Mengatasi Sakit Menstruasi pada Wanita

shares |

Mengatasi Sakit Menstruasi pada Wanita. Assalamualaikum. Selamat siang cantik. Gimana aktivatasmu hari ini, berjalan dengan lancar kah atau aktivitasmu hanya diisi dengan rasa sakit, lesu, dan malas ? Tentu saja bagi sebagian wanita yang sedang mengalami menstruasi atau sedang datang bulan pasti sering mengalami hal tersebut. Tahu kenapa ? Yuk kita baca artikel ini sampai selesai ! Silakan dibaca !

Menstruasi atau biasa kita sebut dengan datang bulan atau haid, merupakan siklus rutin yang dialami hanya oleh wanita dengan ditandai adanya perubahan fisiologis di dalam tubuh yaitu dinding rahim meluruh karena tidak dibuahi atau tidak adanya penetrasi yang kemudian keluar darah dari mrs.V yang dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron.

Menstruasi terjadi pada wanita yang memasuki usia remaja, dewasa, dan sampai pada usia menopause (tidak terjadi menstruasi). Menstruasi ini terjadi setiap bulannya dengan rata-rata siklus 28 hari, tetapi biasanya setiap wanita memiliki siklus berbeda-beda dan menstruasi ini umum terjadi sekitar satu minggu atau 7 hari, tetapi bahkan ada yang lebih sing yaitu 2 sampai 5 hari, dan yang lebih lama adalah 15 hari. Apabila darah tetap keluar lebih dari 15 hari, maka hal itu disebut darah penyakit dan harus segera diperiksa ke dokter.
Sakit saat menstruasi karena gejala
Gejala yang dialami sebelum datangnya menstruasi pada umumnya adalah payudara menjadi agak bengkak dan terkadang disertai rasa nyeri, badan terasa sakit, perut bagian bawah terasa nyeri, mengalami keputihan, terkadang sakit perut karena terjadi konstipasi atau diare. Adapun gejala yang dialami ketika terjadi menstruasi, baik pada kondisi fisik dan emosional yaitu, sering merasa sakit kepala, badan terasa lemas dan selalu lelah karena banyak darah yang keluar, rasa nyeri pada perut bagian bawah masih dialami pada hari pertama sampai kedua, emosi yang tak terkendali, perubahan emosi yang tinggi, sering marah-marah atau terkadang terlalu terbawa suasana sedih, turunnya rasa percaya diri, sulit untuk berkonsentrasi, berat badan yang terkadang naik atau turun, dan masih banyak lagi. Meskipun gejala tersebut umum terjadi, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai gejala tersebut, seperti berat badan naik turun, dan sakit pada perut bagian bawah seperti yang dialami oleh kalian, teman. Tetapi tenang saja, ini ada tips untuk mengatasi gejala tersebut, atau mengatasi rasa sakit pada saat menstruasi.

1. Rasa letih dan badan selalu terasa sakit saat menstruasi, mungkin teman-teman lupa akan pentingnya olahraga. Saking sibuknya dengan aktivitas yang dijalani, olahraga menjadi bagian yang tak difikirkan atau dihiraukan. Padahal olahraga membantu untuk meringankan rasa sakit pada saat menstruasi. Hal ini karena otot-otot selalu digerakan dan tak menjadi kaku, dan dengan olahraga badan pun akan terasa bugar dan segar.

2. Saatnya sekarang anda memilih dan memilah asupan makanan ketika menstruasi datang. Anda harus lebih hati-hati dengan makanan yang memiliki kolestrol yang tinggi dan kalori banyak. Bukan hanya kenaikan berat badan yang terjadi, tetapi jerawat pun biasanya muncul pada saat menstruasi datang terutama di area wajah. Usahakan buah dan sayur selalu tersaji pada porsi makan anda.

3. Anda yang sering emosian saat menstruasi datang, cobalah dengan menghipnosis diri. Bukan hipnotis, tetapi hipnosis. Hal ini bertujuan untuk mengendalikan fikiran anda dengan cara anda berbaring di tempat yang nyaman, dan kemudian menenangkan badan dan fikiran anda. Anda bisa baca di artikel tentang Self Hypnosis. Cukup dengan 15 samapai 20 menit perhari, emosi anda perlahan akan stabil.

4. Jangan panik. Kepanikan biasa terjadi pada wanita yang takut akan darah yang tiba-tiba keluar atau remaja yang baru mengalami menstruasi. Coba kendalikan diri anda dengan memikirkan tidak akan terjadi apa-apa saat menstruasi datang, karena hal ini kudrat dari sang Ilahi bagi wanita. Dengan tidak panik, anda akan lebih konsentrasi dan percaya diri akan keadaan anda saat ini.

5. Saat nyeri perut bagian bawah, anda bisa menggunakan air hangat yang dimasukan ke dalam botol atau dengan menggunakan handuk yang dibasahi air hangat tersebut. Hal ini bisa mengurangi rasa nyeri pada perut bagian bawah. Tetapi jika hal ini terjadi terus menerus dan tak mereda, anda bisa menggunakan obat pereda nyeri atau bisa konsultasikan ke dokter.

Itu dia cara mengatasi sakit menstruasi pada wanita. Kelima cara tersebut adalah cara yang biasa saya lakukan, dan alhamdulillah dengan cara tersebut saya bisa merasakan dampak baik dengan tidak mengalami rasa nyeri dan emosi yang tak terkendali. Yang terpenting bagi wanita ketika haid atau menstruasi adalah tetap menjaga kondisi badan dengan berolahraga secara rutin, fikiran selalu tenang dan baik, dan selalu menjaga asupan makanan. Insyaallah semuanya rebess.. Semoga bermanfaat artikel ini, dan terus cari informasi lainnya seputar wanita. Terima kasih. Salam dari saya.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar