Menu Takjil dan Buka Puasa di Bulan Ramadhan

shares |

Menu Takjil dan Buka Puasa di Bulan RamadhanKata orang, Ramadhan adalah bulan yang dipenuhi dengan beraneka macam makanan yang enak-enak, ditambah lagi dengan minuman dingin yang setiap magrib dihidangkan untuk berbuka puasa. Sangat menggiurkan sekali jika dibayangkan saat ini atau saat kita berpuasa nanti. Biasanya makanan dan minuman yang dihidangkan berupa makanan yang digoreng dan minuman yang isinya beraneka macam buah-buahan. Akan tetapi saat Ramadhan tiba bukan hanya nikmat dari makanan dan minuman saja yang kita dapat, pahala pun akan kita dapatkan malahan akan dilipat gandakan. Siapa coba yang tidak mau kenikmatan seperti ini datang pada kita ?
menu takjil dan buka puasa di bulan Ramadhan
Saat Ramadhan banyak sekali penjual makanan dan minuman dadakan yang menjual menu untuk berbuka puasa. Jika anda jalan-jalan sore atau ngabuburit saat bulan Ramadhan, di pinggir jalan mata anda akan dihiasi dengan pemandangan beraneka macam menu untuk berbuka puasa. Tentu banyak sekali menu buka puasa yang dijual dan anda akan bingung untuk membeli menu buka puasa mana yang akan dibeli. Untuk menu buka puasa tentu anda harus memilih dan memilah terlebih dahulu menu mana yang pas untuk buka puasa yang rasanya enak, seger, dan membuat perut anda kenyang dan badan anda menjadi fit kembali.

Kali ini saya akan berikan menu takjil dan buka puasa di bulan Ramadhan yang bisa membangkitkan selera anda untuk makan dan tanpa takut saat terawih perut terlalu merdeka. Ini dia menu takjil dan buka puasa yang bisa anda beli di pinggir jalan saat ngabuburit atau menu buka puasa yang bisa anda bikin sendiri. Silahkan dibaca !

1. Kolak

Disebut makanan iya, disebut minuman juga iya. Ya itu dia yang namanya kolak. Kolak ini terbuat dari pisang, candil, kolang-kaling, santan, dan gula. Menu ini begitu khas saat bulan puasa atau bulan Ramadhan. Dengan rasa yang manis dari gula dan campuran air dengan santan yang membuat tenggorokan anda basah, ditambah isi dari kolak ini yang bisa membuat perut anda kenyang menjadi menu buka puasa yang pas saat jam buka puasa datang. Kolak ini bisa disajikan dengan menu panas atau dingin, dan keduanya pun sama-sama enak.

2. Soup Buah

Soup buah sering dijajakan di pinggiran jalan dan warung-warung meskipun bukan saat bulan puasa. Tetapi soup buah ini juga bisa menjadi menu buka puasa atau dijadikan takjil saat jam buka puasa datang. Bebagai macam buah-buahan ditambah agar-agar, kolang-kaling, dan susu yang nikmat dapat menambah selera anda dalam menyantapnya. Bagi anda yang tidak suka dengan buah-buahan tertentu anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara membuatnyapun sangatlah mudah. Anda hanya tinggal memotong kecil-kecil buah-buahan tersebut lalu campurkan dengan air dan susu. Dan bila perlu anda bisa mencamprnya lagi dengan madu atau gula. Dan bagi anda yang tidak suka dengan susu anda bisa menggantinya dengan santan. Jangan lupa tambahkan es batu supaya soup buah anda dingin dan segar.

3. Es Kopyor

Menu yang satu ini menjadi pilihan handal bagi anda yang tidak mau terlalu banyak isi tetapi bisa membuat perut anda kenyang. Es kopyor menjadi pilihan utama karena isi dari minuman ini hanyalah parutan kelapa dan sirup saja. Tetapi kelapa yang diparut mestilah kelapa muda dan airnya bisa dijadikan sebagai campuran untuk sirupnya. Dan untuk menambah kenikmatan tambahkan e s batu secukupnya.

4. Gorengan

Yang suka dengan makanan ini cocok sekali dimakan saat jam buka puasa datang. Gimana coba ? Makanan yang isinya penuh ditambah balutan kriuk yang hangat baru diangkat dari penggorengan dapat membuat perut anda terkoyak untuk cepat-cepat memakannya. Gorengan ini bukan hanya enak tetapi dapat membuat perut anda kenyang. Tenang saja, gorengan pun banyak macamnya bukan hanya bakwan saja tetapi sekarang banyak penjual yang menjajakan berbagai macam gorengan yang bisa anda pilih sesuai selera, misalnya tahu jeletot, gehu, tempe goreng, onde-onde, dan lain sebagainya.

5. Agar-agar Kurma

Kurma menjadi menu takjil yang nikmat dan menjadi pahala bagi yang memakannya karena dicontohkan oleh Rasulullah Saw. Tetapi saat ini jika kurma hanya dimakan biasa saja anda akan merasakan kebosanan. Setiap hari saat takjil anda hanya memakan tiga buah kurma saja tanpa ada menu lain yang sama enaknya dengan kurma. Sekarang saatnya anda sedikit ubah menu kurma anda dengan dibuat menjadi lebih spesial. Agar-agar kurma bisa menjadi pilihan anda dalam mengolah kurma yang anda punya. Anda tetap bisa menikmati enaknya buah kurma tetapi anda pun bisa menikmati kelezatan dari agar-agarnya. Agar-agar kurma ini lebih enak disajikan dengan menu dingin.

6. Ayam Bakar

Mendengar kata ayam bakar saja mulut anda sudah kutap-ketap dalam bahasa Sundanya. Iyalah. Menu yang satu ini bisa menghiasi jam buka puasa anda apalagi buka puasa bareng dengan keluarga atau teman-teman. Ayam bakar ini tidak hanya enak rasanya tetapi saat anda memasak atau membakarnya anda bisa menggunakan waktu ngabuburit anda dengan membakar ayam bareng keluarga atau teman-teman. Ini bisa menjadikan suasana buka puasa anda rame, indah, dan enak.

7. Kue Basah

Menu takjil bukan hanya minuman saja, anda bisa melengkapinya dengan kue yang bisa anda buat sendiri atau bisa anda beli di toko-toko terdekat. Tetapi kue untuk menu buka puasa anda enaknya adalah kue basah. Kalau kue kering enaknya saat lebaran saja. Anda bisa membuat cheesecake, brownies, atau kue basah tradisional seperti putu ayu, lapis, dadar gulung, dan lain sebagainya.

Tujuh menu takjil dan buka puasa di atas bisa anda sajikan saat Ramadhan nanti. Sebelum Ramadhan datang, anda bisa menyiapkannya dari sekarang. Semoga puasa anda nanti lancar, dan bisa menikmati menu yang enak-enak saat jam buka puasa datang. Selamat bulan Ramadhan. Marhaban yaa Ramadhan. Salam.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar