Bagaimana Menjadi Orang Kreatif ? Ini dia Tipsnya

shares |

Tips Menjadi Orang KreatifSebagai seorang remaja apalagi yang masih duduk dibangku sekolah sangat dibutuhkan sekali kecerdasan dan kepintaran dalam dirinya untuk menghadapi suatu permasalah. Dalam bidang pendidikan permasalah yang ada adalah bagaimana untuk mendapatkan nilai kognitif dan psikomotor yang bagus, serta ditunjang dengan afektor yang baik. Bagi remaja yang sudah lulus dari bidang pendidikan ataupun yang tidak duduk di bangku sekolah kecerdasan dan kepintaran juga sangat dibutuhkan, karena kecerdasan dan kepintaran bisa menunjang dirinya untuk membuat suatu karya yang bersifat kreatif dan asli hasil buatan sendiri. Karya yang dibuat dapat berbuah hasil jika tekun menggelutinya. Tentu saja untuk membuat suatu karya tidak hanya dibutuhkan kecerdasan dan kepintaran saja, akan tetapi modal utamanya adalah kekreatifan yang ada dalam dirinya.

Jika kreatif ada dalam diri seseorang, maka dia akan disebut sebagai orang yang cerdas dan pintar, karena dia menghasilkan sesuatu dari kekreatifannya tersebut. Seperti Alexander G.B, beliau adalah orang yang tidak pintar selama disekolahnya tetapi dia memiliki kreatif yang dapat membuat suatu karya ilmiah yang sampai saat ini kita masih menggunakannya. Berbeda dengan orang yang tidak kreatif, mereka tidak akan membuat suatu karya walaupun mereka memiliki kecerdasan dan kepintaran. Contoh kecilnya adalah ada anak SMA yang setiap semesternya dia mendapatkan peringkat pertama di kelas. Dia mengandalkan kecerdasan dan kepintarannya untuk mendapatkan nilai di atas rata-rata. Tetapi ketika dia mengikuti tes kuliah dan dia memilih jurusan Seni, saat praktik dia kalah oleh anak SMA yang dulunya hanya mendapat peringkat sepuluh besar. Anak SMA yang mendapat peringkat sepuluh besar itu memiliki kreatif dan mengandalkan kecerdasan dan kepintarannya hanya untuk menunjang kekreatifannya itu. Jadi kecerdasan bukan segalanya untuk mendapatkan sesuatu, apalagi hanya dengan pintar. Kreatif sangat dibutuhkan sekali oleh kita, dan harus ditanamkan saat ini juga.
tips menjadi orang kreatif
Lalu, bagaimana dong agar kita menjadi orang yang kreatif ? Ingat terlebih dahulu pengertian dari kreatif. Kreatif bukanlah sesuatu yang selalu menemukan hal-hal baru. Orang kreatif adalah orang yang selalu melihat segala sesuatu dengan cara berbeda, menemukan dan melakukan cara yang di luar kebiasaan, serta dapat memanfaatkan apa yang ada untuk menjalankan cara tersebut. Contohnya adalah seperti yang disebutkan di atas. Setelah kalian tahu arti dari kata kreatif, barulah kalian cari tahu bagaimana menjadi orang yang kreatif.

IyenBlog akan berikan tips menjadi orang kreatif. Silahkan dibaca guys !

Tips Menjadi Orang Kreatif

1. Buka Mata Buka Telinga

Tips pertama adalah Buka Mata, Buka Telinga. Kok hanya 4 kata saja ? Iya. 4 kata ini memiliki arti yang panjang. Kemampuan kita untuk selalu terbuka terhadap berbagai hal akan memberikan energi yang luar biasa untuk kita melakukan sesuatu. Kita akan melakukan apa saja demi memperoleh hasil yang diinginkan. Orang kreatif memiliki banyak cara yang jelas. Dia akan mencintai kemampuannya sendiri karena mendapatkan hasil yang memuaskan.

2. Percaya diri

Kemampuan untuk mengenali apa yang menjadi keistimewaan kita merupakan hal terpenting dalam hidup. Untuk bisa kreatif, kita harus percaya akan istilah mempercayai kemampuan kreativitas adalah separuh dari sukses itu sendiri, sehingga apa yang dilakukan pasti akan dapat hasil yang memuaskan. Kita harus besar mimpi untuk menggapai sesuatu. Hidup tidak akan bergairah jika tidak adanya impian dan target. Oleh karena itu, dengan percaya diri kita akan selalu menyusun sebuah mimpi dalam mencapai target atau cita-cita kita.

3. Tanamkan Semangat Belajar

Belajar bisa dilakukan kapan saja dan di mana pun kita berada. Kita bisa melakukan beragam cara untuk kita bisa belajar. Kita bisa belajar dengan membaca buku, browsing di internet, mengikuti pelatihan khusus, menonton, mencoba hal-hal baru dan lain sebagainya. Dengan belajar akan tertanam dalam diri kita untuk menjadi orang kreatif.
Banyak sekali ungkapan-ungkapan yang dapat memotivasi kita untuk semangat belajar, seperti Carilah ilmu sampai ke negeri Cina; Belajarlah dari sejak buaian ibu sampai ke liang lahat; Untuk meraih kebahagiaan di dunia capailah dengan ilmu, untuk meraih kebahagiaan di akhirat capailah dengan ilmu, dan untuk meraih kedua-duanya capailah dengan ilmu, dan masih banyak lagi ungkapan yang dapat memotivasi kita untuk terus belajar.

4. Bergaul dengan Orang-Orang Kreatif

Teman mencerminkan kepribadain kita. Istilah itu sering kita dengar dalam keseharian kita. Memang benar jika ingin mengetahui kepribadian seseorang bisa dilihat dengan siapa dia berteman. Jika kalian bergaul dengan teman yang pintar, maka kamu pun akan pintar. Jika kamu bergaul dengan teman yang suka menyanyi, lama-kelamaan kamu juga akan senang bernyanyi. Kalau kalian ingin menjadi peribadi yang kreatif, maka bergaulah dengan teman yang kreatif.

5. Jadilah Komunikator yang Baik

Untuk menumbuhkan kreativitas kita harus memanfaatkan sarana komunikasi yang ada. Seperti halnya ngeblog, ini juga termasuk kreativitas karena menggunakan media yang ada untuk berbagi ilmu kepada orang lain.

6. Ciptakan Lingkungan yang Kondusif

Dari hasil penelitian, demi mencapainya kreativitas dibutuhkan lingkungan yang kondusif dan tentunya menyenangkan. Ketika kalian melakukan sebuah percobaan yang menyenangkan, kalian melakukannya karena adanya lingkungan yang kondusif. Kalian akan merasa tergugah terus untuk selalu melakukan sesuatu.

Selamat mencoba ya guys tips menjadi orang kreatif. Sangat mudah kok jika kita mau mencobanya dan giat dalam melakukannya. Kreativitas kamu akan tercapai dan kamu akan mendapatkan suatu karya dan cita-citamu akan tercapai. Ingat tips ini dan jika kalian butuh kata motivasi bisa kalian klik Kumpulan Kata Motivasi Untuk Sukses. Semoga bermanfaat. Salam.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar