Kumpulan Contoh Babasan jeung Paribasa Basa Sunda Beserta Artinya

shares |

Kumpulan Contoh Babasan jeung Paribasa Basa Sunda Beserta ArtinyaSelamat malam babaturan. Wilujeung wengi. Aduh pada bingung yah tadi siang di sekolah beberapa menit bel pulang kalian dikasih tugas sama guru basa sunda buat nyari babasan dan paribasa basa sunda beserta artinya. Hm, ya namanya juga guru pasti tiap hari ada tugas yang harus dikerjakan  oleh kalian. Tapi tenang saja, di IyenBlog ini kalian akan menemukan kumpulan babasan dan paribasa basa sunda yang dilengkapi dengan artinya sehingga kalian bisa mengerjakan tugas kalian.
Babasan jeung paribasa basa sunda
Namun sebelum kalian mencatat contoh babasan dan paribasa basa sunda, kalian harus tahu dulu apa itu babasan dan apa itu paribasa. Di sini IyenBlog akan berikan penjelasan dengan basa sunda supaya kalian bisa langsung faham dan bisa dicatat dalam buku catatan kalian.
Babasan teh nyaeta pakeman basa anu ungkarana jeung hartina geus matok. Babasan ungkarana parondok, umumna ngan diwangun ku dua kecap sarta ngandung harti siloka (kiasan). Babasan lolobana ngagambarkeun pasipatan jalma.
Ada beberapa contoh babasan basa sunda yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Nah, untuk contoh babasan basa sunda silahkan kalian baca contoh dibawah ini.
Pengen Lebih Lengkap, KLIK DISINI
  1. Amis Budi = Hade budi, teu weleh seuri ka batur, (Baik budi atau selalu berperilaku baik, murah senyum).
  2. Amis Daging = Babari kakeunaan ku panyakit kulit, contona borok. (Mudah terkena penyakit kulit seperti terkena borok atau Panu dan lain sebagainya).
  3. Atah Anjang = Langka nganjang ka batur atawa ka tempat-tempat lianna.(Jarang main kerumah orang atau ketempat-tempat lainnya, jarang berwisata, sukanya diem aja dirumah).
  4. Ayeum Tengtrem = Senang hate, teu boga kasieun atawa kahariwang. (Perasaan yang tenang, tidak ada rasa khawatir sama sekali, damai).
  5. Babalik Pikir = Sadar tina kasalahan, (menyadari kesalahan).
  6. Beak Dengkak = Geus ihtiar rupa-rupa tapi teu hasil. (Sudah berusaha semaksimal mungkin tapi masih belum hasil, sabar ya).
  7. Bengkok Tikoro = Teu kabagean dahareun lantaran telat datang, (Gak kebagian makanan karena datangnya telat, kasian sekali).
  8. Beurat Birit = Kedul, hese dititah, (Pemalas, kalau disuruh gak mau, pokoknya nyebelin).
  9. Bodo Alewoh = Bodo tapi daek tatanya, (Bodoh, banyak gak tahu tapi dia gak segan bertanya).
  10. Buntut Kasiran = Pedit, koret, hese mere ka batur, (pelit banget lah nih orang, gak mau ngasih sedikitpun).
  11. Cueut Ka Hareup = Jelema nu geus kolot, (manusia yang sudah tua).
  12. Dogdog Pangrewong = Saukur omongan panambah. (Ngagosip, suka nambah-nambahin cerita, tukang gosip).
  13. Elmu Ajug = Mapatahan batur bari sorangan teu bener, (Suka ngasih tahu orang lain, memberikan saran, suka bilangin orang lain tapi dirinya aka gak bener).
  14. Epes Meer = Babari ceurik, babari peunggas harepan, (mudah nangis, di marahin dikit nangis, digertak dikit takut).
  15. Gantung Denge = teu anggeus anu didengekeun, (gak selesai apa yang didengarkan, jadi baru setengahnya aja).
  16. Gantung Teureuyeun = henteu cacap barang dahar, lantaran kadaharanna kurang. (kurang kenyang kali, kagok karena makanannya sedikit)
  17. Gede Hulu = Sombong, Adigung. (Sombong banget dah)
  18. Getas Harupateun = Babari nuduh atawa ngahukum. (mudah menuduh dan menghukum orang lain)
  19. Gurat Batu = Mawa karep sorangan.(gak mau diarahkan, gak mau diurus, gimana maunya sendiri saja)
  20. Hampang Birit = Babari dititah, henteu kedul.(gampang disuruh, baik banget lah)
  21. Hampang leungeun = Babari neunggeul.(gampang mukul orang lain, jahat ya)
  22. Handap Lanyap = Ngomongna hade padahal maksudna ngahina.(bicaranya sih halus, bagus, tapi sebenarnya menghina)
  23. Harewos Bojong = Ngaharewos tapi kadenge ku batur.(Bisik bisik tapi kedengeran sama orang lain, sengaja ya nyindir)
  24. Haripeut ku teuteureunyeun = Babari kapincut ku pangbibita.(mudah tergoda dengan yang menggoda goda).
  25. Hawara Biwir = Bebeja ka batur samemeh dipigawe.(Sukanya ngasih tahu orang lain sebelum dikerjakan, apa saja)
  26. Hejo Tihang = resep pipindahan.(suka banget pindah pindah ya, nomaden).
  27. Heuras Genggerong = Ngomongna kasar.(Gaya bicara kasar)
  28. Heureut Pakeun = Saeutik Pangaboga.(Sedikit yang dia miliki, kismin kali ya).
  29. Indit Sirib = Indit sakulawarga.(pergi semua keluarga)
  30. Kawas Gaang Katincak = jempe, teu ngomong.(Diem aja gak ngomong sama sekali)
  31. Kawas beueuk beunang mabuk = jempe/ ngeheruk teu ngomong. (Sama diem aja gak ngomong)
  32. Kawas Anjing tutung buntut = Teu daek cicing.(Tidak suka diem, pengennya gerak aja)
  33. Kembang Buruan = Budak keur meujeuhna resep ulin diburuan.(anak yang lagi seneng main dihalaman rumah)
  34. Kokolot Begog = Niron-niron omongan atawa kalakuan kolot.(Meniru apa yang dikatakan orang tua termasuk kelakukan, sok udah tua kali ya)
  35. Kurung Batok = Tara liar ti imah, tepika teu nyaho nanaon.(Jarang keluar rumah sampe gak tau apa-apa, manusia purba kali ya)
  36. Laer Gado = Resep barang penta.(Sukanya minta aja nih orang)
  37. Lesang Kuras = Geus teu boga nanaon.(Udah gak punya apa-apa, trus apa dong?)
  38. Leuleus Awak = Resep barang gawe.(Suka mengerjakan apapun, yang penting baik dan halal)
  39. Leumpeuh Yuni = Teu kuat nenjo nu pikasieuneun/ pikareuwaseun.(Gak kuat lihat yang lucu-lucu, pengennya ketawa terusm dikit-dikit ketawa).
  40. Leutik Burih = Kurang kawani, sieunan, borangan. (Gak punya nyali, penakut, cemen lah)
  41. Lungguh Tutut = Katenjona lungguh/ cicingeun padahal saenyana henteu.(Kelihatannya sih pendiem, baik, padahal aslinya enggak)
  42. Miyuni Kembang = Loba nu mikaresep.(Banyak yang suka, kayak akuh)
  43. Murag Bulu Bitis = Resep indit-inditan.(Suka keluar, suka jalan-jalan)
  44. Ngabuntut Bangkong = Teu puguh tungtungna, teu tep ka rengse.(Tidak ada ujungnya)
  45. Ngegel Curuk = Teu menang hasil.(tidak mendapatkan hasil)
  46. Ngeplek Jawer = Teu boga kawani, sieunan, elehan.(Penakut, tidak punya nyali, cemen)
  47. Ngijig Sila = Henteu satia.(tidak setia)
  48. Nyoo Gado = Ngunghak, ngalunjak.(Ngelunjak nih orang)
  49. Panjang Lengkah = Loba pangalaman.(Banyak pengalamannya)
  50. Pindah Pileumpangan = Robah kalakuan.(Rubah sifat dan kelakukan)
  51. Saur Manuk = Ngomong rampak/ bareng.(bicara bersama)
  52. Tuturut Munding = Nurutan batur bari teu nyaho maksudna.(Niru-niru atau ngikut-ngikut orang tapi gak tau maksudnya apa)
  53. Era Paradah = Era ku kalakuan batur.(Malu sama kelakukan orang lain, orang lain yang berbuat kamu jadi kebawa malunya)
  54. Geulis Gunung = Katingali ti jauhan alus tapi beh dekeut goreng.(Kelihatan dari jauh cakep tapi pas deket eh jelek)
Ada 54 babasan dan artinya dari IyenBlog ini. Selebihnya biasa kalian dengar dari orang tua kalian atau orang lain. Dan lanjut ke pembahasan berikutnya yaitu paribasa dan artinya. Sebelum ke contoh paribasa basa sunda, kalian harus tahu dulu apa itu paribasa.
Paribasa nyaeta pakeman basa sunda anu ungkarana leuwih panjang tibatan babasan. Paribasa umumna ngandung harti anu leuwih jero, aya anu eusina pangjurung laku jeung aya oge anu mangrupa pieunteungeun. Ini beberapa contoh dari paribasa basa sunda dan artinya.
  • 1. Adat kakurung ku iga = Adat atawa kalakuan goreng sok hese dirobahna.(Kelakukan buruk atau jelek yang sudah dirubahnya)
  • 2. Adean ku kuda beureum = Agul/ ginding ku pakean meunang nginjeum.(Sombong sama pakaian yang padahal hasil minjem)
  • 3. Agul ku payung butut = Agul ku turunan atawa kulawarga sorangan.(Sombong karena melihat keluarga sendiri, misal sombong karena bapak menteri atau presiden dll)
  • 4. Asa mabok manggih gorowong = Boga kahayang ari pek aya nu nyumponan atawa aya nu mere jalan bari teu disangka-sangka.(Punya kemauan dan ternyata terlaksana dengan cara yang tidak disangka-sangka)
  • 5. Aya cukang komo meuntas = Aya jalan tepi ka laksana anu dipikahayang.(ada jalan sampai terlaksana apa yang diinginkan)
  • 6. Banda tatalang raga = Harta teh pikeun nulungan raga (awak).(Harta itu sebagai penolong jasad atau badan saja)
  • 7. Batok bulu eusi madu = Katenjo luarna (awakna) siga nu goreng padahal jerona (hatena) alus.(Dari luar sih kelihatan jelek, bandel, nakal tapi padahal mah dari dalam baik bener)
  • 8. Bengkung bekas nyalahan = Robah tingkah laku, keur budak alus ari geus kolot goreng.(Tingkah laku yang berubah, sejak masih kecil baik eh sudah besar malah jelek)
  • 9. Bentik curuk balas nunjuk = Resep nitah ka batur.(Sukanya nyuruh aja sama orang lain)
  • 10. Buruk-buruk papan jati = Najan gede dosana ari dulur mah sok hayang nulungan.(Walaupun dosanya banyak kalau kerabat mah pasti pengen nolong)
  • 11. Caina herang laukna beunang = Ngarengsekeun perkara ku cara anu hade teu matak tugenah.(Suka dengan perkara yang baik-baik saja)
  • 12. Cikaracak ninggang batu laun-laun jadi legok = Lamun tuluy dipigawe tangtu bakal karasa hasilna. (kalau terus dikerjakan pasti akan mendapatkan hasilnya)
  • 13. Clik putih clak herang, caang bulan opat belas = beresih hate, ikhlas, teu aya rasa keheul atawa tugenah. (Hatinya bersih, ikhlas tidak ada rasa benci dan amarah)
  • 14. Cul dogdog tinggal igel = ninggalkeun pagawean anu baku.(melihat pekerjaan yang sesuai)
  • 15. Gindi pikir belang bayah = Goreng sangka atawa goreng hate ka batur.(Jelek penilaian kepada orang lain)
  • 16. Goong nabeuh maneh = Ngagulkeun diri sorangan.(membanggakan diri sendiri,)
  • 17. Hade gogog hade tagog = hade omongan jeung tingkah laku.(Baik perkataan dan juga tingkah lakunya)
  • 18. Hade tata hade basa = Hade tingkah laku jeung hade omongan.(Baik tingkah lakunya dan juga perkataannya)
  • 19. Halodo sataun lantis ku hujan sapoe = Kahadean anu loba leungit ku kagorengan anu saeutik.(Kebaikan yang segunung hilang karena kejelekan yang sedikit, makanya hati-hati)
  • 20. Indung tunggul rahayu bapa tangkal darajat = Indung jeung bapa teh sumber kasenangan.(Ibu dan ayah adalah sumber kesenangan)
  • 21. Jati kasilih ku junti = Anu hade kasilih ku nu goreng.(yang baik ketutup sama yang jelek)
  • 22. Ka cai jadi saleuwi ka darajat jadi salebak =  Babarengan, akur sauyunan.(Bersama-sama, baik selamanya)
  • 23. Kaciwit kulit kabawa daging = Kababawa ku batur anu nyieun kasalahan.(terbawa sama orang lain yang berbuat kesalahan)
  • 24. Kalapa bijil ti cungap = Rusiah dicaritakeun ku nu ngalakukeunnana.(Diceritakan sama orang yang melakukannya)
  • 25. Kudu bisa ngeureut neundeun = Kudu bisa ngatur rezeki najan saeutik tapi mahi.(Harus bisa mengatur rejeki sekalipun sedikit tapi cukup)
  • 26. Lamun keyeng tangtu pareng = Lamun digawe enya-enya tangtu bakal aya hasilna.(Kalau dikerjakan dengan sepenuh hati pasti akan ada hasilnya)
  • 27. Bandung kandungan laer aisan = jembar pikiran atawa wijaksana dina nyanghareupan pasualan.(Bijaksana dalam menghadapi segala masalah)
  • 28. Lauk buruk milu mijah = Pipilueun kana hiji kalakuan ku lantaran kabawakeun ku batur.(Terbawa arus pergaulan sehingga melakukan hal-hal yang kurang baik)
  • 29. Leuleus jeujeur liat tali = Wijaksana dina mutuskeun sagala rupa perkara.(Bijaksana dalam memutuskan segala perkara atau masalah)
  • 30. Lodong kosong sok ngalentrung = Jalma anu loba omong elmuna saeutik.(Manusia yang banyak bicara ilmunya sedikit)
  • 31. Marebutkeun paisan kosong = masinikeun pasualan anu teu aya hartina.(Ngapain ngurusin masalah yang tidak berarti sama sekali)
  • 32. Mindingan beungeut ku saweuy = Ngewa ka hiji jelema, tapi api-api resep.(Benci sama satu orang tapi berpura-pura suka)
  • 33. Mipit kudu amit ngala kudu menta = Lamun rek barangcokot atawa barangala kudu bebeja heula kanu bogana.(Kalau ingin ngambil sesuatu sebaiknya bilang dulu sama yang punyanya)
  • 34. Moro julang ngaleupaskeun peusing = Pagawean anu geus puguh ditinggalkeun ari nu can puguh diudag-udag.(Pekerjaan yang sudah pasti dikerjakan malah ditinggalkan demi ngejar-ngejar yang tidak pasti)
  • 35. Mun teu ngakal moal ngakeul = Lamun teu barang gawe moal dahar.(Kalau tidak bekerja tidak akan makan)
  • 36. Nete taraje nincak hambalan = Migawe satahap-satahap, henteu rusuh hayang anggeus sakaligus.(Mengerjakan pekerjaan secara bertahap agar cepat selesai)
  • 37. Neukteuk curuk dina pingping = Nyilakakeun dulur sorangan.(Mencelakakan kerabat sendiri)
  • 38. Ngadek sacekna nilas saplasna = Sahinasna boh ucap boh paripolah, henteu bohong atawa ngaleuleuwihkeun.(mengatakan apa adanya tidak bohong dan melebih-lebihkan)
  • 39. Ngaliarkeun taleus ateul = Ngabeja-beja/ nyebarkeun kagorengan batur.(membicarakan kejelekan orang lain, disebarkan)
  • 40. Ngawur kasintu nyieuhkeun hayam = batur dipikanyaah ari dulur sorangan diantep.(orang lain disayang tapi kerabat sendiri malah enggak)
  • 41. Ngindung ka waktu ngabapa ka jaman = Nyaluyukeun maneh jeung kaayaan jaman.
  • 42.Ngukur ka kujur nimbang ka badan = Ngukur kana kamapuh atawa kaayaan diri sorangan.(mengukur kemampuan diri sendiri)
  • 43. Nyieun pucuk ti girang = Nyieun kasalahan ti heula.(membuat kesalahan duluan)
  • 44. Pacikrak ngalawan merak = nu leutik/ miskin ngalawan nu gede/ beunghar.(yang kecil miskin melawan yang besar atau kaya)
  • 45. Pagiri-giri caik pagirang-girang tampian = Paluhur-luhur jeung batur, henteu hayang akur sauyunan.(Ingin paling tinggi gak mau tersaingi)
  • 46. Piit ngeundeuk-ngeundeuk pasir = Boga kahayang anu pamohalan kasorangan.
  • 47. Pupulur memeh mantun = Barang dahar samemeh digawe.(Makan sebelum bekerja)
  • 48. Silih jenggut jeung nu dugul = Menta tulung ka jalma anu sarua keur ripuh.(minta tolong ke orang yang sama-sama tengah memiliki masalah)
  • 49. Teng manuk teng anak merak kukuncungan = Sipat atawa kalakuan indung bapa nu sok nurun ka anakna.(Sifat atau kelakuan orang tua yang turun ke anaknya)
  • 50. Tiis ceuli herang mata = Tengtrem, teu aya gangguan.(tentram, aman damai tidak ada gangguan)
  • 51. Tinggul dirurud catang dirumpak = Sagala ikhtiar sanajan nyusahkeun batur sangkan hasil nu di maksud.(Semua dikerjakan, berusaha sekalipun menyusahkan orang lain asalkan maksudnya tercapai)
  • 52. Tungkul ka jukut tanggah ka sadapan = Ngukur kana kaayaan diri sorangan.(Mengukur keadaan dan kemampuan diri sendiri)
  • 53. Uyah tara tees ka luhur = Sipat atawa kalauan indung bapa sok nurun ka anakna.(Sifat dan kelakukan orang tua suka nurun keanaknya)
  • 54. Wiwirang di kolong catang = Meunang wiwirang turta kanyahoan ku batur.(Malu karena ketahuan sama orang lain)
Beberapa contoh babasan dan paribasa basa sunda dengan artinya di atas bisa kalian tulis dibuku tugas kalian. Mau pilih yang mana aja boleh. Semoga bermanfaat ya guys. Salam dari IyenBlog.

Related Posts