Tahapan Membuat Blog Bisnis Agar Ramai dikunjungi

shares |

Tahapan Membuat Blog Bisnis Agar Ramai Dikunjungi. Siapapun tentu saja bisa membuat blog, hanya saja agar blog didatangi banyak pengunjung masih cukup sulit dilakukan. Apalagi jika anda memang pemula. Tentunya untuk Blog baru akan sulit mendapatkan pengunjung, kecuali jika setiap artikel yang kamu posting langsung di share dijejaring sosial maka dengan sekejap blog kamu langsung dibanjiri visitor, hanya saja, visitor yang mengandalkan jejaring sosial tidak akan berifat lama dan berbeda dengan blog yang didatangi visitor dari search engine seperti Google.

Nah, ada beberapa tahapan yang umum yang harus dilakukan sebelum membuat blog, apalagi jika blog anda dikhususkan untuk blog bisnis yang biasanya membahas satu niche atau tema bukan seperti blog saya ini yang bersifat gado-gado hehe. Nah, sebelum membahasnya satu-satu, jika anda masih kesulitan membuat blog di blogger, bisa cek artikel sebelumnya tentang; Tahapan Membuat Blog di Blogger. Oke, langsung saja ke tema bahasan kita.

1. Tentukan Niche Blog anda

Menentukan Niche atau tema blog menurut saya gampang-gampang susah dan penting gak penting. Yupz, apalagi kalau kamu mendadak membuat blog, bingung bikin blog apa?? ujung-ujungnya asal bikin blog dengan Niche tertentu, setelah itu hanya sekedar membuat alamat domain pun masih kebingungan dan akhirnya alamt doamin blognya terkesan dipaksakan. Setelah beberapa lama blog itu diurus, kamu baru sadar ternyata Nice yang diminati oleh kamu bukan yang itu, bahkan alamat doaminnya terasa kurang bagus. Dan gak butuh waktu lama, kamu langsung membuat blog baru dengan Niche yang baru, sementara Blog yang lama kamu tinggalkan. Nah, ini sering sekali dialami oleh blogger pemula, bukannya mengurus blog secara konsisten, justru kamu berkali-kali membuat blog baru tanpa ada satupun blog yang menjadi andalan kamu.
Tahapan Mebuat Blog Bisnis bervisitor banyak
Nah, Tipsnya adalah, Pikirkan terlebih dahulu mengenai Niche/Tema Blog kamu. Kalau masih bingung bisa mulai dari Hobby kamu. Misalkan hobby kamu adalah foto-foto, maka bisa bikin blog yang membahas tentang foto atau pemandangan atau berbagai gambar hasil jepretan kamu. Nah, setelah itu, pikirkan alamat domain yang kamu inginkan, bikin beberapa alamat domain blog kamu, setelah itu, seleksi satu-persatu hingga menyisakan satu alamat domain yang menurut kamu benar-benar bagus.

2. Riset Kata Kunci

Jika kamu memang mengkhususkan membuat blog untuk bisnis, seperti mengikuti program PPC, CPM, atau blog jualan produk. Maka wajib bagi kamu untuk meriset kata kunci dulu. Oh ya, Blog bisnis memang tujuan blogger selanjutnya, lumayan kan dari Ngeblog bisa hasilin uang: (Cek Juga: Alhamdulillah Pendapatan 5 hingga 10 Dollar Perhari).

Tujuan meriset kata kunci apa sih?? Tujuannya adalah agar setiap artikel yang kamu buat nantinya berpotensi berada di halaman pertama pencarian Google, syukur-syukur di urutan pertama sehingga mudah ditemukan oleh orang lain dan otomatis akan mendatangkan banyak visitor. Kata Kunci itu seperti apa???
Search engine Google

Misalnya, kamu akan membahas tentang Kamera, maka kata kunci utamanya adalah Kamera, kemudian kata kunci turunannya adalah "Kamera gopro, Kamera Mirolless, Kamera DSLR", dan lain sebagainya. Cari kata kunci yang memiliki jumlah pencarian banyak namun memiliki persaingan sedikit. Maksudnya, orang yang mencari kata kunci "Kamera" sangat banyak namun persaingan blog-blog yang membuat artikel dengan kata kunci kamera sangat sedikit. Hal ini tentu saja memberikan peluang blog atau artikel kamu mampu bersaing dengan blog lain dengan jumlah persaingan sedikit. Nah, kumpulkan Keyword atau Kata Kunci sebanyak-banyaknya setelah itu kita bikin artikel dari masing-masing kata kunci tersebut.

Sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk meriset kata kunci, yakni menggunakan "Google Keyword Planner". Lain kali kita akan bahas cara Riset Kata Kunci Oke.

3. Menulis Artikel Yang SEO
Menulis artikel yang SEO atau yang Search Engine Optimize atau Artikel yang disukai oleh Google. Sebagai blogger yang bertujuan untuk bisnis, tentu saja sekedar membuat artikelpun tidak sembarangan, melainkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa saja yang harus diperhatikan?? Namun sebelumnya cek dulu artikel :Tips Menulis Artikel Blog agar lebih menyenangkan.. Nah berikut Hal yang harus diperhatikan:
A. Artikel Original atau Asli
Artinya adalah artikel memang buatan kamu sendiri, bukan artikel Copy dari artikel orang lain kemudian di Paste di Blog Kamu, kalau kasarnya cara seperti itu adalah "HARAM" dimata Google. Wah, saya gak ngerti soal kamera, bagaimana saya bikin artikel tentang kamera??? Tentu saja di Internet banyak referensi tentang kamera, kamu tinggal buka 1 sampai 3 blog yang membahas tentang kamera atau yang membahas sesuai dengan judul artikel yang akan kamu buat. Kemudian kamu baca terlebih dahulu artikel-artikel tersebut, setelah itu, kamu mulai menulis artikel sendiri dengan kata-kata sendiri sehingga artikel tersebut menjadi origilan atau asli, tidak sama dengan artikel sumbernya namun maksudnya adalah sama.
B. Tempatkan Kata Kunci Didalamnya
Nah, dalam menulis artikel, maka jangan lupa kamu tempatkan kata kunci didalamnya. MIsalnya di paragraf pertama kamu meletakkan kata kunci "Kamera", kemudian di paragraf tengan disimpan juga dan di paragraf akhir juga. Nah, itu adalah panduan dasar dalam membuat artikel yang benar. Setelah itu jangan lupa di berikan Gambar yang relevan. Jangan lupa, jika memungkinkan diberikan Link ke artikel lainnya di blog kamu, maka jangan sungkan di berikan link, itu namanya Internal Linking yang baik untuk Search Engine Optimize (SEO). Setelah selesai, maka Posting artikel anda.
4. Sebarkan di Jejaring Sosial

Ada banyak jejaring sosial yang bisa kamu coba, misalkan facebook, Twitter atau Google Plus. Saya sendiri sering memanfaatkan Google Plus untuk menyebarkan artikel saya, kemudian memanfaatkan Facebook sebagai media sosial kedua saya.

5. Cari Backlink Yang banyak dan Berkualitas

Backlink adalah Link yang berasal dari Blog orang lain yang tertuju ke Blog kamu. Misalkan artikel di Blog kamu sangat bermanfaat bagi banyak orang, kemudian ada blogger yang membaca tentang artikel kamu, dia merasa tertarik dan ingin memposting pendapat kamu di Blognya dia, kemudian dia tulis artikel di Blognya dia dengan menempelkan sumber dari blog kamu (LINK ke Blog Kamu). Nah, hal ini sangat baik untuk blog kamu dimata google, semakin banyak Backlink di Blog kamu tentunya yang se Niche dan berkualitas, maka semakin baik, semakin populer blog kamu di mata Google. Nanti kita akan bahas lebih lanjut tentang mencari Backlink Oke.

Nah, 5 Hal diatas memang yang sering dilakukan oleh banyak blogger. Jika kamu juga melakukannya, kama kemungkinan blog kamu akan didatangi visitor banyak semakin besar. Hanya saja tetap, butuh waktu. Yang penting kamu konsisten membuat Blognya Oke. Salam, semoga bermanfaat.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar