Ketahui, 7 Hal Penting ini Sebelum Membeli Smartphone

shares |

7 Tips Memilih Smartphone Yang Baik Berkualitas. Saat ini banyak ponsel pintar yang bisa anda temui di toko-toko ponsel terdekat. Mulai dari yang sudah sangat terkenal seperti Samsung, Sony, Blackberry dan Apple, Namun sebenarnya masih banyak ponsel pintar dengan merek lain seperti Lenovo, Oppo Smartphone, LG, Vivo, Acer, Asus dan lain sebagainya, sementara untuk ponsel lokal seperti Smartfren, Advan, Mito dan lainnya. Nah, saking banyaknya smartphone dengan berbagai merek terkadang kita suka bingung menentukan ponsel mana yang akan kita pilih.

Jangan sampai kita salah pilih, jangan tergiur juga dengan merek yang sudah sangat terkenal namun ternyata diberikan spesifikasi yang sangat minim, tapi soal harga justru lebih mahal dibandingkan ponsel merek lainnya. Lantas, batasan apa sehingga ponsel yang kita akan pilih termasuk ke dalam kategori berkualitas?? Saya pikir semua ponsel memiliki kualitas yang hampir sama, terlebih ponsel-ponsel yang memiliki nama besar seperti Samsung, Oppo, Acer, Asus, Sony, Blackberry, Microsoft bahkan sekelas Vivo yang merupakan pendatang baru. Semuanya cukup berkualitas, yang perlu anda ketahui adalah spesifikasi didalamnya, apakah sudah memenuhi kebutuhan anda atau belum? Apalagi Smartphone yang akan anda gunakan kemungkinan besar akan sering digunakan untuk online, atau juga bermain game 3D. Nah, agar gak salah pilih, Saya akan berikan Tips memilih Smartphone yang baik berkualitas untuk anda. berikut yang harus diperhatikan.
Tips memilih Smartphone berkualitas
1. SIM GSM atau CDMA

Ini tergantung selera anda apakah akan memilih ponsel pintar dengan jaringan GSM atau CDMA. Semuanya cukup baik, sementara untuk GSM lebih banyak pilihan karena di Indonesia dikuasai oleh jaringan GSM, sementara ponsel CDMA biasanya tidak mendukung untuk GSM. Namun saat ini banyak ponsel yang memberikan dua SIM CARD sekaligus yang terdiri dari GSM dan CDMA seperti Smartfren Andromax 4G.

2. Kualitas Layar

Smartphone berjenis Candy Bar Multitocuh memiliki layar yang lebar sebagai tempat pengoperasiannya. Tentunya layar yang jernih dan tajam akan semakin memanjakan mata penggunanya, apalagi tingkat sensitivitasnya yang cukup tinggi membuat anda lebih nyaman. Nah, berapa ukuran layar yang baik? menurut saya pribadi ukuran layar 5 inci cukup lebar dan nyaman, sementara resolusinya minimal sudah HD atau setara dengan 720x1280 pixels dengan teknologi layar minimal IPS-LCD atau AMOLED dan Super AMOLED Capacitive Touchscreen. Agar layar anti gores, sebaiknya pilih ponsel yang dilapisi oleh Corning Gorilla Glass atau pelindung layar.

3. Kemampuan Tangguh

Apakah ponsel anda sering lemot? padahal merek terkemuka?? Masalahnya bukan pada merek, melainkan permesinan ponsel yang kurang mumpuni. Ukuran Smartphone yang baik berkualitas adalah minimal menggunakan prosessor bertenaga Quad-core, saat ini rasanya hampir semua smartphone menggunakan tenaga Quad-core untuk prosessornya. Apakah prosessor Quad-core saja cukup??? Tentu saja masih kurang, RAM menjadi penentu ponsel itu akan lemot atau tidak, Akhir tahun 2014 lalu RAM minimal adalah 1 GB, dan untuk tahun 2015 ini dimana kebutuhan pengguna semakin menngkat, minimal RAM yakni diatas 1 GB atau minimal 2 GB. Maka sudah dipastikan ponsel anda akan terhindar dari lemot, multitasking semakin lancar, begitu juga bermain game dan menonton video. Jangan lupa, sistem operasi yang terbaru! untuk Android yang terbaru saat ini adalah versi 5.0 Android Lollipop, sementara untuk ponsel Windows Phone mungkin versi 10.

4. Internet Tercepat

Nonton Video Youtube kok Buffering terus??? Sinyalnya malah EDGE. Nah, jangan-jangan ponsel kamu tidak mendukung jaringan 3G. Ponsel pintar yang baik berkualitas haruslah memberikan kenyamanan berinternetan. minimal ponsel mendukung jaringan 3G dan sukur-sukur sudah 4G LTE.

5. Kamera

Saat ini masih banyak konsumen yang memilih ponsel pintarnya sesuai dengan kamera yang dimiliki. Semakin besar ukuran kamera maka semakin bagus kualitas jepretannya. Nah, untuk tahun 2015 ini, minimal kamera belakang adalah 8 mega pixels dan kamera depan 5 mega pixels. Gak hanya itu, fitur kamera juga harus lengkap seperti autofocus atau laser autofocus, sukur-sukur terdapat Optical Image Stabilization (OIS) atau Digital Image Stabilization yang sanggup menghasilkan gambar setara kamera profesional. Tapi minimal ya autofocus, Face detection, HDR, Panorama, LED Flash dll. Sementara untuk kualitas rekaman video minimal resolusi 1080p@30fps.

6. Memory

Jangan memilih ponsel dengan memory Internal hanya 4 GB, ukuran segitu tidaklah cukup untuk menyimpan file aplikasi atau lainnya. Idealnya sih 16 GB untuk internal memory. Hanya saja untuk ponsel murah berkualitas rata-rata 8 GB. Untuk penambahannya dengan microSD ya minimal 32 GB.

7. Kapasitas Baterai

Lagi asik-asik Internetan atau bermain game, ehhbelum juga se jam udah mau habis baterainya. Masalahnya adalah dari kapasitas baterai. Rata-rata untuk ponsel murah kapasitas baterainya dibawah 2000 mAh, nah untuk menadapatkan ponsel dengan daya tahan lumayan tentu saja baterai harus diatas 2000 mAh, idealnya 2500 mAh dan lebih besar lebih baik sehingga anda bisa lebih nyaman berlama-lama dengan ponsel. Nah, Baterai menjadi hal yang sering dilupakan oleh kita sebelum membeli ponsel pintar tapi sangat berpengaruh terhadap kenyamanan kita.

Nah, demikian 7 Hal penting yang harus diketahui sebelum membeli ponsel. Tips nya adalah carilah informasi tentang ponsel yang akan anda beli melalui situs-situs online seperti situs hargaadvan.com, lihat spesifikasi lengkapnya apakah sudah memenuhi kebutuhan anda atau belum. Ok, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Salah dari yeni Irawan.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar