Doa dan Hapalan di Bulan Ramadhan dengan Huruf Latin

shares |

Doa dan Hapalan di Bulan Ramadhan dengan Huruf Latin. Assalamualaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh. Tinggal menunggu beberapa hari lagi bulan Ramadhan akan bersama kita. Dengan bulan Ramadhan, amalan-amalan yang kita lakukan akan dilipat gandakan lebih dari bulan-bulan yang lain. Mulai dari 10 kali lipat sampai ratusan bahkan ribuan kali lipat, baik kita melaksanakan amalan hablumminallah maupun hablumminannas atau ibadah maghdoh dan ghoir maghdoh.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan dari Allah SWT. Banyak sekali kenikmatan yang bisa kita dapatkan pada saat kita berpuasa, seperti saat sahur dan berbuka puasa kita makan bersama keluaga, saat buka puasa makanan yang disediakan penuh kenikmatan, saat terawih kita bisa melaksanakan sholat berjamaah, dan kenikmatan-kenikmatan lain yang tak terhitung nilainya.
doa dan hapalan di bulan ramadhan dengan huruf latin
Saat bulan Ramadhan tiba, kita diwajibkan untuk melaksanakan ibadah kepada Allah dengan penuh keikhlasan seperti puasa, sholat, dzikir, doa-doa, tadarus Quran, terawih, dan ibadah lainnya. Selain melaksanakan ibadah kepada Allah, kita juga diwajibkan untuk melaksanakan ibadah kepada sesama manusia, seperti zakat, sodaqoh, memberi makan kepada fakir miskin, menolong, dan lain sebagainya. Ibadah-ibadah tersebut jika dilaksanakan dengan penuh keikhlasan dan tanpa pamrih, Allah SWT akan memberikan balasan atas perbuatan mereka. Seperti penjelasan tadi, balasan mulai dari 10 kali lipat sampai ribuan kali lipat.

Berbicara mengenai ibadan dan amalan kepada sesama manusia setiap orang pasti sudah cukup paham akan hal itu, tetapi bagaimana dengan ibadah atau amalan yang harus dilaksanakan kepada Allah berupa doa, dzikir, dan lain sebagainya ? Mungkin ada yang belum hapal atau mungkin juga sudah pada lupa dengan doa-doa yang harus hapal pada saat menjalankan ibadah bulan Ramadhan. Oleh karena itu, di sini saya akan berikan doa-doa dan hapalan di bulan Ramdhan dengan huruf latin supaya kalian bisa menghapalnya dengan mudah. Berikut doa-doa dan hapalan di bulan ramadhan dengan huruf latin.

Sebelum membaca doa, baca terlebih dahulu basmalah. Bismillahirrohmanirrohim.

1. Niat Puasa Ramadhan

Nawaitu sauma godin 'an adai fardu syahri romadona hadihissanati lillahita'ala.

(Niat saya puasa besok fardu di bulan ramadhan tahun ini karena Allah)

2. Niat Puasa Sebulan Penuh di Bulan Ramadhan

Nawaitu sauma syahri romadona kullih.

(Niat saya puasa bulan Raamadhan sepenuhnya, karena Allah)

3. Doa Buka Puasa

Allahuma lakasumtu wabika amantu wa'ala rizqika aftortu birohmatika yaa arhamarrohimin.

4. Niat Sholat Terawih

Usolli sunatattarowihi rok'ataeni ma'muman/imaman lillahita'ala.

(Niat saya sholat terawih dua rokaat ma'mum/imam karena Allah)

5. Niat Sholat Witir Dua Rokaat

Usolli sunarrokataeni minal witri ma'muman/imaman lillahita'ala.

(Niat saya sholat dua rokaat witir ma'mum/imam karena Allah)

6. Niat Sholat Witir Satu Rokaat

Usolli sunatarrokatil witri ma'muman/imaman lillahita'ala.

(Niat saya solat satu rokaat witir ma'mum/imam karena Allah)

7. Doa Mengeluarkan Zakat Fitrah

Nawaitu an ukhrija zakatal fitri annafsin fardullillahita'ala.

(Niat saya mengeluarkan zakat fitrah diri saya fardu karena Allah)

8. Niat I'tikaf di Mesjid

Nawaitu an a'tikifa fihadal masjidi sunatallillahita'ala.

(Niat saya i'tikaf di mesjid sunat karena Allah)

9. Niat Mandi Besar Lebaran/Idul Fitri

Nawaitul gusla min yaumi 'idil fitri sunatallillahita'ala.

(Niat saya mandi besar hari lebaran/idul fitri sunat karena Allah)

10. Niat Sholat Idul Fitri

Usolli sunatalli'idil fitri rok'ataeni ma'muman/imaman lillahita'ala.

(Niat saya sholat idul fitri dua rokaat ma'mun/imam karena Allah)

11. Takbir di Hari Raya Idul Fitri

Allahu Akbar 3x. Lailahaillallah huallahu akbar. Allahu Akbar walillahilhamdu. Allahu Akbar Kabirow walhamdulillahi kasiro wasubhanallohi bukrotaw waasila. Lailahaillallahu wahdahu, sodoqo wa'dahu, wanasoro 'abdahu, wa'ajja zundahu, wahajamal ahjaba wahdahu, Lailahaillallahu wahdahu, walana'budu illa iyyahu mukhlisina lahuddin, walaukarihal kfirun.

12. Doa Lebaran/ Idul Fitri

A : Minal'aidinal faijina.
B : Taqoballahu mina waminkum, kulla 'ami waantum bikhoir.

Dua belas doa dan hapalan tersebut adalah doa dan hapalan yang biasa kita gunakan dan lakukan pada saat bulan Ramadhan. Akan tetapi selain doa dan hapalan tersebut, masih banyak sekali doa dan hapalan lainnya yang bisa dibaca oleh kita. Temen-temen bisa cari di bahasan lain dan bisa membeli kitab doa Ramadhan di toko Kitab. Semoga artikel ini bermanfaat, dan temen-temen bisa menghapalnya terlebih dahulu sebelum bulan ramadhan tiba. Mudah-mudahan dengan amalan doa dan hafalan ini kita bisa melaksanakan puasa dengan khidmat dan penuh berkah. Aamiin. Terima kasih. Wassalamualaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar