Mengisi Aktivitas Puasa dan Ngabuburit di Bulan Ramadhan

shares |

Mengisi Aktivitas Puasa dan Ngabuburit di Bulan RamadhanAssalamualaikum ya akhi ya ukhti. Alhamdulillah bulan Ramadhan sebentar lagi, hanya tinggal menghitung hari saja dan tak terasa malam sebelum puasa kita datang ke masjid untuk sholat terawih, pas jam 3 dini hari kita bangun menyiapkan masakan untuk keluarga lalu makan sahur deh. Nyam. Enak yaa!!!

Oh ya teman, apa kalian sudah menyiapkan jadwal aktivitas untuk nanti saat kalian berpuasa ? Padahal kan bagi kalian yang masih pelajar selama puasa sekolah diliburkan karena sudah dibagikan nilai raportnya. Pasti kalian akan bosan hanya berdiam saja di rumah tanpa melakukan apa-apa. Kalian membutuhkan beragam aktivitas supaya tidak bosan. Nah, bagi kalian yang belum memiliki jadwal aktivitas saat berpuasa nanti, kali ini saya akan berikan hal apa saja yang bisa kalian lakukan untuk mengisi aktivitas di bulan Ramadhan atau pada saat kalian berpuasa. Apa saja aktivitas yang bisa dilakukan ?
aktivitas ramadhan menunggu buka puasa
Setelah kalian bangun dari tempat tidur, bantulah ibu di dapur untuk memasak. Tidak hanya berlaku untuk kaum perempuan saja kaum laki-laki pun bisa ikut membantu saat ibu memasak untuk hidangan sahur. Kalian bisa bangun lebih awal dan sebelum memasak kalian bisa melaksanakan sholat tahajud terlebih dahulu. Bisa menambah amal kalian kan di bulan Ramadhan ini?

Sahur sudah, sholat tahajud sudah. Lalu yang bisa kalian lakukan adalah membersihkan dapur, mencuci alat makan, dan membersihkan rumah. Sambil menunggu adzan subuh kalian bisa melakukan ini, jadi tidak ada waktu yang kosong saat ini.

Setelah kalian beres melaksanakan sholat subuh, kalian bisa ikut mengaji di pesantren sampai jam fajar datang atau kalian bisa melakukan Riyadhoh (olahraga) dengan mengajak teman atau kerabat dekat anda. Tentu dengan melakukan aktivitas ini kalian akan menambah amal kalian di bulan Ramadhan jika dilaksanakan dengan ikhlas dan diniatkan untuk ibadah.

Saat fajar datang, kalian bisa melaksanakan sholat duha dan bertadarus Quran. Kalian bisa melaksanakannya di pengajian atau di rumah sendiri. Lalu sekitar jam 10 anda bisa melakukan aktivitas lain seperti ngeblog, menulis cerita, puisi, atau anda bisa mengajak teman anda ke rumah untuk sharing tentang ilmu agama.

Lalu saat Jam dzuhur, kalian akan disuguhkan dengan perut yang mulai bergoyang meminta makan. Eits, tunggu ! Sabar ! Saat ini kalian sedang dicoba untuk menahan hawa nafsu. Untuk menghilangkan rasa lapar dan haus ini, kalian bisa ikut pengajian dengan ibu-ibu tetangga di madrasah, atau kalian bisa bertadarus lagi pada jam-jam ini. Jika kalian cape, kalian bisa tidur sampai jam asar datang. Tidur juga dapat pahala loh. Dari pada menggosip atau datang ke tempat-tempat yang penuh kemaksiatan mending tidur aja.

Teng teng teng. Jam asar datang, saatnya ngabuburit. Ngabuburit ini yang menjadi ciri utama dari bulan Ramadhan. Kalian bisa melakukan apa saja sambil menunggu jam magrib datang. Kalian bisa jalan-jalan sore dengan teman atau keluarga ke tempat ramai seperti di daerah saya di Bendungan Saguling. Ngabuburit juga bisa kalian isi dengan memasak menu buka puasa atau membelinya di pinggir jalan. Dan bagi kalian yang ada rencana untuk buka bersama kalian bisa isi dengan sharing ilmu, masak ayam dengan cara dibakar, nyanyi-nyanyi lagu islami, dan lain sebagainya. Dengan ngabuburit ini tak terasa jam magrib pun datang.

Saat buka puasa, kalian akan menyantap makanan dan minuman yang enak-enak. Jangan terlalu berlebihan, nanti jam isya kalian akan melaksanakan sholat terawih. Setelah sholat terawih, kalian bisa jalan malam-malam ke Pasar Malam. Kalian bisa membeli barang apa saja atau hanya mencoba berbagai arena permainan. Setelah jam tidur datang, kalian langsung tidur dan bangun lagi di jam sahur. Begitu seterusnya.

Tetapi bagi kalian yang bosan dengan aktivitas itu-itu saja kalian bisa menukar aktivitas pagi dengan siang, atau siang dengan sore. Dan pada saat sore kalian bisa melakukan aktivitas lain seperti bercocok tanam di halaman rumah, atau kalian bisa bermain dengan anak kecil yang biasa bermain layangan di daerah pantai atau pesawahan. Dan kalian juga bisa melakukan aktivitas lain yang biasa kalian lakukan dan tentu saja aktivitas yang positif. Dengan aktivitas positif, amalan puasa pun akan bertambah.

Waah ! Sepertinya ingin cepat-cepat sekali ya datangnya bulan Ramadhan. Sabar aja dulu, tinggal menunggu beberapa hari lagi kok. Nah sebelum datang bulan Ramadhan kalian bisa memikirkan dulu aktivitas yang bisa dilakukan saat puasa. Semoga aktivitas yang saya berikan ini bisa bermanfaat dan kalian bisa melaksanakannya nanti. Terima kasih sudah membaca. Wassalamualaikum.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar