw.

Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dan disohihkan oleh Al Bani, bahwa Rasulullah Saw, bersabda :"Lailatul qadar adalah malam yang cerah, tidak panas dan tidak dingin, matahari pada hari itu bersinar kemerahan lemah".
Dan hadis lain adalah. Rasulullah Saw. bersabda :"Tandanya adalah matahari terbit pada pagi harinya cerah tanpa sinar". (HR. Muslim)
"Sesungguhnya aku perlihatkan Lailatul Qadar lalu aku dilupakan, ia ada di sepuluh malam terakhir. Malam itu cerah, tidak panas dan tidak dingin bagaikan bulan menyingkap bintang-bintang. Tidaklah keluar setannya hingga terbit fajar". (HR. Ibnu Hibban)

Akan tetapi ciri-ciri tersebut tidak memberikan keyakinan atas datangnya malam lailatul qadar. Mungkin saja tanda atau ciri-ciri tersebut tidak terjadi di sekitar kita. Tetap kita harus memperbanyak amalan ibadah selama bulan Ramadhan.

Bagi teman-teman yang ingin mengkusyukkan malam Lailatul Qadar ini, teman-teman bisa melakukan salat lailatul qadar, yang setiap tanggalnya berbeda niat atau bacaannya.

Demikian tanda atau ciri datangnya malam lailatul qadar di bulan ramadhan. Mudah-mudahan di bulan ramadhan ini kita bisa mendapatkan malam kemuliaan itu. Aamiin. Semoga bermanfaat. Wassalamualaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar